Comscore Tracker

3 Poin Penting Luis Enrique Saat Perkenalan Sebagai Pelatih Spanyol

Mulai dari gaya kepelatihan sampai kemerdekaan Catalonia

Luis Enrique resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Spanyol di kantor pusat Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) di Las Rozas, luar kota Madrid hari Kamis kemarin.

Mantan pelatih Barcelona ini mengambil alih jabatan ini setelah timnas Spanyol diterpa prahara jelang dan selama Piala Dunia Rusia 2018.

Julen Lopetegui dipecat hanya sehari jelang pembukaan Piala Dunia tanggal 14 Juni kemarin digantikan oleh sporting director Fernando Hierro yang hanya berhasil membawa timnas Spanyol bertahan di babak 16 besar.

Inilah beberapa poin yang disampaikan oleh Luis Enrique dalam konpers yang dipimpin oleh Luis Rubiales dan sport director RFEF, Jose Francisco Molina saat diperkenalkan sebagai pelatih baru timnas Argentina sebagaimana dilansir dari media Spanyol, AS dan Marca.

1. Gaya Melatih dan gaya permainan timnas Spanyol

3 Poin Penting Luis Enrique Saat Perkenalan Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/UEFAEURO

Luis Enrique menyebutkan bahwa dia suka selalu dekat dengan para pemainnya, meskipun kadang di antara dirinya dan para pemain memiliki visi yang berbeda. Namun secara keseluruhan tujuannya adalah membuat hidup para pemainnya menjadi mudah.

Sementara itu untuk gaya permainan yang akan diterapkannya, akan lebih bersifat evolusi daripada revolusi. Akan ada perbaikan dalam melakukan tekanan, bertahan, dan menciptakan peluang.

Timnas seharusnya memiliki gaya permainan yang semirip mungkin dengan gaya permainan klub.

2. Masa depan pemain senior

3 Poin Penting Luis Enrique Saat Perkenalan Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/UEFAEURO

Mengenai masa depan para pemain senior seperti Gerard Pique dan Andres Iniesta, Luis Enrique menyatakan akan melihatnya kasus per kasus namun tetap menghormati keputusan mereka.

Demikian juga jabatan kapten yang disandang oleh Sergio Ramos, menurutnya dia tidak memiliki masalah dengan kapten Real Madrid ini.

Saat ini menurutnya di tangannya sudah ada daftar pemain sekitar 70 orang, yang akan dipertimbangkannya setelah melihat laga-laga Piala Dunia, tur pra-musim dan Super Cups.

3. Pendapat Luis Enrique mengenai VAR dan kemerdekaan Catalonia

3 Poin Penting Luis Enrique Saat Perkenalan Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/UEFAEURO

Luis Enrique menyatakan persetujuan sepenuhnya atas penerapan teknologi VAR. Menurutnya, VAR membantu wasit, membuat pelanggaran berkurang, berkurangnya aksi membuang waktu dan memiliki elemen yang menyenangkan.

Namun sang pelatih menolak menjawab mengenai isu kemerdekaan Catalonia yang sudah masuk dalam isu politik. Tapi Luis Enrique menyatakan kebanggaannya akan jati dirinya, seorang Asturia yang hidup di Catalonia dan bangga menjadi orang Spanyol. Dia juga menganggap dirinya sebagai seorang Catalan.

margalayyd Photo Verified Writer margalayyd

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya