Profil Amar Brkic, Sayap Timnas U-17 Keturunan Jerman-Bosnia

Debut saat timnas tahan imbang Ekuador U-17

Timnas Indonesia U-17 diisi oleh materi pemain dari berbagai daerah, termasuk beberapa pemain diaspora dari sejumlah negara. Salah satunya adalah Amar Brkic, pemain timnas U-17 keturunan Jerman-Bosnia yang berposisi sebagai pemain sayap kanan.

Sayangnya, Amar menghuni bangku cadangan pada dua laga fase grup timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023. Amar baru debut saat babak kedua pada laga Indonesia vs Ekuador, Senin (13/11) lalu.

Pada level klub, Amar kini memperkuat skuad junior Bundesliga Jerman, Hoffenheim U-17. Seperti apa profil dan perjalanan karier mudanya? Simak di bawah ini.

1. Keturunan Jerman-Bosnia

Profil Amar Brkic, Sayap Timnas U-17 Keturunan Jerman-BosniaAmar Brkic, pemain timnas Indonesia U-17 keturunan Jerman-Bosnia (instagram.com/timnas.indonesia)

Bernama lengkap Amar Rayhan Brkic, pesepak bola ini lahir di Frankfurt, Jerman pada 11 Juni 2007. Ayahnya merupakan keturunan Jerman-Bosnia dan saat ini tinggal di Jerman. Sedangkan ibunya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.

Amar Brkic berposisi sebagai sayap kanan maupun sayap kiri dalam skuad Hoffenheim U-17 maupun timnas Indonesia.

2. Tempa diri di akademi Frankfurt

Profil Amar Brkic, Sayap Timnas U-17 Keturunan Jerman-BosniaAmar Brkic, pemain timnas Indonesia U-17 keturunan Jerman-Bosnia yang perkuat Hoffenheim U-17 (instagram.com/timnas.indonesia)

Amar Brkic menimba ilmu pertama kali dengan bergabung ke akademi Rot-Weiss Frankfurt pada musim 2020/21. Sampai musim berakhir, Amar kemudian pindah ke akademi Offenbach pada musim 2021/22. Semusim berikutnya, Amar kembali pindah ke akademi Hoffenheim sebelum akhirnya memperkuat skuad Hoffenheim U-17.

Belum banyak torehan gol maupun prestasi yang diraih pemain dengan tinggi 166 cm ini. Sepanjang kariernya di Hoffenheim U-17, Amar baru berhasil mengemas tiga gol.

Baca Juga: Profil Girona FC, Klub Kejutan yang Puncaki LaLiga 2023/24

3. Debut timnas di Piala Dunia U-17 2023

Profil Amar Brkic, Sayap Timnas U-17 Keturunan Jerman-BosniaAmar Brkic, pemain timnas Indonesia U-17 keturunan Jerman-Bosnia (instagram.com/amar.brc)

Amar Brkic dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-17 dalam ajang Piala Dunia U-17 2023 kali ini. Sayangnya, pada laga perdana melawan Ekuador U-17, Amar hanya menghuni bangku cadangan sepanjang permainan.

Debutnya di timnas baru terjadi pada laga melawan Panama U-17. Dia masuk dalam babak kedua menggantikan Jehan Pahlevi. Masuknya Amar ke lapangan setidaknya membantu permainan timnas lebih aktif. Pergerakannya yang lincah memaksa pemain Panama beradu lari dengannya.

Indonesia U-17 akan melakoni laga fase terakhir melawan Maroko U-17 pada Kamis (16/11). Apakah Amar Brkic mampu memberi kontribusi lebih bagi skuad Garuda Muda? Mari kita nantikan!

Baca Juga: Amar Brkic Tak Diturunkan Lawan Ekuador karena Sakit

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya