Soal Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Pesan Jokowi ke Menpora

Indonesia disebut siap jadi tuan rumah beragam event di 2023

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam sejumlah event internasional pada 2023 ini. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali pun mendapat arahan khusus dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Arahan tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat tertutup di Istana Merdeka pada Rabu (25/1/2023). Dalam rapat itu, hadir pula Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

1. Diminta cepat rampungkan segala urusan

Soal Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Pesan Jokowi ke MenporaMaskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Disebut Amali, Jokowi meminta agar merampungkan segala hal yang belum terselesaikan. Tenggat waktu yang diberikan orang nomor satu di Indonesia itu adalah akhir Januari 2023 ini.

Amali pun meyakinkan, persiapan Piala Dunia U-20 Indonesia sudah berjalan dengan matang.

"Presiden (Jokowi) memberikan arahan, menyelesaikan yang belum terselesaikan. Paling lambat akhir bulan ini saya diminta melaporkan kembali. Pertama kami melaporkan tentang Piala Dunia U-20 2023. Kami melaporkan semuanya sudah dalam keadaan siap," kata Amali dalam keterangannya di jumpa pers di Istana Merdeka.

Baca Juga: Program Volunteer Piala Dunia U-20 Indonesia Dibuka, Simak Syaratnya

2. Akan ada trophy tour Piala Dunia U-20

Soal Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Pesan Jokowi ke MenporaLogo Piala Dunia U-20 2023. (pssi.org).

Amali juga menyebut akan ada trophy tour di enam kota besar Indonesia untuk memanaskan Piala Dunia U-20. Kota yang dituju adalah Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Palembang dan Bali, yang notabene merupakan venue gelaran bergengsi tersebut.

"Ada rencana trophy tour, tunggu drawing. Supaya masyarakat tahu kita menggelar Piala Dunia (U-20). Rencananya ke enam kota, bahkan saya minta sepuluh. Tapi, FIFA belum memberikan jawaban," ujar Amali saat ditemui di Museum Nasional, Rabu (25/1/2023).

3. Jokowi minta Amali persiapkan FIBA World Cup dan ANOC World Beach Games

Soal Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Pesan Jokowi ke MenporaPresiden Jokowi Membuka Rakernas Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Penurunan Stunting (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Bukan hanya Piala Dunia U-20. Indonesia juga akan menggelar sejumlah event olahraga internasional lain, seperti Piala Dunia FIBA 2023 dan ANOC Wolrd Beach Games 2023.

"Beliau (Jokowi) minta persiapkan semuanya dengan baik. FIBA World Cup 2023, kemudian ada ANOC World Beach Game 2023 juga," kata Amali.

Baca Juga: GBK untuk Piala Dunia U-20, Bagaimana Nasib Konser BLACKPINK?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya