Skenario Timnas Indonesia U-23 Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF

Tipis, tapi masih bisa

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Pintu ke fase berikutnya masih terbuka meski kalah dari Malaysia dengan skor 1-2, Jumat (18/8/2023) lalu.

Kekalahan itu memang menipiskan peluang Timnas U-23 untuk menjadi jawara di Grup B dan lolos langsung ke semifinal. Kini, Timnas U-23 hanya bisa berharap pada status runner up terbaik demi bisa lolos.

Nah, ada beberapa skenario yang bisa membantu Ramadhan Sananta dan kolega meloloskan diri dari grup B. Apa saja skema itu?

1. Wajib kalahkan Timor Leste dengan skor besar

Skenario Timnas Indonesia U-23 Demi Lolos ke Semifinal Piala AFFAksi pemain Timnas U-23 saat bentrok dengan Malaysia di laga Grup B Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Grup B hanya diisi tiga tim, yakni Indonesia, Malaysia dan Timor Leste. Karena sudah mengalahkan Indonesia, Harimau Malaya tentu lebih difavoritkan untuk menjadi juara grup, karena lawan selanjutnya tidak terlalu diperhitungkan dalam setiap turnamen.

Karena itu, peluang terbaik tim asuhan Shin Tae Yong untuk lolos ke semifinal adalah melalui tiket dari runner-up terbaik. Cara itu bisa didapat andai Muhammad Ferarri dan kolega berhasil membantai Timor Leste dengan skor yang telak, pada Minggu (20/8/2023) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: 3 Faktor Timnas U-23 Keok dari Malaysia di Piala AFF

2. Bisa berharap dari Timor Leste

Skenario Timnas Indonesia U-23 Demi Lolos ke Semifinal Piala AFFSkuad Timnas U-23 Malaysia di Piala AFF U-23 2023 (instagram.com/famalaysia)

Indonesia juga sebenarnya bisa berharap dari Timor Leste, meski agak naif. Sebab, kalau Malaysia kalah dari Timor Leste, ada peluang Indonesia jadi juara grup.

Kalau skenario ini terjadi, maka AFF terpaksa memakai perhitungan selisih gol, bukan head to head. Sebab, tiga tim saling mengalahkan dan semua kontestan memiliki tiga poin.

3. Shin Tae Yong juga sudah umbar janji

Skenario Timnas Indonesia U-23 Demi Lolos ke Semifinal Piala AFFPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, jelang duel lawan Malaysia di Piala AFF U-23 (Dokumentasi PSSI)

Setelah kalah dari Malaysia, Shin juga langsung mengumbar janji. Garuda Muda bakal memberikan segalanya di atas lapangan meski tak ditargetkan apa pun dari PSSI.

"Terlepas dari apa pun hasilnya, kami tetap akan berusaha yang terbaik hingga akhir turnamen ini," ujar Shin dalam jumpa pers.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Akui Beruntung Bisa Kalahkan Timnas U-23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya