Comscore Tracker

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022

Tampil cemerlang di Piala Dunia 2022 Qatar

Lucas Paqueta merupakan pesepak bola asal Brasil yang berposisi sebagai gelandang serang. Paqueta bermain untuk West Ham United dan untuk pertama kalinya debut sebagai pemain timnas Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebagai pemain yang baru pertama kali mencicipi piala dunia, performa Paqueta bisa dibilang bagus. Ia sukses memantapkan kemenangan Brasil atas Korea Selatan pada partai 16 besar dengan mencetak satu gol, sehingga skor akhir menjadi 4-1.

Meski begitu, karier sepak bola profesional Lucas Paqueta tidak semulus itu. Ia sempat struggling dengan performanya di AC Milan pada tahun 2019. Mau tahu lebih jauh tentang gelandang Brasil ini? Simak profil lengkapnya pada artikel ini!

1. Profil Lucas Paqueta

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022Instagram.com/lucaspaqueta

Lucas Paqueta memiliki nama lengkap Lucas Tolentino Coelho de Lima. 'Paqueta' berasal dari nama kota di Rio de Janeiro, Brasil dengan nama Paqueta. Ia lahir di Rio, 27 Agustus 1997. Saat ini, Paqueta bermain untuk West Ham United sebagai gelandang.

Pemain dengan tinggi 180 cm ini merupakan penggemar berat funk carioca, jenis musik dan tarian yang berkembang di Brasil. Funk carioca merupakan perpaduan antara musik funk, rap bass Miami, dan rap gangsta. Bahkan, terkadang Paqueta menirukan tarian funk tersebut saat melakukan selebrasi gol.

2. Karier klub sepak bola: sempat anjlok di AC Milan

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022Paqueta selebrasi (Instagram.com/lucaspaqueta)

Tim junior Flamengo (2007-2016)

Lucas Paqueta memulai karier sebagai pesepak bola pada tahun 2007, yaitu bergabung dengan tim muda Flamengo. Saat itu, usianya baru 10 tahun. Kemampuannya bermain sepak bola makin meningkat saat Paqueta berusia 15 tahun atau sekitar tahun 2012. Namun, secara fisik Paqueta bisa dibilang tidak setinggi pemain seusianya, yaitu hanya 5 kaki.

Meski begitu, Paqueta bersama rekan setimnya di tim junior Flamengo berhasil menjuarai Copa Sao Paulo de Juniores pada tahun 2016. Alhasil, ia dipromosikan ke tim utama Flamengo.

Tim utama Flamengo (2016-2019)

Lucas Paqueta menandatangani kontrak profesionalnya bersama Flamengo pada Maret 2016 hingga opsi perpanjangan kontrak hingga 2020. Ia melakukan debutnya sebagai starter pada pertandingan melawan Bangu dalam lanjutan Rio de Janeiro State League tahun 2016. Ia berhasil mencetak gol profesional pertamanya pada 19 Februari 2017 saat Flamengo mengalahkan Madureira dengan skor 4-0.

Karier Lucas Paqueta di Flamengo disempurnakan dengan penghargaan Campeonato Carioca yang ia terima pada tahun 2018, yaitu sebagai pemain sayap kiri terbaik. Saat itu, Paqueta sudah dilirik oleh beberapa klub besar Eropa, seperti Paris Saint-Germain, Manchester City, dan AC Milan. Namun, pada akhirnya Paqueta memilih berlabuh ke AC Milan.

AC Milan (2019-2020)

Sejak Oktober 2018, santer terdengar berita tentang kesepakatan antara AC Milan dan Flamengo untuk transfer Lucas Paqueta, yaitu dengan nilai 35 juta euro. Baru pada 4 Januari 2019, AC Milan resmi mengumumkan Paqueta sebagai pemain barunya dengan durasi kontrak 5 tahun.

Sayangnya, karier Paqueta di AC Milan justru kurang cemerlang dan tidak memiliki performa baik. Sepanjang bermain bersama AC Milan, ia hanya bermain sebanyak 37 kali di liga dan 6 kali di kompetisi klub.

Cafu, mantan bek AS Roma, berpendapat bahwa penyebab Paqueta tampil buruk di AC Milan adalah karena ia terlalu muda dan tim terlalu banyak memberi tanggung jawab kepadanya.

Olympique Lyonnais (Lyon) (2020-2022)

Performanya yang buruk selama kurang lebih satu setengah musim di AC Milan membuat klub memilih menjualnya ke klub lain. Akhirnya, pada September 2020 klub Prancis, Olympique Lyonnais (Lyon) mengumumkan kedatangan Paqueta sebagai pemain barunya. Paqueta menandatangani kontrak lima tahun sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp348 miliar.

Karier Paqueta bersama Lyon bisa dibilang sangat berkembang dibanding kariernya di AC Milan. Pada musim 2021-2022, ia menyabet penghargaan sebagai pemain asing terbaik di Ligue 1. Saat itu, ia bersaing dengan nama-nama Marquinhos, Lens Fofana, dan Jonathan David.

Lagi-lagi, performa yang melejit selama dua musim di Lyon membuat Paqueta dilirik oleh beberapa klub Eropa, salah satunya West Ham United.

West Ham United

Lucas Paqueta akhirnya pada 29 Agustus 2022 resmi berseragam West Ham United dengan nomor punggung 11. Paqueta menandatangani kontrak selama lima tahun dengan biaya transfer yang dirahasiakan oleh klub. Namun, jurnalis BBC memperkirakan lebih dari 50 juta euro.

Ia melakukan debutnya di Liga Inggris pada 31 Agustus 2022 saat West Ham bersua Tottenham Hotspur dengan hasil akhir 1-1.

3. Pemain termahal sepanjang sejarah West Ham United

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022Lucas Paqueta pemain baru West Ham United (twitter.com/WestHam)

Kabar transfer Lucas Paqueta disebut-sebut menjadi yang paling termahal sepanjang sejarah West Ham United. Hal itu pun dikonfirmasi langsung oleh pihak The Hammers, julukan West Ham.

Paqueta disebut memecahkan rekor transfer dan menjadi pemain termahal sepanjang sejarah klub asal London tersebut. Namun, pihak klub masih merahasiakan nominal spesifiknya.

Lantas beberapa pihak menduga-duga berapa dana yang digelontorkan West Ham untuk memboyong Paqueta. The Athletic memperkirakan biaya transfer sebesar 60 uta euro. Sedangkan BBC memperkirakan West Ham mengeluarkan dana lebih dari 50 juta euro untuk memiliki Lucas Paqueta.

4. Karier internasional sejak tahun 2016

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022potret Lucas Paquetá bersama Brasil (acmilaninfo.com)

Brasil U20

Karier internasional Lucas Paqueta dimulai pada tahun 2016, yaitu saat dirinya dipanggil pertama kali untuk memperkuat skuad Brasil U20 dalam pertandingan persahabatan. Ia berhasil mencetak gol pertamanya saat Brasil U20 bertemu Inggris U20 dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Brasil.

Lalu, Paqueta kembali dipanggil untuk mengikuti kejuaraan Quadrangular de Seleções pada Oktober 2016.

Brasil U23

Penampilannya yang bagus membuat Paqueta langsung dipanggil untuk berlatih bersama Brasil U23 pada persiapan Olimpiade Musim Panas 2016. Padahal saat itu usianya masih 18 tahun.

Baru pada Maret 2020, ia resmi dipanggil untuk menjalani laga bersama tim nasional Brasil U23.

Tim senior Brasil

Mulanya, Paqueta dipilih oleh Tite, pelatih tim senior Brasil sebagai 1 dari 12 pemain alternatif untuk Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu, Lucas termasuk yang paling muda usianya.

Lalu, Paqueta untuk pertama kalinya dipanggil ke timnas Brasil pada 17 Agustus 2018. Saat itu, ia diminta oleh Tite untuk bermain pada pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat dan El Savador.

Laga debutnya terjadi pada 7 September 2018, yaitu saat Brasil bertemu Amerika Serikat. Lucas Paqueta mencetak gol pertamanya untuk timnas senior Brasil pada 23 Maret 2019, tepatnya saat Brasil imbang 1-1 melawan Panama.

Semenjak itu, Paqueta terus dipanggil untuk memperkuat skuad senior Brasil, yaitu pada Copa America 2019, Copa America 2021, dan yang terakhir Piala Dunia 2022.

5. Hampir gagal debut di Piala Dunia 2022 karena cedera

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022Pesepak bola Brazil Lucas Paqueta (kiri) melakukan selebrasi dengan rekannya Neymar setelah berhasil mencetak gol pertama untuk tim nya saat melawan Peru dalam laga semi final Copa America 2021, di Stadion Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brazil , Senin (5/7/2021). Barzil melaju ke babak final setelah mengalahkan Peru 1-0, ANTARA FOTO/Reuters-Amanda Perobelli.

Pada bulan Oktober 2022, Lucas Paqueta mengalami cedera bahu cukup serius dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-10. Saat itu, West Ham bersua dengan Southampton.

David Moyes, pelatih West Ham, ketika itu mengatakan kalau cedera yang dialami Paqueta tidak bisa diprediksi akan berlangsung berapa lama. Bahkan, Paqueta juga hampir dipastikan tidak akan ikut ke Qatar untuk bermain di Piala Dunia.

Beruntungnya, Paqueta bisa melakukan recovery dengan cepat. Akhirnya pada 7 November 2022, Brasil mengumumkan skuad resmi untuk Piala Dunia 2022 dan ada nama Lucas Paqueta.

Baca Juga: Profil Sergio Busquets, Gelandang Senior Spanyol Sejak 2009

6. Jadi gelandang andalan Brasil di Piala Dunia 2022

Profil Lucas Paqueta, Gelandang Brasil yang Debut di Piala Dunia 2022Lucas Paqueta (www.whufc.com)

Lucas Paqueta selama Piala Dunia 2022 bermain cukup baik. Pada partai 16 besar, Brasil sukses menyingkirkan Korea Selatan dengan skor 4-1. Lucas Paqueta sukses mencetak gol pemungkas pada menit 36 dan memantapkan kemenangan Brasil atas Korea Selatan.

Paqueta dipercaya oleh Tite sebagai gelandang serang yang fleksibel bermain di sisi kanan, tengah, dan kiri lapangan. Selain membantu penyerangan, Paqueta juga bertugas untuk menyuplai umpan-umpan ke penyerang Brasil, seperti Richarlison dan Neymar Jr.

Nah, sekian tadi profil lengkap Lucas Paqueta, gelandang timnas Brasil di Piala Dunia 2022 yang juga bermain di West Ham United. Patut dinantikan performanya selama di ajang bergengsi tersebut.

Baca Juga: Profil Hakim Ziyech, Gelandang Chelsea yang Jadi Bintang Timnas Maroko

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya