Ricardinho Mirip Ronaldo: Datang Latihan Sejam Lebih Awal

Ricardinho datang satu jam sebelum sesi latihan dimulai

Jakarta, IDN Times - Penggawa Pendekar United, Subhan Faidasa, tersentil dengan sikap profesional Ricardinho. Sebab, bintang futsal dunia itu selalu berlatih lebih keras ketimbang pemain lain.

Ya, Ricardinho saat ini membela tim futsal milik Atta Halilintar, Pendekar United. Hadirnya andalan Timnas Portugal itu dinilai memiliki dampak besar bagi tim.

"Dampak kedatangan Ricardinho di dalam tim sangat luar biasa. Dia membawa pengaruh besar dari segala hal," kata Subhan saat ditemui IDN Times seusai sesi latihan bersama Pendekar United, Rabu (13/7/2022).

1. Profesionalitas Ricardinho patut ditiru

Ricardinho Mirip Ronaldo: Datang Latihan Sejam Lebih Awalpotret Ricardinho (fifa.com)

Subhan mebagikan pengalamannya berlatih bersama Ricardinho. Meski berstatus pemain futsal terbaik dunia enam kali, andalan Timnas Portugal itu tetap rendah hati.

Profesional dan tingkat kedisplinan Ricardinho begitu tinggi. Subhan berujar, pemain kelahiran asal Valbom, Portugal itu selalu membuat kagum penggawa Pendekar United lainnya.

Sebab, Ricardinho selalu datang satu jam lebih awal sebelum sesi latihan dimulai, untuk berlatih sendiri. Dia sering terpantau masih latihan, di saat rekan-rekannya sedang istirahat.

"Dia disiplin dan sangat profesional. Malam sebelum pertandingan, dia latihan dan gym sendiri. Dia juga datang satu atau setengah jam sebelum latihan. Saat malam, orang lain istirahat, tapi dia ke gym. Orang lain istirahat dia latihan. Luar biasa pokoknya, patut kita contoh," ujar Subhan.

Baca Juga: Gaya Latihan Ricardinho: Suka Bercanda dan Tak Pelit Ilmu

2. Ricardinho selalu membakar motivasi temannya di setiap pertandingan

Ricardinho Mirip Ronaldo: Datang Latihan Sejam Lebih AwalRicardinho dalam sesi latihan Pendekar United, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Tino)

Sebagai pemain sarat pengalaman, tentu Ricardinho selalu membakar motivasi dan gairah rekan-rekannya dalam pertandingan. Itu sangat berdampak positif bagi Pendekar United mendulang hasil maksimal.

Pendekar United belum terkalahkan sejak kedatangan pemain berusia 36 tahun itu digaet Atta Halilintar. Dengan rincian tiga kemenangan dan dua kali imbang.

Pun, Subhan menegaskan hasil positif itu didapat dari kerja keras seluruh tim. Terutama taktik dari sang pelatih, Wahyu Triyanto, alias Bewe.

"Ricardinho membawa pengaruh besar dari segala hal. Mental, percaya diri, taktik, permainan, dan suasana tim. Tapi, di luar dari motivasi dan mental dari Ricardinho, ada upaya besar dari tim dan taktik luar biasa dari pelatih," kata Subhan.

3. Subhan sempat canggung bersanding dengan Ricardinho

Subhan juga tak menampik sempat canggung berduet dengan Ricardinho. Namun, hal tersebut teratasi berkat dukungan sang bintang, yang terus membakar rasa percaya dirinya.

"Tegang pasti iya. Grogi karena kami berlaga sama pemain terbaik dunia. Pasti ada rasa takut salah, takut mengecewakan dia. Cuma, dia terus menyemangati saya dan pemain lain untuk percaya diri. Jadinya, kami makin nyaman main sama dia," ucap Subhan.

Baca Juga: Gaya Kocak Ricardinho saat Diserbu Fans

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya