Comscore Tracker

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!

Ternyata banyak kebohongan publik juga di dunia ponsel

Berbagai macam ponsel telah beredar di jaman sekarang. Dari yang sangat mahal hingga paling murah, dari yang berkualitas tinggi hingga rendah. Semua itu tidak menjadi masalah karena setiap konsumen memiliki selera dan kemampuan pembelian yang berbeda-beda. Yang jadi permasalahan adalah adanya kehadiran ponsel-ponsel palsu yang sering kali menipu orang.

Ponsel-ponsel macam ini memiliki penampilan yang serupa dengan aslinya, namun punya konten yang berbeda serta performa yang jauh lebih rendah dari aslinya. Seringkali ponsel macam ini digunakan untuk orang yang mana sang pembeli ditawari dengan harga sama dengan yang asli.

Permasalahannya juga adalah pembeli tidak cukup jeli atau tidak mengetahui hal-hal yang bisa membedakan apakah itu palsu atau tidak. Untuk membantu permasalahan itu, IDN Times memberitahukan hal-hal apa saja yang perlu untuk diperhatikan. Semoga saja ini dapat membantu kalian agar tidak mudah tertipu.

1. Perhatikan harganya

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!Lazada

Harga yang murah sangat menggiurkan, namun jika harga tersebut terlalu jauh di bawah harga pasar, kamu harus mewaspadainya. Bisa jadi itu barang palsu atau barang bekas.

2. Cek segel atau tidaknya

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!ukgoodbye.co.uk

Ini hal paling mudah yang bisa diperhatikan untuk pertama kali. Sebisa mungkin carilah smartphone baru yang masih segel. Kotak yang sudah tidak disegel memiliki kemungkinan barang di dalamnya telah ditukar.

3. Cek serial number-nya

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!tekrevue.com

Serial number umumnya terletak di belakang kotak. Masukkan di website resmi smartphone yang kamu beli dengan kata kunci check serial number.

Jika nomer tersebut telah digunakan, tidak valid atau tidak terdaftar, kemungkinan besar barangmu tersebut itu palsu. Cek pula apakah serial number di kotaknya sama dengan yang ada di smartphone-nya.

4. Cek konten di dalam kotak

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!youtube.com Tim Schofield

Barang palsu memiliki perbedaan kecil dalam hal warna dan terkadang isi. Bandingkan dengan isi kotak yang dipamerkan di website resmi atau orang-orang yang sudah melakukan unboxing. Jika ada yang berbeda, kamu harus menyelidikinya.

Baca Juga: Sering Diabaikan, 6 Hal Ini Perlu Diketahui Sebelum Membeli Smartphone

5. Perhatikan toko yang menjual

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!myaccount.news.com.au

Jika kamu membeli di toko resmi, atau paling tidak dealer resmi, sudah jelas barang yang kamu dapatkan akan asli. Tetapi jika itu di toko-toko kecil atau online, perhatikan reputasi penjualnya. Apakah review-nya bagus atau banyak yang jelek? Apakah mereka sempat terkena masalah penipuan atau tidak?

6. Perhatikan detail-detail ponsel itu

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!en.made-in-china.com

Sekilas smartphone palsu memang mirip dengan yang asli, akan tetapi sebenarnya banyak perbedaan yang terletak pada detail-detailnya. Sebagai contoh warna ponsel hingga namanya. Di zaman populernya Nokia serta Blackberry, kamu bisa mendapatkan ponsel bernama Nokia dan Blackborry yang mana sangat menipu jika kamu terburu-buru dalam mengambilnya.

7. Perhatikan kualitas material

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!youtube.com XEETECHCARE

Smartphone palsu pintar meniru detail-detailnya, tapi mereka tidak akan mampu meniru kualitasnya. Rasakan dengan baik apakah smartphone-mu itu materialnya berkualitas sesuai yang dituliskan di website resminya. Jika perlu kamu bisa membandingkannya dengan milik orang lain yang smartphone-nya sama dan setipe.

8. Gunakan aplikasi

Jangan Tertipu Ponsel Palsu, Coba Cek 8 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli!forums.oneplus.com

Salah satu aplikasinya bernama AnTuTu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa diberikan banyak detail terkait ponsel yang kamu gunakan. Silakan dicoba untuk melihat apakah benar ponsel yang kamu miliki itu asli atau tidak.

Sebelum membeli, selalu lakukan riset yang mendetail terlebih dahulu terkait barang yang akan kamu beli. Seperti apa saja isi kotak dan lainnya. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah tertipu oleh penjual-penjual yang berniat jahat.

Baca Juga: Dana Terbatas, 5 Alasan Cerdas Kenapa Sebaiknya Kamu Beli Smartphone Bekas

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You