Shin Tae Yong Kritik Striker Timnas U-19, Rabbani Tasnim Jawabannya!

Rabbani bersyukur cetak hattrick untuk skuad Garuda Muda

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong, sempat memberikan kritik lantaran para penyerang Timnas U-19 dinilai tak menggigit. Terlebih, skuad Garuda gagal mencetak gol dalam dua laga Grup A Piala AFF U-19, yakni saat melawan Vietnam dan Thailand. 

Shin pun sempat mengungkapkan kekecewaanya soal posisi penyerang yang masih sulit diandalkan di skuad Garuda Muda. Dia bahkan meminta kepada siapapun untuk membantunya mendapatkan striker handal untuk masuk skuad Timnas U-19.

Namun, keraguan itu langsung dijawab Rabbani Tasnim Siddiq. Pada laga keempat Timnas U-19 di Piala AFF ini, dia berhasil menjadi pahlawan kemenangan tim. Sebab, Penyerang muda ini mampu mencetak hattrick saat timnya melumat Filipina 5-1 pada 8 Juli 2022.

Tak hanya gol, Robbani juga mampu menciptakan satu assist dalam laga tersebut. Alhasil, banyak yang menilai jika itu jadi jawaban yang selama ini dicari Shin dalam skuad Timnas U-19. 

1. Kerja keras tim bantu Rabbani cetak hattrick

Shin Tae Yong Kritik Striker Timnas U-19, Rabbani Tasnim Jawabannya!Rabbani Tasnim lakukan selebrasi. (Foto: instagram/pssi)

Rabbani tak mampu membendung rasa kebahagiannya setelah bermain apik di laga terakhir Timnas U-19. Dia sangat bersyukur bisa membantu rekan-rekannya mengatasi perlawanan Filipina lewat tiga gol dan satu assist di laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022.

Namun demikian, pemain Borneo FC itu tak jemawa soal pencapaiannya tersebut. Menurut dia, penampilan menawannya itu tak lepas dari kerja keras tim di atas lapangan.

Dua gol di antaranya tercipta via titik putih pada menit 14 dan 41. Momen ini tercipta karena akselerasi Subhan Fajri dan Zanadin Fariz dilanggar pemain Filipina di kotak terlarang. Lalu, gol ketiganya berawal dari skema tendangan sudut menit ke-49.

"Bersyukur karena tim kami meraih kemenangan. Saya juga bersyukur bisa hattrick yang di mana itu bantuan dari teman. Untuk tadi, saya rasa alhamdulillah cukup bagus, semoga ke depannya kami lebih baik lagi," kata Rabbani usai laga.

Baca Juga: Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga Terakhir

2. Sindiran Shin buat Rabbani termotivasi

Shin Tae Yong Kritik Striker Timnas U-19, Rabbani Tasnim Jawabannya!Rabbani Tasnim dan Shi Tae Yong di konferensi pers, Jumat (8/7/2022). (IDN Times/Tino)

Sebelumnya, Shin Tae Yong sempat menyindir kualitas striker Timnas Indonesia yang gagal mencetak gol kala ditahan imbang Thailand beberapa hari lalu. Kekecewaan yang diungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu ternyata jadi motivasi bagi Rabbani.

"Saya dengar Shin bilang gitu (sindir kualitas striker). Tentu itu jadi motivasi buat saya untuk lebih bekerja keras, tingkatin kualitas saya. Teman-teman lain juga begitu," ujar Rabbani.

3. Rabbani tidak cari targetkan cetak banyak gol

Shin Tae Yong Kritik Striker Timnas U-19, Rabbani Tasnim Jawabannya!Timnas Indonesia U-19, (Foto: Instagram/PSSI)

Hanya saja, Rabbani mengaku enggan mencanangkan target mencetak banyak gol. Sebagai striker, tentu hasrat menjadi top skor sangat besar, tetapi keberhasilan tim jadi prioritasnya ketimbang prestasi individu.

Rabbani saat ini jadi pencetak gol terbanyak kedua Timnas U-19 di ajang ini dengan mengoleksi tiga gol. Di atasnya, masih ada Hokky Caraka yang berhasil mencetak empat gol.

"Target pribadi memang ada, tapi saya tidak mau target itu merusak tujuan tim. Saya mau main sebagai tim, saya tidak mau egois, saya mau main maksimal dan tim menang," ujar Rabbani.

Timnas U-19 masih menyisakan satu laga pamungkas, kontra Myanmar pada Minggu (10/7/2022). Kemenangan sangat dibutuhkan mereka demi menjaga asa lolos ke semifinal. 

Namun, Timnas U-19 tak otomatis lolos. Nasib mereka ditentukan laga Vietnam melawan Thailand untuk bisa melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

 

 

Baca Juga: Kans Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF Ditentukan Laga Lain

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya