Comscore Tracker

FIFA The BEST 2018: Penentuan Suara dan Perbedaan dengan Ballon d'Or

Didominasi oleh finalis Piala Dunia Rusia 2018!

FIFA mengumumkan 10 kandidat untuk The Best FIFA Football Awards yang lebih dikenal sebagai FIFA THE BEST guna menentukan siapa pemain terbaik dunia untuk periode 3 Juli 2017 sampai 15 Juli 2018.

Ada 10 nama yang masuk dalam daftar nominasi periode ini yaitu Cristiano Ronaldo, Kevin De Bruyne, Antoine Griezmann, Eden Hazard, Harry Kane, Kylian Mbappe, Lionel Messi, Luka Modric, Mohamed Salah, dan Raphael Varane.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, muka baru untuk tahun ini adalah Antoine Griezmann, Eden Hazard, Kylian Mbappe, Mohamed Salah dan Raphael Varane - sisanya adalah muka-muka lama dimana Cristiano Ronaldo menjadi juaranya tahun lalu.

1. Daftar nominasi diseleksi sebuah panel ahli FIFA

FIFA The BEST 2018: Penentuan Suara dan Perbedaan dengan Ballon d'Ortwitter.com/FIFAcom

Dilansir dari situs resmi FIFA, pemilihan kandidat ini dilakukan oleh sebuah panel ahli FIFA yang terdiri dari nama-nama besar di dunia sepak bola seperti Fabio Capello, Didier Drogba, Kaka, Frank Lampard, Lothar Matthaus, Alessandro Nesta, Carlos Alberto Parreira, Ronaldo Nazario, dan beberapa nama lainnya.

Berdasarkan hasil seleksi ini, fans dari seluruh dunia bisa ikut memberikan suara mereka selama periode 24 Juli sampai 10 Agustus 2018, meskipun porsi suara fans adalah 25%.

Sisa 75% suara akan menjadi milik kapten timnas, pelatih kepala, dan grup media internasional yang memiliki anggota lebih dari 200 jurnalis - masing-masing sebanyak 25%.

2. FIFA The Best sempat bergabung dengan France Football pilih pemain terbaik dunia

FIFA The BEST 2018: Penentuan Suara dan Perbedaan dengan Ballon d'Ortwitter.com/FIFAcom

FIFA sempat bergabung dengan majalah Prancis yang menyelenggarakan pemilihan pemain terbaik dunia yaitu Ballon d'Or dari tahun 2011-2015, namun memutuskan untuk kembali menyelenggarakan pemilihan versi mereka sendiri kembali.

Kebijakan memberikan suara kepada kapten dan pelatih timnas anggota FIFA yang menurut mereka sering menghasilkan pemenang yang ganjil, demikian dilansir dari Total Sportek.

3. FIFA The Best mirip People's Choice

FIFA The BEST 2018: Penentuan Suara dan Perbedaan dengan Ballon d'Ortwitter.com/FIFAcom

France Football sebagai penyelengara gelar Ballon d'Or lebih mengandalkan pendapat dari jurnalis media terkemuka untuk menentukan pilihan mereka. Para wartawan ini kebanyakan berasal dari Perancis, Inggris, Spanyol, dan Jerman. Pilihan berbeda ini antara lain terjadi tahun 2013 dimana versi wartawan adalah Frank Ribery sementara versi FIFA adalah Cristiano Ronaldo.

Jika diibaratkan, pilihan dari FIFA The Best mirip people's choice sementara Ballon d'Or lebih serius dari mereka yang memang meliput kegiatan sepak bola.

Jadi silakan login ke situs resmi FIFA guna memberikan suara siap yang dianggap sebagai pemain terbaik tahun ini, yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 24 September 2018.

margalayyd Photo Community Writer margalayyd

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You