Timnas U-17 Seleksi di 9 Kota, Gak Pakai Naturalisasi?

Sobat Gen-Z, minat jadi pemain Timnas U-17?

Jakarta, IDN Times - Proses pembentukan Timnas Indonesia U-17 segera dilangsungkan. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan mengawalinya dengan berdiskusi dengan pelatih Bima Sakti Tukiman.

Pertemuan rencananya digelar pada Senin malam (26/6/2023). Dalam kesempatan itu, akan ditetapkan pula, di mana PSSI mau menggelar seleksi dengan format sembilan kota.

"Untuk Piala Dunia U-17 sudah diputuskan. Kami akan seleksi (pemain) di sembilan kota. Nanti, tergantung dengan hasil rapat bersama coach Bima," kata Erick, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Timnas U-17 TC ke Eropa Demi Hadapi Piala Dunia

1. Opsinya gak cuma Eropa, tapi juga Qatar

Timnas U-17 Seleksi di 9 Kota, Gak Pakai Naturalisasi?Timnas U-16 bersua Myanmar. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Nantinya, setelah seleksi di sembilan kota rampung, pemusatan latihan (TC) secara terpusat akan digelar terlebih dulu. Di situlah, Bima akan melihat pemain mana yang layak masuk ke dalam kerangka tim.

Setelahnya, menurut Erick, Timnas U-17 diboyong TC ke luar negeri. Awalnya, eks Presiden Inter Milan menjanjikan Timnas U-17 berguru ke Benua Biru. Tapi, belakangan Erick menyebut Qatar bisa jadi opsi lain. 

"Kami juga akan menyiapkan training center, apakah di Doha atau di Eropa," ujar Erick.

2. Persiapan mepet

Timnas U-17 Seleksi di 9 Kota, Gak Pakai Naturalisasi?Pelatih TImnas U-16, Bima Sakti (Dok. PSSI)

Sebenarnya, waktu Bima untuk menyiapkan atau mematangkan tim tidak begitu banyak. Bima harus kejar target, lantaran gong Piala Dunia U-17 bakal dibunyikan pada 10 November 2023 mendatang.

Karena itu pula, Erick rencananya bertemu dengan Presiden RI, Joko 'Jokowi' Widodo pada sore ini. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN akan membentuk panitia Piala Dunia U-17 pada keesokan harinya.

"Besok, saya baru mau rapat untuk pembentukan panitia. Nanti, Insya Allah jam 16.30 saya dengan bapak Presiden untuk menyampaikan beberapa standar dari FIFA, karena selama ini belum disampaikan secara publik," kata Erick.

3. Timnas U-17 pakai naturalisasi gak ya?

Timnas U-17 Seleksi di 9 Kota, Gak Pakai Naturalisasi?Dok. affsuzukicup2018

Erick juga belum berbicara soal kemungkinan bakal mencari pemain keturunan untuk membela Garuda Muda di Piala Dunia U-17.

Sebab, saat mempersiapkan tim untuk Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong sempat merekomendasikan beberapa nama untuk dinaturalisasi. Menarik dinantikan seperti apa tim yang bakal dibangun Bima Sakti.

Baca Juga: PSSI Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya