VAR Sudah Terpasang di 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023

Goal Line Technology juga sudah terpasang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan perangkat Video Assistant Referee (VAR) sudah terpasang di seluruh venue Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo juga telah dipasangkan Goal Line Technology.

Dengan begitu, VAR dan Goal Line Technolgy dipastikan bisa digunakan sejak dimulainya babak penyisihan grup. Hadirnya dua teknologi ini bisa membantu wasit dalam memberikan keputusan yang lebih sahih.

"Sudah, sudah dipasang. Kan Piala Dunia U-17 sudah mau main," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

1. Jadi bahan uji coba sebelum diterapkan di Liga 1

VAR Sudah Terpasang di 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023Logo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Erick juga menyatakan kalau hadirnya VAR di Piala Dunia U-17 sekaligus menjadi uji coba sebelum diterapkan di Liga 1. Pun, sistem yang digunakan di kompetisi lokal nanti akan serupa.

"Ini sistemnya sama yang akan dipakai di liga pada Februari (2024). Jadi, karena sistemnya sama, kita manfaatkan trial and error-nya di sini (Piala Dunia U-17)," ujar Erick.

Baca Juga: Bima Sakti Minta Timnas U-17 Bermain Lepas di Setiap Laga Piala Dunia

2. Latihan VAR digelar di Jakarta

VAR Sudah Terpasang di 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023VAR (twitter.com/fifamedia)

FIFA juga mengasah ketajaman wasit Piala Dunia U-17 dalam menggunakan VAR. Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, mengatakan bahwa latihan itu digelar sejak 4 November 2023 hingga menjelang turnamen bergulir.

"Dari tanggal 4, setiap hari mereka latihan terus sampai nanti (pertandingan dimulai). Jadi setiap kali mereka dikerahkan, mereka kembali ke base camp, mereka bertugas, mereka dikerahkan lagi, lalu mereka kembali kembali lagi. Jadi pelatihan ini intensif," kata Tisha kepada awak media.

3. Kesiapan Piala Dunia U-17 capai 100 persen

VAR Sudah Terpasang di 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023Trofi Piala Dunia U-17 di Acara Trophy Experience Jakarta (IDN Times/Rachma Syifa Faiza Rachel)

Lebih lanjut, menurut Erick, terpasangnya VAR dan Goal Line Technology menjadi bukti bahwa kesiapan Piala Dunia U-17 sudah mencapai 100 persen. Pun, PSSI belum mendapatkan komplain sebiji pun dari FIFA maupun tim peserta.

"Sejauh ini bagus. Semua happy dan tidak ada komplain . Besok malam, tanggal 8 saya ada makan malam khusus sama Presiden FIFA (Gianni Infantino) untuk me-review akhir kalau memang ada masukan dari top level FIFA," ujar Erick.

Baca Juga: Daftar Skuad Peserta Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, Lengkap!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya