Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS Roma

Hanya bela dua klub sepanjang karier

Legenda hidup AS Roma, Daniele De Rossi resmi ditunjuk sebagai pelatih i Giallorossi menggantikan Jose Mourinho yang dipecat pada Selasa (16/1/2024). Pengumuman De Rossi sebagai pelatih baru AS Roma bahkan hanya berselang beberapa jam setelah manajemen memecat Mourinho.

De Rossi akan memimpin skuad asuhannya hingga akhir musim atau Juni 2024 mendatang. Karakter yang berkarisma dan penuh ambisi menjadi alasan kuat manajemen menunjuk mantan gelandang yang belasan tahun membela AS Roma ini.

Berikut rangkuman profil dan perjalanan karier Daniele De Rossi sebagai pemain sepak bola maupun pelatih. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Debut profesional bersama AS Roma sejak 2001

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniele De Rossi (instagram.com/danielderossi)

Daniele De Rossi lahir di Roma, Italia pada 24 Juli 1983. Pemain setinggi 184 cm ini berposisi sebagai gelandang bertahan yang gigih dan penuh ambisi. De Rossi mengawali karier juniornya di Ostia Mare pada 1997 hingga 2000. Kemudian, ia bergabung ke klub kota kelahirannya, AS Roma pada 2000.

Berselang semusim, De Rossi debut profesional bersama AS Roma pada musim 2001/02. Dia tampil di tim utama di bawah asuhan Fabio Capello pada Liga Champions melawan Anderlecht.

Debutnya di Serie A baru terjadi pada musim 2002/03 saat Roma bertemu Como. Tak butuh waktu lama bagi De Rossi untuk meyakinkan pelatih. Dia menjadi pemain reguler yang selalu masuk starting line-up sebagai gelandang bertahan.

Saat itu, De Rossi menjadi salah satu pemain muda Italia yang paling menjanjikan. Dia membantu Roma finis di peringkat kedua Serie A 2003/04 dan final Coppa Italia 2005 serta 2006. Pada 2006, De Rossi juga dipercaya mengenakan ban kapten pertamanya pada laga Piala Eropa melawan Middlesbrough.

2. Jadi pemain kunci di berbagai laga penting AS Roma

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniel De Rossi (transfermarkt.co.id)

Masa-masa keemasan Daniele De Rossi sebagai pemain AS Roma mulai terlihat pada medio 2006-2011. Pada Serie A 2006/07, De Rossi mencetak gol dari jarak 40 yard saat bertemu Fiorentina. 

Pada musim berikutnya, dia juga mencetak gol penentu lewat penalti dengan mengalahkan Inter dan menjadi juara Supercoppa Italiana. De Rossi kembali unjuk taji dengan menjadi pemain kunci saat AS Roma mengalahkan Inter sekali lagi dan membawa pulang gelar Coppa Italia.

Pada musim 2009/10, De Rossi membuat penampilan Serie A ke-200 saat AS Roma bertemu Lazio. Sayangnya, performa AS Roma kurang moncer pada musim 2010/11. Mereka kalah dari Inter pada Supercoppa Italiana, finis di peringkat enam Serie A, dan gagal di semifinal Coppa Italia. Untungnya, De Rossi menerima penghargaan sebagai atlet terbaik Italia.

3. Merasakan diasuh para pelatih yang silih berganti

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniele De Rossi (asroma.com)

Rasanya sulit meragukan loyalitas Daniele De Rossi. Pada Februari 2012, De Rossi menyepakati kontrak baru berdurasi lima tahun dengan AS Roma. Saat itu, De Rossi sempat menjadi pesepak bola Italia dengan bayaran tertinggi di Serie A, yaitu 10 juta euro per tahun.

De Rossi juga merasakan diasuh oleh sejumlah pelatih yang menukangi i Giallorossi. Pada musim 2011/12, De Rossi mengemas 32 penampilan dengan 4 gol dan 3 assist di bawah kepemimpinan Luis Enrique.

Musim berikutnya, penampilan De Rossi cukup menurun saat berada di bawah asuhan Zdenek Zeman. De Rossi hanya tampil di 25 laga Serie A dan tanpa gol. Dia juga mendapat kritik dari Zeman dan menyebabkan performanya menurun. Namun saat kedatangan Aurelio Andreazzoli, De Rossi kembali bermain reguler, meski belum mengemas gol satu pun.

Pada musim 2013/14, performa De Rossi kembali meningkat setelah diasuh manajer Rudi Garcia. Mereka memenangkan 10 pertandingan Serie A pertama. Lalu pada 17 Oktober 2015, De Rossi membuat penampilan ke-500 untuk AS Roma di semua kompetisi.

Pada musim 2017/18, De Rossi dipercaya sebagai pewaris ban kapten usai Francesco Totti mengumumkan pensiun dari sepak bola. Di masa-masa akhirnya bersama Roma, De Rossi berhasil membawa AS Roma melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya.

Pada 14 Mei 2019, AS Roma mengumumkan tidak akan memperpanjang kontrak De Rossi. Dia memutuskan untuk meninggalkan klub pada akhir musim 2018/19 atau setelah berkarier 18 musim bersama AS Roma.

De Rossi tampil untuk terakhir kalinya bersama AS Roma saat menang atas Parma pada 26 Mei 2019. Pertandingan tersebut menjadi penampilan ke-616 De Rossi di AS Roma untuk semua kompetisi.

4. Habiskan karier di Boca Juniors

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniele De Rossi (transfermarkt.co.id)

Setelah mengakhiri perjalanan panjang bersama i Giallorossi, Daniele De Rossi memutuskan bergabung ke klub Argentina, Boca Juniors pada 26 Juli 2019 dengan kontrak satu tahun. Dia debut bersama Boca Juniors pada 13 Agustus 2019 saat melawan Club Almagro di Copa Argentina.

Selama semusim di Boca Juniors, De Rossi hanya tampil dalam tujuh laga dan mengemas satu gol. Pada 6 Januari 2020, Daniele De Rossi mengumumkan pensiun dari sepak bola profesional dan mengakhiri kariernya di Boca Juniors.

Baca Juga: Resmi! Daniele De Rossi Bakal Tinggalkan AS Roma di Akhir Musim

5. Mulai karier kepelatihan

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniele De Rossi (instagram.com/danielderossi)

Daniele De Rossi rasanya tidak mau jauh-jauh dari sepak bola. Selepas pensiun sebagai pemain, De Rossi berniat untuk menjadi pelatih. Dia dikaitkan dengan beberapa lowongan di kursi manajerial Serie A pada 2020-2021.

Pada Desember 2020, De Rossi menjalani kursus lisensi UEFA A. Lalu pada Maret 2021, De Rossi resmi menjadi asisten pelatih Roberto Mancini yang melatih timnas Italia. Hasilnya, timnas Italia berhasil membawa pulang trofi Euro 2020 setelah menang penalti atas Inggris.

Dia meninggalkan kursi asisten timnas Italia dan bergabung sebagai pelatih teknis timnas muda Italia, mulai dari skuad U-15 hingga U-20. Pada Januari 2022, De Rossi kembali menjadi asisten Roberto Mancini untuk menukangi timnas Italia pada babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada Oktober 2022, De Rossi kembali melanjutkan karier pelatihnya dengan mengasuh skuad klub Serie B, SPAL. Namun berselang empat bulan, De Rossi dipecat dengan meninggalkan SPAL di posisi ke-18 klasemen Serie B.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia Terakhir AS Roma sebelum Daniele De Rossi

6. Ditunjuk jadi pelatih AS Roma gantikan Mourinho

Profil Daniele De Rossi, Legenda yang Kini Tukangi AS RomaDaniele De Rossi (asroma.com)

Pada 16 Januari 2024, AS Roma mengumumkan penunjukan Daniele De Rossi sebagai pelatih baru. De Rossi ditunjuk sebagai pelatih AS Roma hingga akhir musim 2023/24. Dia menggantikan pelatih sebelumnya, Jose Mourinho, yang diberhentikan AS Roma beberapa jam sebelum pengumuman dirinya sebagai pelatih baru.

Itulah profil Daniele De Rossi, legenda hidup AS Roma yang kini dipercaya memimpin skuad Lorenzo Pellegrini cs hingga akhir musim ini.

Baca Juga: AS Roma Tunjuk Daniele De Rossi Jadi Suksesor Jose Mourinho

Topik:

  • Yunisda Dwi Saputri
  • Yogama Wisnu Oktyandito

Berita Terkini Lainnya