Thomas Doll Sabar Nantikan Ketajaman Marko Simic di Persija

Simic masih butuh waktu

Jakarta, IDN Times - Debut kedua Marko Simic di Persija Jakarta akhirnya terukir. Dia menandai comeback-nya saat skuad Macan Kemayoran bentrok dengan Persikabo 1973 pada pekan kedua Liga 1 2023/24. Sayang, aksi Simic di Stadion Pakansari belum sesuai ekspektasi.

Sebagaimana diketahui, Persija gagal meraih kemenangan saat bentrok melawan Persikabo 1973. Kali ini, mereka ditahan imbang 0-0 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dalam duel yang berlangsung pada Minggu (9/7/2023).

Striker asal Kroasia itu diturunkan sebagai starter usai absen di laga pertama Persija. Hanya saja, Simic belum mampu menunjukkan ketajamannya lagi seperti saat membela klub ibu kota ini beberapa tahun lalu. 

Simic hanya berada di atas lapangan selama 60 menit karena performanya belum sesuai ekspektasi.

Dia sempat mendapat peluang untuk mencetak gol pada menit 38. Sial, sepakan kerasnya justru melenceng ke atas langit. 

1. Simic masih butuh waktu

Thomas Doll Sabar Nantikan Ketajaman Marko Simic di PersijaMarko Simic dipastikan kembali berseragam Persija. (Dok. Persija)

Kendati mengecewakan, pelatih Persija, Thomas Doll tak mengkritisi performa Simic. Juru taktik asal Jerman itu memaklumi penyerang 36 tahun itu belum lama bergabung di bawah komandonya.

Bagi Doll, Simic masih butuh waktu. Maklum, pencetak gol terbanyak Liga 1 musim 2019/20 itu sempat kehilangan intensitas kompetisi. Dia hanya tampil enam kali bersama Radnicki 1923 sejak cabut dari Persija pada April 2022 silam.

"Simic sudah lama enggak bermain. Dia membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Dia juga baru bersama kami selama dua pekan," kata Thomas Doll selepas laga.

Baca Juga: Misi Persija Perbaiki Rekor Tandang di Liga 1

2. Pertahanan Persikabo solid, lini depan Persija kurang padu

Thomas Doll Sabar Nantikan Ketajaman Marko Simic di PersijaPelatih Persija, Thomas Doll saat menghadiri jumpa pers usai menghadapi Persikabo di Stadion Pakansari, Minggu (9/7/2023). (IDN Times/Tino)

Di sisi lain, Doll juga mengakui bahwa soliditas pertahanan Persikabo cukup bagus. Hal ini diperburuk dengan fakta bahwa lini depan Persija yang belum padu.

"Bukan Marko Simic bermasalah, tapi lawan kami yang berkualitas. Para pemain juga belum kompak, khususnya di lini tengah dan depan," ujar Thomas Doll.

Hal senada juga dilontarkan bek sayap Persija, Firza Andika. Kokohnya lini belakang Persikabo yang dikawal Didik Wahyu dan kolega membuat lini depan Persija frustrasi.

"Kita menyerang terus, tapi lawan kuat di pertahanan yang membuat kami frustrasi. Tapi, balik lagi, kami butuh waktu. Penyerang kita butuh waktu agar bisa cetak gol," ujar Firza.

3. Persija belum pernah menang musim ini

Thomas Doll Sabar Nantikan Ketajaman Marko Simic di PersijaPotret Thomas Doll memberikan instruksi kepada pemain Persija saat menghadapi Persikabo, di Stadion Pakansari, Minggu (9/7/2023). (Dok. Persija).

Hasil imbang di markas Persikabo membuat Persija belum sekalipun membukukan kemenangan di Liga 1 musim ini. Sebelumnya, pada pekan pertama, mereka juga ditahan imbang PSM Makassar dengan skor 1-1.

Hal tersebut membuat Persija masih bertengger di posisi 11 klasemen sementara Liga 1 2023/24. Mereka baru meraih dua poin usai usai menyelesaikan semua laga dengan hasil imbang dalam mengawali musim ini.

Selanjutnya, esempatan Persija meraih tiga poin perdananya terbuka lebar pada pekan ketiga Liga 1. Mereka bakal bersua Bhayangkara FC, tim pesakitan sedang goyah lantaran menderita dua kekalahan beruntun.

Baca Juga: Jakmania Datang saat Persija Tandang ke Markas Persikabo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya