Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne Menyusul

Keppres naturalisasi dari presiden sudah keluar

Jakarta, IDN Times - Keputusan Presiden (Keppres) untuk memberikan Sandy Walsh dan Jordi Amat kewarganegaraan Republik Indonesia sudah turun. Keduanya bakal diambil sumpah kewarganegaraan dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Dengan begitu, dua pemain keturunan asal Eropa tersebut bisa segera membela Timnas Indonesia.

"Ini ada dua ya [suratnya] untuk Sandy dan Jordi," kata Amali sembari menunjukkan suratnya di Kantor Kemenpora, Rabu (9/11/2022).

1. Jadwal sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat belum diberi tahu

Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne Menyusulpotret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Nantinya, Sandy dan Jordi bakal melakukan sumpah kewarganegaraan secara virtual. Itu dikarenakan keduanya masih mengarungi kompetisi di klub masing-masing.

Namun, Amali belum bisa memberi tahu kapan mereka akan diambil sumpahnya. Kemenpora masih menunggu arahan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Jadwalnya belum tahu karena sudah bukan di ranah saya. Saya akan beritahukan Kemenkumham kalau surat sudah ada. Karena kompetisi masih jalan, dugaan saya mereka akan disumpah secara virtual, karena tidak mungkin ke Indonesia," ujar Amali.

Baca Juga: Masih Proses Naturalisasi, Sandy dan Jordi Bisa Ikut Piala AFF 2022?

2. Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa tampil di Piala AFF 2022?

Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne MenyusulJordi Amat, calon pemain Timnas Indonesia (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sandy dan Jordi pun berpeluang tampil di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Namun dengan syarat, keduanya harus menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum batas waktu pendaftaran pemain, 20 November 2022 mendatang.

"Saya harap begitu [bisa main di AFF]. Saya akan mengusahakan agar itu [naturalisasi] bisa segera [selesai]," kata Menpora.

3. Shayne Pattynama harus menunggu

Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne MenyusulShayne Pattynama (instagram.com/s.pattynama)

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menginginkan ketiga pemain keturunan tersebut bisa diambil sumpah secara berbarengan demi tampil di Piala AFF. Namun, proses naturalisasi Shayne Pattynama tidak bisa rampung dalam waktu dekat.

"Saya rasa duluan Sandy dan Jordi. Yang penting, proses itu akan cepat selama persyaratan administrasi terpenuhi," ungkap Amali.

Baca Juga: Naturalisasi Sandy dan Jordi Masih Menggantung, PSSI: Bulan Depan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya