Comscore Tracker

Menebak HP yang Digunakan oleh Pak Basuki Menteri PUPR

Nada dering Nokia jadul terdengar dari HP Pak Basuki

Sebagai seorang menteri, tentu kita berekspektasi bahwa Pak Basuki memiliki gadget keluaran terbaru yang up to date. Asumsi tersebut bukan tanpa alasan. Bagi seorang Menteri PUPR, tentu membeli smartphone flagship keluaran terbaru bukan hal yang susah. Namun dunia Twitter dihebohkan oleh nada dering HP pak Bas yang ternyata adalah nada dering Nokia jadul. 

https://www.youtube.com/embed/YJnmpHAKtEI

Memangnya apa sih HP Pak Basuki? Apakah benar ia masih menggunakan HP Nokia jadul sampai sekarang? Yuk simak ulasannya!

Nada dering Nokia yang melegenda

Tak bisa dimungkiri bahwa Nokia pernah jadi bagian sejarah perkembangan HP di dunia. Produsen HP asal Finlandia tersebut terkenal akan build quality yang kuat dari semua HP yang mereka produksi. Tak heran jika banyak orang di seluruh dunia kemudian menggunakan Nokia sebagai daily driver mereka.

Nah salah satu yang paling teringat di kepala adalah nada dering klasik milik Nokia. Ketika ada suara nada dering tersebut berbunyi, semua (generasi 90-an) pasti tahu kalau suara tersebut berasal dari HP Nokia. Termasuk nada dering dari HP Pak Basuki yang viral pada Rabu (26/10/2022) tadi. Nada dering tersebut berjudul "Nokia Tune" tersebut mulai ramai digunakan pada HP Nokia yang sudah mengusung sistem audio polyphonic.

Baca Juga: Daftar 7 HP Nokia Terbaik dan Termurah Tahun 2022

Sempat terlihat menggunakan Nokia 216

Menebak HP yang Digunakan oleh Pak Basuki Menteri PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono dan PM Belanda Mark Rutte (Instagram/@Kemenpupr)

Kalau hendak menebak HP milik Pak Basuki, tentu kita harus melihat postingan akun Instagram PUPR pada Oktober 2019 silam. Pada postingan tersebut terlihat Pak Bas bersama dengan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, memamerkan HP yang mereka gunakan. Keduanya menggunakan HP Nokia yang terlihat jadul.

HP yang digunakan Pak Bas terlihat seperti Nokia 216. HP tersebut termasuk dalam kategori feature phone, yaitu HP yang sudah canggih dan modern, namun belum termasuk kategori smartphone. Biasanya feature phone satu memiliki keunggulan yang jadi nilai jualnya. Bisa jadi suara yang dihasilkan, baterai, atau layarnya.

Nokia 216 bukan HP jadul

Menebak HP yang Digunakan oleh Pak Basuki Menteri PUPRNokia 216 (dok. Nokia International)

Melansir situs Nokia internasional, Nokia 216 merupakan HP keluaran 2016 yang sudah terkoneksi Internet dan menggunakan teknologi dual SIM. Kelebihan lain dari HP ini adalah memiliki layar 2,4 inci yang sudah berteknologi layar QVGA. 

Selain itu HP ini memiliki kamera selfie dan kamera belakang yang dilengkapi dengan LED Flash. Meski begitu, jangan harap kualitas kameranya sebagus kamera smartphone pada umumnya, ya.

Kelebihan lainnya adalah baterai berkapasitas 1020 mAh yang terpasang pada Nokia 216. Dengan kapasitas tersebut, kita bisa puas menelpon selama 18 jam non stop! Kalau cuma stand by mode doang sih baterainya awet sampai 19 hari. Jauh beda dengan smartphone yang kita pakai sehari-hari. Oh iya, baterainya bisa dicopot. Jadi kalau baterai mulai bermasalah, tinggal ganti aja.

Bagi orang-orang yang tak memerlukan fitur-fitur smartphone, membeli feature phone seperti Nokia 216 di atas bisa jadi opsi. Kalau kebutuhannya cuma SMS, telpon, browsing ringan, atau WhatsApp-an, tentu Nokia 216 adalah pilihan yang masuk akal. Kalau kamu tertarik, kamu bisa membeli Nokia 216 dengan harga di kisaran Rp200.000-an. Siapa tahu ingin HP yang mirip dengan punya Pak Bas.

Baca Juga: 7 HP Nokia Jadul Paling Laris Sepanjang Masa, Kamu Punya?

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya