Sesumbarnya Shin Tae Yong Usai Antar Timnas U-23 ke Piala Asia

Bisa juara Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong langsung sesumbar usai mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Selanjutnya, juru taktik asal Korea Selatan itu bakal membawa pulang trofi Piala AFF.

Shin memang selalu gagal dalam ajang tersebut. Prestasi terbaiknya adalah membawa skuad Garuda menjadi finalis di Piala AFF 2020, meski akhirnya keok dari Thailand di partai puncak.

"Kami pasti bisa merebut gelar AFF. Setidaknya, kami tidak akan kalah saing untuk mendapatkan trofi," kata Shin selepas laga melawan Turkmenistan, Selasa (12/9/2023).

1. Dirasa sudah layak bersaing demi trofi

Sesumbarnya Shin Tae Yong Usai Antar Timnas U-23 ke Piala AsiaTimnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. (Instagram/@timnas.indonesia).

Shin merasa saat ini Indonesia memiliki generasi emas dan dianggap sudah kuat dan solid. Pun, proses pembentukan tim yang berjalan selama tiga tahun belakangan, semakin matang.

"Untuk AFF, memang saya juga ingin sekali bisa juara. Tapi, harus masuk akal dan pas. Untuk saat ini, saya berani bicara kalau ikut AFF lagi, kita bisa juara," ujar Shin.

Baca Juga: Sejarah! Shin Tae Yong Bawa 3 Timnas Indonesia ke Piala Asia

2. Kontrak Shin diperpanjang?

Sesumbarnya Shin Tae Yong Usai Antar Timnas U-23 ke Piala AsiaKetum PSSI bersama pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

Piala AFF baru kembali digelar pada tahun depan. Hanya saja, ada kemungkinan mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu tak mampu mewujudkan ambisinya.

Itu karena kontrak Shin yang akan berakhir pada akhir Desember 2023 mendatang. Pun, hingga kini, PSSI belum memberikan kejelasan soal nasib pelatih 52 tahun tersebut.

3. Tetap latih Timnas Indonesia di Piala Asia

Sesumbarnya Shin Tae Yong Usai Antar Timnas U-23 ke Piala AsiaPotret TC Timnas Indonesia di Surabaya. (PSSI.org).

Hanya saja, Shin dipastikan tetap menahkodai Indonesia ketika tampil di Piala Asia 2023 pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Besar kemungkinan, nasib Shin bakal diketahui setelah ajang ini.

"Masih ada Piala Asia di Qatar. Ya, jadi gak mungkin dipotong di tengah-tengah. Kami akan bicara ke depannya akan seperti apa," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Piala Asia U-23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya