5 Pelatih Italia yang Berkarier di Luar Serie A pada 2022/2023

Ada yang memenangi Liga Champions Eropa

Italia terkenal dengan budaya sepak bolanya yang kuat. Mereka juga memiliki salah satu kompetisi terbaik di dunia. Wajar jika Italia sering menghasilkan pelatih kelas dunia.

Ada juga beberapa pelatih Italia yang berkarier di luar Serie A pada 2022/2023. Lantas, siapa saja juru taktik asal Negeri Piza yang melanglang buana itu?

1. Antonio Conte (Tottenham Hotspur)

5 Pelatih Italia yang Berkarier di Luar Serie A pada 2022/2023Antonio Conte (twitter.com/SpursOfficial)

Antonio Conte salah satu pelatih Italia yang pernah menangani beberapa klub raksasa, seperti Juventus, Chelsea, dan Inter Milan. Pada 2021, dirinya memutuskan kembali ke Inggris untuk melatih Tottenham Hotspur.

Pelatih kelahiran Lecce ini sering mempersembahkan gelar domestik kepada klub yang dilatihnya. Namun, sejauh ini ia belum bisa mendapatkan trofi bersama Tottenham Hotspur.

Pada 2022/2023, Conte untuk sementara membawa Tottenham Hotspur berada di peringkat keempat English Premier League (EPL) setelah 24 pertandingan. Dirinya juga membawa Spurs melaju ke babak16 besar Liga Champions Eropa.

2. Andrea Pirlo (Fatih Karagumruk SK)

5 Pelatih Italia yang Berkarier di Luar Serie A pada 2022/2023Andrea Pirlo (twitter.com/karagumruk_sk)

Andrea Pirlo merupakan gelandang legendaris Italia. Saat masih aktif bermain, ia dikenal sebagai pemain hebat. Pirlo sangat pandai mengalirkan bola dari lini tengah. Ia bahkan disebut sebagai seorang maestro.

Dirinya baru pensiun dari dunia sepak bola pada 2018. Pirlo lalu memutuskan terjun ke dunia kepelatihan setelah pensiun. Pada 2020, ia mendapat kepercayaan untuk menangani Juventus U-23. Berselang beberapa bulan, ia berhasil melatih skuad utama.

Pada 2022/2023, Andrea Pirlo menerima tawaran dari Fatih Karagumruk SK yang berlaga di Liga Turki. Dirinya mendapatkan kontrak hingga 2023. Sejauh ini, ia membawa tim asuhannya berada di papan tengah Super Lig.

Baca Juga: 5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih Top

3. Roberto De Zerbi (Brighton & Hove Albion)

5 Pelatih Italia yang Berkarier di Luar Serie A pada 2022/2023Roberto De Zerbi (instagram.com/officialbhafc)

Roberto De Zerbi adalah pelatih baru Brighton & Hove Albion pada 2022/2023. Dirinya menggantikan posisi Graham Potter yang hengkang ke Chelsea. De Zerbi mendapatkan kontrak hingga 2026 bersama Seagulls.

Pelatih kelahiran Brescia ini berhasil menyulap Brighton & Hove Albion menjadi kuda hitam dengan penampilan yang impresif di berbagai ajang. Sejauh ini, Roberto De Zerbi sukses mengantarkan timnya berada di papan atas klasemen Premier League.

4. Vincenzo Montella (Adana Demirspor)

https://www.youtube.com/embed/bYNUk-h7bK4

Vincenzo Montella merupakan mantan penyerang yang namanya melambung bersama AS Roma. Dirinya memutuskan berkarier sebagai pelatih setelah pensiun dari dunia sepak bola.

Montella pernah melatih berbagai klub raksasa Italia, seperti AS Roma, Fiorentina, dan AC Milan. Pada 2021, dirinya menerima tawaran untuk berkarier di Turki. Ia bergabung dengan Adana Demirspor dengan kontrak hingga 2023.

Pada 2022/2023, pelatih kelahiran Pomigliano d'Arco ini membawa Adana Demirspor untuk sementara berada di papan atas Super Lig. Montella berpeluang membawa timnya tampil di Eropa musim depan.

5. Carlo Ancelotti (Real Madrid)

5 Pelatih Italia yang Berkarier di Luar Serie A pada 2022/2023Carlo Ancelotti (realmadrid.com)

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih top Italia yang pernah menangani berbagai klub raksasa, seperti Juventus, AC Milan, Chelsea, Real Madrid, Bayern Munich, dan Paris Saint-Germain.

Pelatih kelahiran Reggiolo ini sering memenangi berbagai gelar domestik dan Eropa. Hal tersebut membuat nama Ancelotti makin disegani di dunia sepak bola.

Pada 2021, Carlo Ancelotti menerima tawaran untuk kembali menangani Real Madrid. Ia mendapat kontrak hingga 2024. Dirinya sudah mempersembahkan berbagai gelar bagi Los Blancos. Paling baru adalah trofi Piala Dunia Antarklub.

Kelima pelatih asal Italia di atas memilih berkarier di luar Serie A pada 2022/2023. Beberapa dari mereka sudah sering memenangkan berbagai gelar untuk tim yang dilatihnya.

Baca Juga: Pelatih-Pelatih yang Langsung Dipecat setelah Gagal di Piala Dunia

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya