TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Oppo Find X2 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra, Mana yang Akan Menang?

Sama-sama perlu rogoh kocek dalam, tapi lebih bagus siapa?

androidauthority.com

Beberapa waktu lalu, dua perusahaan raksasa yang saling sikut-sikutan di bidang teknologi HP yakni Oppo dan Samsung kembali meluncurkan varian HP terbaru mereka. Pada kesempatan kali ini, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy S20 Ultra sebagai andalannya, sementara Oppo hadir bersama Oppo Find X2 Pro sebagai penantang dari S20 Ultra.

Menariknya, kedua hp tersebut sama-sama memiliki fitur teranyar sekaligus tercanggih yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Maka tak heran apabila banyak yang takjub melihat kehebatan HP canggih macam Find X2 Pro dan S20 Ultra, mulai dari prosesornya, besaran RAM, hingga kameranya yang menyaingi DSLR ataupun mirrorless

Kendati begitu, di setiap kompetisi pasti selalu ada pemenang dan pecundangnya. Memang sih kedua hp ini sama-sama canggih, tapi tetap saja di antara mereka berdua ada yang lebih unggul.

Kalau diadu, kira-kira menang siapa ya antara Samsung Galaxy S20 Ultra dengan Oppo Find X2 Pro? Simak ulasan selengkapnya!

1. Desain hp

theverge.com

Pertama-tama, mari kita lihat terlebih dahulu desain dari Samsung Galaxy S20 Ultra maupun Oppo Find X2 Pro. Melansir Android Headlines, kedua hp ini memiliki body belakang yang berbeda.

Body belakang Find X2 Pro menggunakan keramik, sedangkan S20 Ultra dipasang body belakang berupa kaca. Akan tetapi, kedua bahan tersebut sama-sama cukup licin sehingga kamu perlu berhati-hati, jangan sampai jatuh.

Untuk bobot dari kedua hp, Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki bobot yang lebih berat, bahkan jauh lebih berat daripada Oppo Find X2 Pro. Bukan tanpa sebab, ternyata S20 Ultra memiliki kerangka berupa baja tahan karat, kalau Find X2 Pro hanya menggunakan aluminium. Apalagi mengingat kalau baja stainless itu lebih keras dan lebih berat dari aluminium, 

Khusus layar, S20 Ultra juga punya layar yang lebih besar. Kesamaannya adalah keduanya sama-sama didesain memiliki layar yang melengkung. Jika ditotal, maka berat dari Galaxy S20 Ultra mencapai 222 gram, sedangkan Find X2 Pro memiliki berat 207 gram. Apakah berat dari hp menjadi pertimbanganmu dalam membeli sebuah hp?

2. Tampilan

forbes.com

Samsung Galaxy S20 Ultra dan Oppo Find X2 Pro sama-sama memiliki tampilan yang luar biasa, malahan menjadi yang terbaik di kelasnya. Bagaimana tidak, kedua hp ini menggunakan tampilan OLED dengan resolusi QHD +.

Coba lihat spesifikasi tampilan lebih lengkapnya di sini. Find X2 Pro menampilkan layar AMOLED 6,7 inci QHD + (3168 x 1440) dengan refresh rate 120Hz. Kalau Galaxy S20 Ultra, dikemas dalam 6,9 inci QHD + (3200 x 1440) layar Dynamic AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Kedua layar sama-sama mendukung pengindraan sentuh 240Hz, dan keduanya dilindungi oleh Gorilla Glass 6. 

Praktis, tampilan dari Find X2 Pro maupun S20 Ultra sama-sama halus dan sangat responsif. Dengan tampilan seperti itu, niscaya kamu tidak akan pernah mengeluh!

Baca Juga: 7 Fitur Ini Cuma Ada di Samsung Galaxy S20, Bahkan Tidak di iPhone 11

3. Kinerja atau performa

gizmodo.co.uk

Untuk kinerja kamu tidak perlu mempertanyakan keduanya. Menjalankan aplikasi dengan sangat cepat? Bisa. Membuka banyak aplikasi sekaligus untuk bekerja? Bisa.

Bermain game dengan lancar? Jangankan main game biasa, coba kamu cari game dengan size paling besar sekalipun di Play Store, S20 Ultra dan Find X2 Pro tidak akan membuatmu merasakan lemot ketika sedang bermain.

Yap, kedua hp ini memang dikemas dengan hardware dan software terbaru. Apalagi Samsung dan Oppo sama-sama berhasil mengoptimalkannya sebaik mungkin.

Kedua ponsel ini dipicu oleh Snapdragon 865 SoC. Untuk RAM, S20 Ultra dan Find X2 Pro dilengkapi dengan 12GB LPDDR5 RAM, walaupun S20 Ultra juga tersedia dalam 16GB RAM.

4. Baterai

pocketnow.com

Dari segi baterai, S20 Ultra punya kapasitas baterai yang lebih besar daripada Find X2 Pro. S20 Ultra dilengkapi dengan baterai berkekuatan 5.000 mAh, sedangkan Find X2 Pro 'hanya' 4.260 mAh. Kalau dipakai terus, hp ini sama-sama kuat hingga 6 atau 7 jam, tapi bisa lebih kalau tidak dipakai terus seharian. 

Kedua hp sama-sama mendukung fast charging. Hanya saja, Find X2 Pro lebih cepat dalam hal ini, karena menawarkan pengisian daya 65W, dibandingkan dengan pengisian kabel S20 Ultra yang cuma 45W. Tapi tetap saja, kabel yang disediakan untuk S20 Ultra sudah cepat, tidak bisa dibilang lambat.

5. Kamera

techradar.com

Kalau kamu sudah membeli HP Samsung Galaxy S20 Ultra ataupun Oppo Find X2 Pro, maka kamu seolah-olah sudah sekaligus memiliki kamera DSLR maupun mirrorless. Gambar dari sensor utama pada kedua HP sangat bagus, terutama dalam pencahayaan yang baik, dan tentu saja pada siang hari. Kalau sedang dalam kondisi tersebut, kamu bisa menghasilkan gambar yang tajam. 

Tidak hanya sekadar tajam, malah sampai banyak sekali detail yang terlihat dari gambar tersebut dan warnanya juga bagus. Fitur zoom yang tersedia di S20 Ultra mencapai 100x, sementara Find X2 Pro hanya sampai 60x.

Meski demikian, sebenarnya fitur zoom hingga sejauh itu benar-benar tidak berguna. Bagaimana tidak, toh kalau kamu memakai fitur zoom hingga maksimal, pasti hasil gambarnya akan pecah.

6. Audio

trustedreviews.com

Tidak bisa dimungkiri bahwa audio menjadi pendukung tambahan dari visualisasi. Tentunya kamu ingin punya hp yang bagus secara tampilan dan audio dong supaya puas bermain game hingga menonton film. Nah, Find X2 Pro dan S20 Ultra sama-sama punya audio yang bagus, tetapi S20 Ultra masih lebih baik.

Kedua ponsel memiliki satu set speaker stereo. Speaker utama terletak di bagian bawah hp, sedangkan yang kedua berada di atas layar. Speaker di kedua smartphone sangat bagus, meskipun S20 Ultra bisa menghasilkan audio yang sedikit lebih keras daripada punya Find X2 Pro.

Baca Juga: 7 HP Terbaik Alternatif Samsung Galaxy S20 Series yang Tak Kalah Gahar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya