Comscore Tracker

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flip

Review positif HP ini adalah bagus untuk detoks digital

Di balik keramaian Samsung dan Motorola yang sedang berlomba-lomba membuat inovasi baru HP lipat, ternyata ada satu perusahaan yang diam-diam “menyelinap” ke dalam permainan. Kamu pasti mengenalnya sebagai perusahaan lama: Nokia.

Yep, Nokia juga turut mengeluarkan HP lipat, hanya saja tak seberapa dilirik orang karena tertutup oleh pemberitaan persaingan kedua perusahaan raksasa lain tersebut. Padahal produk itu sudah diluncurkan sejak 2019.

Namun berbeda seperti HP lipat yang kamu bayangkan, teknologi yang diberi nama seri 2720 ini menggunakan teknologi lama yang diperbarui. Seperti apakah HP ini?

1. Nokia 2720 adalah HP retro di masa kini

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Fliptheverge.com

Jangan mengharapkan teknologi HP lipat Nokia ini seperti Samsung Galaxy Fold atau Motorola Razr terbaru. Seperti pada produk-produk lain miliknya, Nokia terus mempertahankan desain retro yang ada bahkan untuk HP barunya ini. Di Nokia 2720 Flip ini, kamu akan diperkenalkan kembali dengan HP lipat yang beredar di era 2000-an, tetapi telah diperbarui sehingga memiliki aplikasi seperti WhatsApp hingga YouTube.

2. Layarnya sangat kecil sehingga hanya cocok untuk berkirim pesan

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flipphonearena.com

Walaupun ada YouTube, tetapi dipastikan kamu tidak akan membuka aplikasi tersebut. Alasannya mudah: layarnya terlalu kecil untuk kamu lihat. Ukurannya hanya 2,8 inci dan kamu pun masih harus menggunakan keyboard T9, sistem keyboard lama yang membuatmu harus memencet beberapa kali untuk mendapatkan huruf yang kamu inginkan.

3. Prosesor kecil yang dilengkapi kamera tidak canggih

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Fliptechbuzzireland.com

Jika layarnya seperti ini, maka jangan pula berharap pada kameranya. Nokia 2720 Flip dipasangkan kamera belakang 2MP saja tanpa kamera depan atau selfie kamera.

Untuk di depan layar 2720, hasilnya cukup memuaskan, tapi tidak diketahui lagi jika dipindah ke HP zaman sekarang. Untuk prosesornya, yang digunakan adalah Snapdragon 205 dengan sistem operasi KaiOS.

Baca Juga: 5 Smartphone Nokia 2019 yang Masih Layak Pakai Hingga 2020!

4. Bahkan ROM-nya saja hanya 512MB dan masih menggunakan baterai copot

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flipandroidpit.com

Iya, itu ukuran penyimpanan data yang bisa kamu dapatkan: 512MB. Jelas dengan ukuran itu kamu tidak akan bisa menyimpan foto-foto bagus ataupun video. Jangan pula menyimpan lagu zaman sekarang.

Jika ingin lebih menggeleng-gelengkan kepala, ketahuilah Nokia 2720 menggunakan baterai lepas. Saat memasang kartumu, kamu akan melepas baterainya terlebih dahulu. Ukuran baterainya pun hanya 1.500mAh, tapi sepertinya itu sudah lebih dari cukup mengingat kamu tak akan lebih menggunakan selain untuk berpesan.

5. WhatsApp berfungsi dengan baik. Hanya saja...

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flipphonearena.com

Tidak perlu khawatir dengan berkirim pesan. WhatsApp telah diuji dan berjalan dengan baik. Chat grup WhatsApp berjalan normal tanpa alasan dan sudah dikembangkan untuk bisa menggunakan keyboard T9. Namun, ada kata tetapinya: itu pun kalau kamu sabar mengetik.

Menggunakan keyboard T9, The Verge menulis penilaiannya sebagai “pengalaman yang membuat frustrasi.” Selain susah mengetik, pesan yang akan kamu lihat juga terbatas. Sangat pendek dan terpotong-potong. Kamu perlu scrolling ke bawah terlebih dahulu untuk membaca keseluruhan pesan.

6. Namun Nokia 2720 Flip bisa kamu gunakan untuk mengatasi kecanduan gawai

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flipthestar.com.my

Melihat dari berbagai review dan unboxing, tak ada satu pun yang mengatakan jika 2720 Flip merupakan HP yang memuaskan. Tetapi ada satu hal yang diakui berguna dari produk Nokia ini, yaitu kemampuannya untuk detoks digital.

Lewat HP ini, kamu bisa mengurangi waktumu di depan smartphone dan berfokus melakukan hal lain karena ketidaknyamanan tersebut. Jadi bisa dibilang Nokia 2720 flip memberikan batasan yang kamu perlukan di zaman sekarang.

7. HP gimmick yang sangat tepat di 2020

Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flipsiaminsight.com

Sekali lihat pun kamu sudah bisa mengetahui 2720 Flip hanyalah produk gimmick dari Nokia untuk meramaikan tren yang ada dan memunculkan nama Nokia di pasar smartphone. The Verge memberikan nilai HP ini enam dari sepuluh. Namun perilisannya sangat tepat mengingat dimunculkan saat orang-orang ramai membicarakan flip phone dan isu kecanduan gadget.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menggunakan HP jadul sekaligus mengurangi kecanduan gadget, Nokia 2720 Flip akan menjadi alternatif menarik untuk dimiliki. Perlu diingat saja untuk tidak menaruhnya di sembarang tepat karena jika tidak berhati-hati dan tak sengaja mendudukinya, kamu akan menemui HP-mu ini menjadi dua. Percayalah, ini pengalaman yang sudah pernah kami rasakan.

Mungkin agak berlebihan bagi Nokia memberikan HP ini dengan harga berkisar Rp500 ribu. Namun jika kamu benar-benar ingin menghindari dunia digital, harga itu akan bisa dirasa pas mengingat kamu juga bisa sekilas merasakan memegang HP lipat. Toh jika membandingkannya dengan Samsung Galaxy Fold dan Motorola razr terbaru, harga tersebut tidak ada apa-apanya. 

Baca Juga: 5 Smartphone Nokia & Samsung Rp1 Jutaan, Layak Beli! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya