Comscore Tracker

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Meluncur, Ini Spek dan Harganya!

Android baru, chip Google Tensor baru

Pada Google I/O 2022 yang berlangsung Mei 2022 kemarin, Google mengumumkan akan meluncurkan smartphone Google Pixel terbarunya. Dengan perhelatan Made by Google pada Kamis (6/10), Google menepati janjinya dengan meluncurkan Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

Dengan mengusung chipset Google Tensor G2 terbaru, Google menjamin Pixel 7 dan Pixel 7 Pro mengantarkan performa sistem dan kamera terbaik di kelasnya. Jadi, apa saja yang ditawarkan oleh Pixel 7 dan Pixel 7 Pro? Mari simak!

1. Dibekali Tensor G2 dan Titan M2

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Meluncur, Ini Spek dan Harganya!Google Tensor G2 di Google Pixel 7 dan Google Pixel 7 Pro (store.google.com)

Selain datang dengan Android 13, highlight utama Pixel 7 dan Pixel 7 Pro adalah keduanya dibekali dengan chipset teranyar Google, Google Tensor G2. Dengan chipset ini, Google menjamin kinerja dan efisiensi Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

Bukan hanya Tensor G2, Google juga menyisipkan prosesor lain ke dalam Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Untuk menjamin keamanan Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, Google memperkenalkan prosesor Titan M2.

2. Layar memanjakan mata

Untuk Pixel 7, Google membentangkan layar OLED 6,3 inci yang dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Mendukung HDR dan Always-on, layar Pixel 7 memiliki resolusi 1080x2400 (FHD+) dengan refresh rate 90Hz, kecerahan maksimum 1.500 nits, dan bisa mendeteksi 16 juta warna dengan kedalaman 24-bit.

Terlindung juga dengan Gorilla Glass Victus, layar LTPO OLED Pixel 7 Pro lebih luas 6,7 inci dengan resolusi yang juga lebih jernih, yaitu 1440x3120 (QHD+), dan dukungan 16 juta warna. Juga mendukung HDR dan Always-on, layar Pixel 7 Pro jauh lebih halus dengan refresh rate 120Hz.

Selain memanjakan mata, layar Pixel 7 dan Pixel 7 Pro bertugas sebagai perisai biometrik para penggunanya. Google menyematkan sensor sidik jari bawah layar (under display) Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

3. Kamera tajam kaya fitur

Untuk kamera belakang, Google membekali Pixel 7 dengan dua lensa kamera utama. Selain sensor laser detect auto focus, hingga OIS dan EIS, Pixel 7 memiliki kamera belakang dengan formasi:

  • Wide: 50MP Octa PD Quad Bayer, lebar pixel 1,2μm, ukuran sensor 1/1,31", ƒ/1,85, 82° FOV, Super Res Zoom hingga 8x.
  • Ultrawide: 12MP, lebar pixel 1,25μm, ƒ/2,2, 114° FOV, dan koreksi lensa

Beberapa fitur yang didukung oleh kamera Pixel 7 adalah:

  • Super Res Zoom hingga 8x (kualitas optik mirip dengan 2x lensa telefoto). Di 2x zoom, gambar yang dihasilkan setara 12,5MP.
  • Photo Unblur di Google Photos menggunakan machine learning untuk menjernihkan foto yang buram dan penuh noise, bahkan foto yang lama sekali pun.
  • Magic Eraser untuk menghapus objek yang tak diinginkan dalam frame.
  • Selain 4K@60fps, HDR 10-bit untuk video yang lebih terang dan berwarna.
  • Cinematic Blur membuat tangkapan video bak film.
  • Real Tone untuk membuat nada warna kulit lebih jernih di segala kondisi, termasuk Night Sight.
  • Night Sight hanya butuh setengah dari waktu paparan normal untuk menghasilkan gambar di skenario redup cahaya yang lebih tajam

Selain itu, Pixel 7 juga memiliki kamera depan fixed focus setajam 10,8MP dengan lebar pixel 1,22μm, ƒ/2.2, dan 92.8° FOV. Kamera depan ini dilengkapi dengan fitur Guided Frame. Dengan panduan suara dan getaran haptic, Pixel 7 dan 7 Pro memudahkan penyandang disablitas netra untuk mengambil swafoto.

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Meluncur, Ini Spek dan Harganya!Google Pixel 7 dan Google Pixel 7 Pro (store.google.com)

Kamera Pixel 7 Pro juga dilengkapi dengan sensor LDAF dan OIS serta EIS (terutama di lensa Wide dan Telefoto). Namun, Berbeda dengan Pixel 7, Pixel 7 Pro diberikan tiga kamera belakang dengan formasi:

  • Wide: 50 MP Octa PD Quad Bayer, lebar pixel 1,2μm, ƒ/1,85, 82° FOV, dan ukuran sensor 1/1,31".
  • Ultrawide: 12 MP dengan AF, lebar pixel 1,25μm, ƒ/2,2, 125,8° FOV, dan koreksi lensa
  • Telefoto: 48 MP Quad Bayer PD, lebar pixel 0,7μm, ƒ/3,5, 20,6° FOV, optical zoom hingga 5x, dan Super Res Zoom hingga 30x

Fitur-fiturnya pun serupa. Hanya saja, Pixel 7 Pro bisa mengambil Super Res Zoom hingga 30x, dan hasilnya setara dengan lensa telefoto 10x di HP lainnya. Selain itu, fitur Macro Focus memberikan hasil foto HDR+ dari jarak lensa ke objek hanya 3cm saja. Cocok untuk memfoto tetesan air hujan hingga kelopak bunga dengan detail dan penuh warna. 

Baca Juga: Baru Rilis, 7 Perbedaan Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

4. Komunikasi lebih lancar dengan Pixel 7 dan Pixel 7 Pro

Dengan Tensor G2, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro lebih cerdas mengenali suara dan bahasa. Salah satu fitur yang didukung adalah transkripsi pesan suara yang cocok jika tak bisa mendengar pesan suara di tengah keramaian atau keheningan. Menjanjikan lebih banyak bahasa, fitur ini tersedia dalam 4 bahasa untuk saat ini, yaitu:

  • Inggris.
  • Prancis.
  • Jepang.
  • Jerman.

Memperbaiki pengalaman audio di Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, Google menawarkan fitur Clear Calling. Datang dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini mengandalkan machine learning untuk menyaring bising sekitar dan meningkatkan suara telepon, terutama di kondisi bising.

Untuk menelepon layanan dan jasa, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro memiliki fitur Direct My Call. Tak perlu repot menghapal semua opsi dan extension, fitur berbasis Google Duplex ini menghadirkan daftar opsi bahkan sebelum disebutkan oleh operator, dan telah mengarahkan 50 juta panggilan. Jadi, lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan layanan.

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Meluncur, Ini Spek dan Harganya!Google Pixel 7 Pro (store.google.com)

Mengetik dengan Google Assistant kini secara otomatis menyarankan emoji yang relevan dengan nada pesan. Bahkan, emoji bisa dicari dengan mengatakan emoji yang diinginkan, terutama jika tidak tahu emoji apa yang dicari. Fitur ini tersedia di bahasa:

  • Inggris.
  • Jerman.
  • Jepang.
  • Prancis.
  • Italia.
  • Spanyol.

Pixel 7 dan Pixel 7 Pro menggunakan RCS, standar industri modern untuk perpesanan sehingga memudahkan pengiriman foto dan video beresolusi tinggi, reaksi emoji, hingga enkripsi.

5. Keamanan Pixel 7 dan Pixel 7 Pro terjamin

Google berjanji untuk terus menjaga keamanan pengguna Pixel. Dengan Tensor G2 dan Titan M2, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro mewujudkan aspek keamanan Google (Private by Design, Secure by Default, dan You're in Control) dan lebih tangguh dari serangan siber oknum yang tak bertanggung jawab.

Tersedia di akhir 2022, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro bisa mengakses VPN by Google One secara cuma-cuma, sehingga aktivitas aplikasi dan peramban tetap aman dari retasan. Selain fitur pemindai sidik jari, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro juga mendukung fitur Face Unlock yang berbasis machine learning, sehingga lebih responsif dan efektif mengenali wajah.

6. Baterai yang lebih awet

Selain kinerja sistem dan fotografi, Tensor G2 diprogram untuk meningkatkan efisiensi baterai Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Padat machine learning, G2 memastikan Pixel 7 dan Pixel 7 Pro tidak memakan banyak daya dan rendah latensi.

Untuk Pixel 7, Google menyematkan baterai sebesar 4.355 mAh dan bisa bertahan hingga 3 hari (dengan Extreme Battery Saver). Dengan colongan USB-C Google 30W dengan USB-PD 3.0 (PPS), fast charging pada Pixel 7 bisa mengisi daya dari 0 ke 50 persen dalam waktu 30 menit saja. Tak lupa, Pixel 7 juga bisa mencas secara nirkabel.

Pixel 7 Pro dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh yang juga bisa tahan hingga 3 hari (dengan Extreme Battery Saver). Dilengkapi dengan fitur fast charging serupa, Pixel 7 Pro juga bisa terisi dari 0 ke 50 persen dalam waktu 30 menit saja, serta mendukung pengisian daya secara wireless.

7. Berapa harganya?

Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Meluncur, Ini Spek dan Harganya!Google Pixel 7, Google Pixel 7 Pro, dan Google Pixel Watch meluncur di Made by Google. (blog.google)

Rangka aluminium Pixel 7 dan Pixel 7 Pro terbuat dari material 100 persen hasil daur ulang. Dengan bagian belakang yang juga dilindungi Gorilla Glass Victus, Google menjamin Pixel 7 dan Pixel 7 Pro telah bersertifikasi IP68 dan tahan di segala kondisi.

Google Pixel 7 hanya dijual secara resmi di AS, Singapura, Jepang, Denmark, Italia, Taiwan, Jerman, Australia, Swedia, India, Inggris, Belanda, Norwegia, Spanyol, Irlandia, dan Prancis. Hadir di toko Google pada 13 Oktober mendatang, pre-order Google Pixel 7 dan Pixle 7 Pro bisa dimulai pada Kamis (6/10). 

Google Pixel 7 (Lemongrass, Snow, dan Obsidian) dipatok seharga:

  • 8GB/128GB: US$599 (Rp9,2 juta)
  • 8GB/256GB: US$699  (Rp10,7 juta)

Sementara, Google Pixel 7 Pro (Hazel, Snow, dan Obsidian) dipatok seharga:

  • 12GB/128GB: US$899 (Rp13,7 juta)
  • 12GB/256GB: US$999 (Rp15,3 juta)
  • 12GB/512GB: US$1.099 (Rp16,8 juta)

Baca Juga: Google Cabut Google Translate dari China, Kenapa?

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya