TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Untuk Fotografer, Ini 5 SD Card Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Karena SD card itu krusial banget dalam sebuah kamera

blog.jeffcable.com

SD card menjadi salah satu aspek penting dari sebuah kamera. Bagaimana tidak, jika tidak ada kartu SD di dalam kamera kamu, maka kamu tidak akan bisa mengambil gambar karena tidak ada slot untuk menyimpannya. Praktis, segala momen gagal kamu abadikan apabila tidak memiliki kartu SD.

Maka dari itu, kartu SD adalah hal wajib untuk kamu miliki, wahai para fotografer. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kamu perlu memilih kartu SD yang terbaik untuk kamera kamu. Biasanya, beberapa hal ini menjadi pertimbangan utama untuk menentukan kartu SD mana yang akan kamu pilih.

Kapasitas

ebay.com

Pastinya kamu akan puas jika memiliki kartu SD dengan kapasitas besar. Pasalnya, jika kapasitas kartu SD kamu besar, maka kamu dapat memotret segalanya dengan bebas, tanpa perlu khawatir ruang penyimpanan SD kamu penuh.

Dengan demikian, kapasitas menjadi salah satu pertimbangan penting karena kamu jadi tidak perlu bolak balik untuk memindahkan file ke laptop atau tempat lainnya. Hanya sesekali saja cukup.

Kecepatan

alphr.com

Selain itu, menurut Business Insider, kecepatan kartu SD juga diperlukan. Sebab, ketika kamu memindahkan file dari kamera ke laptop, kamu pasti ingin semua file tersebut segera pindah dengan cepat kan? Untuk itulah kamu perlu memilih dengan cermat kartu SD mana yang sekiranya memiliki kecepatan untuk memindahkan file.

Nah, setelah tahu hal-hal yang wajib kamu utamakan dalam memilih kartu SD kamera, berikut beberapa kartu SD terbaik yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: 7 Trik untuk Mengatasi Memori HP yang Terlalu Kecil, Simpel tapi Jitu!

5. SanDisk Extreme UHS SDHC

7dayshop.com

Kalau kamu mencari kartu SD yang murah namun tetap berkualitas, SanDisk Extreme UHS SDHC cocok buat kamu. Hanya berbekal Rp130 ribuan, kamu sudah bisa mendapat kartu SD dengan kapasitas 16 GB. Tidak hanya itu, SanDisk Extreme UHS SDHC juga menyediakan kartu yang berkapasitas 32 GB.

Memang sih, kartu ini tidak terlalu cepat. Tapi, jika kamu adalah seorang pemula atau sekadar penggemar yang senang memotret, kartu SD ini sudah sangat tepat buat kamu. Apalagi kartu SD milik SanDisk ini tahan terhadap air.

4. Sony SF-G Tough UHS-II SDHC

avd.com

Sony SF-G Tough UHS-II SDHC adalah pilihan tepat buat kamu yang mengutamakan kecepatan. Usut punya usut, kartu SD ini memiliki kecepatan 3 kali lipat lebih cepat dari kartu SD lainnya, yakni mencapai 299 mb/detik.

Terlebih, kartu ini juga sangat tahan terhadap air. Coba saja kamu tenggelamkan kartu SD yang satu ini di dalam air selama 3 hari, pasti tidak akan rusak. Sayangnya, harganya sangat mahal, untuk yang kapasitas 32 GB saja harganya mencapai Rp900 ribuan sampai Rp1 juta.

3. Lexar 1 TB Professional 633x UHS-I SDXC

bhphotovideo.com

Ini dia kartu SD dengan kapasitas super yang kamu tunggu-tunggu. Pasalnya, Lexar 1 TB Professional 633x UHS-I SDXC menyediakan ruang penyimpanan sebesar 1 terabyte, setara dengan laptop loh itu! Apalagi kecepatan yang disediakan juga cukup cepat, yaitu 95 MB/detik.

Namun, hati-hati dengan daya tahan dari kartu SD ini. Untuk itu, kamu harus mengurusnya dengan baik karena harganya yang mencapai Rp2,7 juta ini. Bisa rugi besar kalau rusak.

2. Lexar Professional 1000x UHS-II SDHC

bm.lv

Lexar Professional 1000x UHS-II SDHC jadi kartu SD tercepat untuk mengakses ataupun memindahkan file dengan kecepatannya yang mencapai 150 MB/detik. Jadi, ketika kamu sedang buru-buru memindahkan file ke laptop, kartu SD ini bisa bikin semua file itu pindah dengan cepat.

Kartu SD ini hadir dalam kapasitas mulai dari 32 GB hingga 256 GB. Adapun harga di pasarannya mencapai Rp130 ribuan hingga Rp800 ribuan. Sama seperti saudaranya (Lexar 1 TB Professional 633x UHS-I SDXC), kartu ini juga lemah soal daya tahan.

Baca Juga: 7 Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android, Masih Mau Pakai?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya