Timnas Dapat Pemain Naturalisasi Lagi, Ragnar Oeratmangun

Proses naturalisasi Ragnar sempat batal

Jakarta, IDN Times - Pergerakan PSSI dalam menggaet pemain keturunan belum berhenti. Pemain keturunan Belanda, Ragnar Oratmangoen, menjadi nama terbaru untuk masuk dalam proyek naturalisasi.

Kepastian itu didapat usai Ragnar bertolak ke Indonesia dan bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dalam pertemuan tersebut, pemain 25 tahun itu berkomitmen untuk membela Timnas Indonesia.

"Selamat datang di Indonesia, Ragnar Oratmangoen. Ragnar punya komitmen untuk membela Merah Putih. Semoga Ragnar bisa ikut memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia," tulis Erick Thohir di Twitter resminya, @erickthohir.

1. Ragnar bukan nama baru dalam proyek naturalisasi

Penyerang yang tengah dipinjam Fortuna Sittard dari FC Groningen itu sebenarnya masuk dalam radar Shin Tae Yong pada akhir 2021 lalu. Kala itu, Ragnar diproyeksikan untuk menyandang status Warga Negara Indonesia berbarengan dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Hanya saja, proses naturalisasinya mengalami kebuntuan. Lama tak terdengar perkembangannya, kini Ragnar malah akan menyusul Sandy dan Jordi untuk bisa memegang KTP Indonesia.

Baca Juga: Tak Ada Beban Menang untuk Timnas U-17, Seri Sudah Cukup

2. Ragnar lagi puasa gol panjang

Timnas Dapat Pemain Naturalisasi Lagi, Ragnar Oeratmangunpotret Ragnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Kehadiran Ragnar tentu diharapkan bisa menambah daya gedor Pasukan Garuda. Dengan pengalamannya, Ragnar diminta menjadi solusi atas keterbatasan stok striker yang tajam di Timnas.

Sayangnya, statistik Ragnar dalam tiga musim terakhir kurang mengesankan. Pemain kelahiran Oss itu mandek dan belum mampu mencetak gol dalam 59 penampilan terakhirnya di Eredivisie, sejak musim 2021/22 lalu.

3. PSSI proses empat pemain

Timnas Dapat Pemain Naturalisasi Lagi, Ragnar OeratmangunRagnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Ragnar menjadi pemain keempat yang tengah diproses menjadi WNI. Sebelum Ragnar, Erick Thohir telah memperkenalkan terlebih dahulu, yakni Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, dan Jay Idzes.

Andai prosesnya cepat, keempat pemain itu bisa saja tampil di Piala Asia 2023 pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Timnas Tak Ciut Nyali Hadapi Tekanan Suporter Irak

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya