Profil Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Calon Pemilik Manchester United

Ratcliffe dikenal sukses dalam mengelola tim olahraga

Konglomerat asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe, baru-baru ini menjadi perbincangan hangat setelah digadang-gadang bakal menjadi salah satu pemilik Manchester United. Ia dikabarkan bakal menyelesaikan proses kepemilikan saham klub yang bermarkas di Old Trafford itu.

Hal ini terjadi setelah taipan asal Qatar, Sheikh Jassim, mundur dari bursa calon pemilik baru lantaran penawaran fantastisnya ditolak oleh Keluarga Glazer yang sudah memiliki The Red Devils sejak 2005. Ratcliffe dikenal sebagai pengusaha yang memiliki gurita bisnis di berbagai sektor, termasuk di bidang olahraga.

Dilansir The Times, pria berumur 71 tahun ini merupakan orang terkaya kedua di Britania Raya dengan kekayaan hampir menyentuh angka 30 miliar pound sterling atau sekitar Rp576 triliun. Kira-kira, bisnis apa saja yang dimiliki Sir Jim Ratcliffe sehingga ia berani untuk membeli klub sebesar Manchester United

1. Sir Jim Ratcliffe merupakan pemilik salah satu perusahaan petrokimia terbesar di dunia

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Calon Pemilik Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (ineos.com)

Sir Jim Ratcliffe merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari INEOS sekaligus pemilik saham mayoritas dari salah satu perusahaan petrokimia terbesar di dunia tersebut. Didirikan pada 1998 dengan mengakuisisi perusahaan petrokimia milik British Petroleum (BP), INEOS memiliki omset lebih dari 65 miliar dolar Amerika Serikat per tahun atau setara Rp1,248 triliun. Perusahaan multinasional asal Inggris ini memiliki 36 anak perusahaan yang beroperasi di 29 negara.

Dir Jim Ratcliffe memang dikenal sebagai seorang pengusaha yang agresif dan ambisius. Ia telah berinvestasi besar-besaran di INEOS untuk memperluas bisnisnya. INEOS kini memiliki empat bisnis utama yang bergerak di bidang petrokimia, bahan kimia khusus, produksi minyak bumi dan gas, dan olahraga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Manchester United usai Dipinjamkan, Siapa Saja?

2. Kecintaannya di bidang olahraga membuatnya memiliki berbagai tim olahraga terkenal

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Calon Pemilik Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (kiri) berfoto bersama Toto Wolff (kanan) dalam peresmian mobil F1 Mercedes W13. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Sir Jim Ratcliffe dikenal sebagai seorang pengusaha yang memiliki kecintaan besar terhadap olahraga. Hal ini terlihat dari berbagai investasi yang ia lakukan di bidang olahraga. Dilansir situs resmi INEOS, mereka kini memiliki beberapa tim dari berbagai bidang olahraga, empat di antaranya adalah tim sepak bola.

Salah satu tim sepak bola yang dimiliki Ratcliffe adalah OGC Nice yang kini menjadi satu-satunya tim belum terkalahkan di Ligue 1 Prancis 2023/2024 sejauh ini. Selain itu, mereka juga menjadi pemilik utama tim-tim olahraga terkenal, seperti tim Formula 1 Mercedes, pemilik tim balap sepeda INEOS Grenadiers, dan masih banyak lagi. Jika Ratcliffe resmi menjadi pemilik Manchester United, tentu ini akan menambah salah satu gurita bisnisnya di bidang olahraga.

3. Penggemar Setan Merah menaruh harapan besar kepada Ratcliffe

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Calon Pemilik Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (twitter.com/INEOS)

Sir Jim Ratcliffe lahir di Kota Failsworth, Inggris, sebuah kota penyangga bagi Manchester. Tinggal di dekat kota Manchester membuatnya akrab dengan sepak bola dan tumbuh sebagai penggemar Manchester United sejak kecil. Sebab itulah fans Setan Merah menaruh harapan besar kepadanya sebagai pemilik baru karena kecintaannya terhadap klub dan kesuksesan INEOS dalam mengelola tim-tim olahraga.

Goal melaporkan, Ratcliffe akan mengakuisisi saham Manchester United sebesar 25 persen. Dalam perjanjiannya, dirinya disebut-sebut akan mengatur proses jual beli pemain, mengelola manajemen, jabatan manajer, dan staf pelatih. Ia juga kabarnya akan memberikan dana segar untuk penambahan kapasitas stadion menjadi 90.000 kursi dan renovasi untuk Old Trafford yang fasilitasnya dianggap tertinggal dibandingkan stadion markas klub Big Six Premier League.

Dengan akuisisi ini, Manchester United akan menjadi klub sepak bola kelima yang dimiliki oleh Sir Jim Ratcliffe. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri baginya, mengingat The Red Devils telah lama mengalami masa-masa sulit. Namun, dengan kecintaannya terhadap olahraga dan kesuksesan INEOS dalam mengelola tim-tim olahraga, Ratcliffe diharapkan dapat membawa Manchester United kembali ke masa kejayaannya.

Baca Juga: Glazer Berulah Lagi, Investasi Ratcliffe ke Manchester United Tertunda

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya