Maradona (Kembali) Minta Maaf atas Ucapan Sembrononya di Piala Dunia

#WorldCup2018 FIFA menyesalkan tindakan sang legenda bola

Legenda Argentina, Diego Maradona secara resmi meminta maaf kepada FIFA karena menyatakan bahwa timnas Inggris melakukan 'pencurian monumental' saat mengalahkan Kolombia di babak 16 besar yang berlangsung hari Rabu (4/7) kemarin.

Sasaran tembak pemain yang berhasil mengantarkan Argentina menjadi juara di Piala Dunia 1986 adalah wasit Mark Geiger yang dituduh berpihak kepada timnas Inggris - dengan memberikan hadiah penalti kepada atas pelanggaran kepada Hary Kane bukan sebaliknya.

Selain itu ungkapan Maradona yang disampaikan melalui siaran televisi berbasis Venezuela, telesur juga ditujukan kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino dan kepala wasit FIFA, Pierluigi Collina, sebagaimana dilansir dari BBC.

1. FIFA sesalkan pernyataan dari salah satu mantan pemain terhebatnya

Maradona (Kembali) Minta Maaf atas Ucapan Sembrononya di Piala Duniatwitter.com/BBCSport

Atas pernyataannya tersebut, FIFA telah mengeluarkan pernyataan resmi yang mengecam komentar duta mereka sendiri. Badan tertinggi sepak bola dunia ini menyatakan 'sangat menyesal' membaca pernyataan dari 'seorang pemain yang telah mencatatkan tinta emas dalam sejarah olah raga kita', demikian bunyi pernyataan FIFA hari Kamis kemarin sebagaimana dilansir dari RT.

"Menyusul komentar yang disampaikan oleh Diego Armando Maradona terkait dengan laga babak 16 besar kemarin, Kolombia vs Inggris, FIFA dengan keras menolak kritikan atas kinerja wasit di laga tersebut yang menurut kami sangat positif dalam laga yang keras dan dipenuhi dengan emosi."  
"Lebih lanjut, FIFA juga menganggap komentar dan insinuasi tersebut sangat tidak pantas dan tidak berdasar...FIFA sangat menyesalkan membaca pernyataan tersebut dari seorang pemain yang telah mencatatkan tinta emas dalam sejarah olah raga kita"

2. Maradona tegaskan hormati kerja wasit

Maradona (Kembali) Minta Maaf atas Ucapan Sembrononya di Piala DuniaInstagram.com/@maradona

Melalui akun Instagram miliknya, Maradona mengungkapkan permintaan maaf atas apa yang dikatakannya sambil memposting sebuah foto dirinya bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Terbawa dengan perasaan yang meluap beberapa hari lalu, saya mengatakan beberapa hal dan saya akui, beberapa di antaranya tidak bisa diterima.
"Permintaan maafku kepada FIFA dan presidennya: sebagaimana kadang kala saya memiliki pendapat yang berbeda dengan keputusan wasit, saya menghormati penuh kerja mereka - tidak gampang - dan apa yang dilakukan oleh institusi dan para wasit."

3. Maradona sempat tuai beberapa kontroversi sebelumnya

Maradona (Kembali) Minta Maaf atas Ucapan Sembrononya di Piala Duniatwitter.com/MirrorFootball

Sebagai duta FIFA di Piala Dunia Rusia 2018 yang mendapatkan bayaran bersih 10.000 pound (Rp 190 juta), ini bukanlah permintaan maaf pertama dari Maradona yang selama penyelenggaraan turnamen ini telah membuat berbagai kontroversi.

Mantan pelatih timnas Argentina ini terpaksa meminta maaf juga ketika melakukan gestur yang tidak sopan kepada fan Korea Selatan dan menunjukkan jari tengahnya kepada fans Nigeria saat Marcos Rojo berhasil mencetak gol penentu kemenangan di laga penutup yang dimenangkan dengan skor 2-1.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya