Usai Uji Coba, Bola Piala Dunia Jadi Mimpi Buruk Bagi Penjaga Gawang

#WorldCup2018 Para kiper menganggap bolanya 'berlaku aneh'. Lah, kayak gimana ya?

Beberapa kiper kawakan khawatir bahwa gawang mereka akan menjadi sasaran empuk tembakan jarak jauh dari pemain lawan, dalam perhelatan Piala Dunia Rusia 2018 mendatang.

Hal ini karena bola yang akan digunakan dalam turnamen sepak bola terakbar di dunia ini, Adidas Telstar 18 dianggap 'berlaku aneh'. Demikian pendapat kiper utama Spanyol, sekaligus kiper Manchester United, David De Gea.

1. David De Gea menganggap bola berlaku aneh

Usai Uji Coba, Bola Piala Dunia Jadi Mimpi Buruk Bagi Penjaga GawangAS

Adidas Telstar 18 yang diperkenalkan bulan November tahun lalu di mata David De Gea - yang bisa dianggap sebagai kiper terbaik dunia saat ini, menyatakan seharusnya bola ini bisa dibikin lebih bagus lagi.

"Sangat aneh. Seharusnya bisa dibikin lebih bagus lagi," demikian tegasnya selepas membela Spanyol melawan Jerman yang berakhir dengan skor 1-1.

Kecaman lebih keras dilancarkan oleh rekan David De Gea. Yaitu Pepe Reina yang menyatakan bahwa dalam turnamen yang akan dilangsungkan di Rusia tanggal 14 Juni sampai 15 Juli mendatang, setidaknya akan lahir 35 gol dari tendangan jarak jauh.

"Bola ini ditutupi dengan film plastik yang membuatnya sulit untuk dipegang. Para kiper akan menghadapi banyak kesulitan dengan bola ini," tegas kiper Napoli ini, sebagaimana dilansir dari Goal.

2. Kiper Jerman menyatakan harus membiasakan diri dengan bola tersebut

Usai Uji Coba, Bola Piala Dunia Jadi Mimpi Buruk Bagi Penjaga GawangAS

Sementara itu kiper Jerman, Marc-Andre ter Stegen yang juga kebobolan satu gol dalam laga menghadapi Spanyol ini, meskipun menilai bahwa bola ini seharusnya bisa dibikin lebih baik lagi, namun memilih untuk membiasakan diri dengannya.

Menurut kiper Barcelona ini, bola Adidas Telstar 18 ini bergerak terlalu banyak. Namun yang harus dilakukan saat ini adalah membiasakan diri dengan bola tersebut sebelum perhelatan tersebut dimulai. Karena memang tidak ada pilihan lain lagi.

Pendapat ini mendapatkan pertentangan dari Pepe Reina yang menuntut agar dilakukan perbaikan atas bola ini karena masih ada waktu untuk melakukannya.

3. Terinspirasi dari bola Piala Dunia 1970 dan 1974

Usai Uji Coba, Bola Piala Dunia Jadi Mimpi Buruk Bagi Penjaga GawangFox Sports

Saat diluncurkan tahun lalu, petinggi Adidas, Roland Rommler menyatakan bahwa bola Telstar generasi pertama yang dipakai di Piala Dunia 1970 dan 1974 merupakan bola yang paling ikonik dalam sepak bola sepanjang masa dan mengubah desain bola sejak saat itu.

Adidas Telstar 18 yang dikembangkan dengan inspirasi dari bola Telstar tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaannya. Namun upaya ini rupanya mendapatkan tanggapan negatif bagi pemakainya. Dalam hal ini para kiper yang akan paling sering memegang bola tersebut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya