Satgas Antimafia Sepak Bola Gak Mau Ngemis Dana ke PSSI

Biar benar-benar independen

Jakarta, IDN Times - Ketua Satgas Antimafia Sepak Bola, Maruarar Sirait, membocorkan sedikit pola kerja organisasi yang dipimpinnya. Salah satunya, dana operasional yang tidak akan memakai uang PSSI.

Hal itu dikarenakan Satgas Antimafia Sepak Bola harus bergerak secara independen. Ini yang membuat mereka harus mencari dana secara independen pula.

"Ini adalah tim independen, kami dengan rendah hati tentu mau pembiayaan operasional sendiri," kata Maruar Sirait dalam jumpa pers, Rabu (20/9/2023).

1. Maruarar Sirait gelontorkan Rp1 miliar

Satgas Antimafia Sepak Bola Gak Mau Ngemis Dana ke PSSIIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria yang akrab disapa Ara itu berjanji untuk menggelontorkan Rp1 miliar dari dana perusahaannya sendiri. Uang itu akan dipergunakan sebagai dana operasional Satgas Antimafia Bola, dalam awal peluncurannya.

"Dengan rendah hati, biaya awal Rp1 miliar dari perusahaan saya. Supaya, kami betul-betul tidak dibiayai oleh PSSI dan bisa berjalan dengan baik," ujar Maruarar.

Baca Juga: Satgas Antimafia Sepak Bola Resmi Dirilis, Ada Najwa Shihab

2. Erick Thohir juga enggan mendanai

Satgas Antimafia Sepak Bola Gak Mau Ngemis Dana ke PSSIErick Thohir saat bincang-bincang bersama IDN Times di Kementerian BUMN, Jumat (15/9/2023). (IDN TImes/Tino).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga menolak untuk mendanai Satgas ini dari uang federasi. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu khawatir terjadi konflik kepentingan.

"Saya bukannya pelit. Tetapi, kalau kami yang justru mendanai, takutnya nanti jadi konflik," kata Erick.

3. Keuangan Satgas Antimafia Sepak Bola juga akan diaudit

Satgas Antimafia Sepak Bola Gak Mau Ngemis Dana ke PSSIPolitikus PDIP Maruarar Sirait (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Demi menjaga transparansi, keuangan Satgas Antimafia Sepak Bola juga akan diaudit setiap tahunnya. Sebab, mereka membuka pintu andai masyarakat ingin memberikan sumbangan untuk membantu dana operasionalnya.

"Kami akan melaporkan juga pengeluarannya untuk apa dengan jelas," ujar Maruarar.

Baca Juga: Ketum PSSI: Opening Ceremony Piala Dunia U-17 2023 Harus Meriah!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya