TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kamera DSLR dan Mirrorless Cuma Rp 5 Jutaan Nih!

Cakep nih buat ngevlog

wirecutter.com

Memilih dan membeli kamera untuk para pemula tergolong cukup susah. Susah karena begitu banyak opsi kamera di mana setiap kameranya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di tiap tipenya. Itu belum membandingkannya dengan merk yang lain. Akan lebih susah lagi jika budget yang dimiliki sangat terbatas.

Di sini ada pilihan kamera-kamera yang dapat dimiliki dengan budget di angka lima jutaan. Itu adalah budget termurah untuk mendapatkan kamera dengan kualitas yang sebanding. Adapun dua tipe dari list ini, yaitu kamera DSLR dan kamera mirrorless.

Perlu diingat bahwa range harga yang disebutkan di list ini adalah harga kamera baru, namun itu tidak bisa dijadikan tolak ukur yang pasti. Harga-harga kamera ini dipengaruhi dari kondisi harga dollar. Permasalahan discontinue juga mampu menaikkan harga barang karena susahnya untuk mencari barang itu. Selalu ada kemungkinan kamu mendapatkan harga di bawah lima juta, tetapi bukan tidak mungkin juga kamu mendapatkan harga di atas itu.

1. Canon Eos M-10 (Rp. 5.100.000)

Berbagai sumber

Eos M-10 adalah kamera mirrorless. Dengan bentuk yang simpel, M-10 tidak susah untuk dibawa ke mana-mana. Belum lagi body-nya sangat ringan, tak mencapai 2 kilogram, bahkan digadang-gadang sebagai kamera mirrorless paling ringan hingga saat ini. Kelebihan dari kamera ini adalah hasil jepretannya yang lebih mumpuni ketimbang kamera poket pada umumnya, namun dia tidak memiliki viewfinder dan sejauh ini tidak ada lensa pro. 

2. Sony Alpha a5100 (Rp. 5.750.000)

Berbagai sumber

Untuk di toko-toko offline, kebanyakan kamu akan ditawari kamera ini jika budget-mu berada di angka lima juta rupiah. Sony Alpha a5100 memiliki sensor gambar yang yang lebih besar daripada rekannnya kamera poket Sony Rx100. Padahal harga kedua kamera tersebut setara.

Belum lagi a5100 juga lebih canggih dalam autofocus. Permasalahannya dari kamera mirrorless ini adalah a5100 tidak punya weather sealed, viewfinder dan fitur 4K yang biasanya terdapat pada a6300 dan a6500. Tapi, hey, siapa yang peduli jika kamu sudah mendapatkan gambar high definition dengan harga segitu? 

3. Nikon 1 J5 (Rp. 5.500.000)

Berbagai sumber

Nikon memang tidak memiliki banyak opsi untuk kamera mirrorless, tetapi jangan remehkan tipe 1 J5 ini. Desainnya yang elegan membuatmu langsung ingin memilikinya, tetapi lebih dari itu J5 mampu menangkap gambar hingga 20 frames per detik.

Belum lagi resolusi yang mencapai 20.8 megapixels serta build-in Wi-fi dan NFC yang berarti kamu bisa langsung mengirim gambar ke smartphone-mu. Karena kamera ini dirilis pada 2015 (termasuk waktu yang lama) ada kemungkinan untuk mencari spare part kamera ini sangatlah susah.

4. Nikon D3300 (Rp. 5.500.000)

Berbagai sumber

Bagi kamu pemula yang ingin belajar mengenai fotografi, kamu bisa mencoba kamera DSLR Nikon D3300. Kamera ini sudah memberikan kualitas gambar yang tergolong baik, setara dengan D3400 dan sangat terjangkau. Dengan harga di angka lima juta rupiah, seharusnya kamu sudah mendapatkan kamera ini dengan lensanya. Daya tahan baterai D3300 memang tidak begitu bagus, namun itu dibalik dengan kualitas flash-nya. 

5. Canon Eos Rebel T6 (Rp. 5.000.000)

Berbagai sumber

Rebel T6 merupakan pilihan alternatif jika kamu tidak menemukan Nikon D3300. Rebel T6 kalah dalam resolusi jika dibandingkan dengan D3300, tetapi dia memiliki fitur autofocus yang lebih sederhana. Selain itu dengan harga di angka lima juta rupiah itu kamu juga sudah mendapatkan lensa 18-55 mm. Itu sudah sangat bagus untuk memulai memotret.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya