Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

Piala AFF makin booming di Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengakui Piala AFF memang menjadi turnamen yang paling menyedot perhatian di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, Shin menyatakan aura Piala AFF disebut mirip dengan Piala Dunia bagi masyarakat Asia Tenggara.

"AFF ini memang bisa disebut Piala Dunia ASEAN, populer sekali," kata Shin Tae Yong dalam jumpa pers jelang hadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (22/12/2022).

1. Piala AFF makin disorot

Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala DuniaBola Piala AFF 2022. (IDN Times/Tino).

Sebenarnya, tak salah Shin bilang demikian. Beberapa media luar negeri sempat menyatakan kalau Piala AFF merupakan Piala Dunia Mini buat masyarakat Asia Tenggara.

Kini, popularitasnya menanjak setelah media Korea Selatan terus menyorot Piala AFF. Wajar saja, karena ada tiga pelatih beken yang berkiprah di turnamen ini. Selain Shin, ada Park Hang Seo (Vietnam) dan Kim Pan Gon (Malaysia).

"Piala AFF sebelumnya tidak diketahui di Korea Selatan. Dengan kehadiran kami, media Korea Selatan langsung mencari informasi tentang AFF untuk memperhatikan perkembangannya," kata Shin.

Baca Juga: Misi Ganda Kamboja saat Duel Kontra Indonesia di Piala AFF 2022

2. Siap bikin Piala AFF makin dikenal

Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Duniapotret Shin Tae-Yong (affsuzukicup.com)

Shin juga mengakui Piala AFF bisa saja makin terkenal di Korea Selatan. Asalkan, Shin dan kompatriotnya memberikan yang terbaik dalam tugas bersama tim masing-masing.

"Mereka juga punya reputasi yang bagus di Korea Selatan. Kami harus memberikan yang terbaik agar Piala AFF semakin banyak yang tahu," ujar Shin.

Baca Juga: Marc Klok Minta Dukungan Suporter di Piala AFF 2022

3. Fokus majukan Timnas Indonesia

Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala DuniaTimnas Indonesia pemusatan latihan di training centre Bali United.(baliutd.com)

Sekarang, Shin hanya fokus dengan Timnas Indonesia yang sedang mencoba mengejar kejayaan di Piala AFF. Tantangan pertama pada edisi 2022 ini adalah Kamboja, yang dihadapi Indonesia pada Jumat (23/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Saya sedang bekerja sangat keras, demi membantu sepak bola Indonesia jauh lebih baik," kata Shin.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya