TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Fitur Tersembunyi Galaxy Watch yang Perlu Kamu Ketahui

Apa kamu ngeh soal fitur-fitur ini?

cnet.com

Apakah kamu sudah memiliki Galaxy Watch? Jam pintar keluaran Samsung ini digadang-gadang sebagai kompetitor terbaik untuk Apple Watch. Namun begitu, Galaxy Watch tetap compatible untuk iPhone.

Jika kamu belum punya, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa trik yang bisa kamu lakukan dengan Galaxy Watch. Bahkan, beberapa fitur ini mungkin terkesan baru bagi pemilik Galaxy Watch.

Jadi, apakah fitur-fitur yang menakjubkan ini? Fitur-fitur ini membutuhkan akses ke aplikasi "Galaxy Wearable".

1. Ubah wajah Galaxy Watch-mu

developer.samsung.com

Trik yang ini mungkin sudah terdengar biasa bagi pengguna Galaxy Watch. Mengganti wajah Galaxy Watch adalah salah satu fitur utamanya. Dengan itu, kamu dapat tampil formal dan sporty

Tanpa menunggu lama, bukalah aplikasi Galaxy Wearable dan langung menuju ke opsi "Watch Faces". Pilih wajah jam yang kamu suka lalu tekan lambang oranye di pojok kanan atas. Setelah memilih warna, kamu pilih "Save".

Bergantung dari wajah jam yang kamu pilih, kamu dapat memodifikasi lambang atau efek kedalaman. Untuk wajah jam analog, kamu bahkan dapat mengaktifkan suara detik jam agar menyerupai jam analog asli.

Fitur ini dapat kamu akses pada Galaxy Watch kamu dengan menekan lama permukaan Galaxy Watch-mu dan pilih wajahnya. Namun, jika kamu ingin mengganti-ganti tampilannya secara lebih spesifik, gunakan aplikasinya. Dengan fitur ini, kamu pastinya tidak merasa bosan dengan Galaxy Watch-mu.

2. Susun widget dan aplikasi

wearable.com

Jika kamu merasa repot harus menggeser aplikasi dan widget untuk membuka aplikasi, kamu dapat menyusun jajaran aplikasi dan widget. Jadi, jika kamu lebih suka mengakses musik, widget-nya bisa diletakkan pertama. Sayangnya, untuk fitur ini, kamu tidak dapat mengaksesnya di Galaxy Watch-mu, melainkan di aplikasinya.

guidingtech.com

Jadi, buka aplikasi Galaxy Wearable, buka "Settings" lalu "Apps". Pilih aplikasi yang ingin kamu susun ulang dan sentuh menu berupa tiga titik dan pilih "Reorder". Setelah selesai menyusun aplikasi dan widget prioritasmu, pilih "Done".

guidingtech.com

Kalau kamu ingin mengatur widget, caranya sama. Buka "Settings" lalu "Widgets". Tanpa perlu menyentuh opsi tiga titik, kamu hanya tinggal menyeret widget yang menjadi prioritasmu. Jika sudah selesai, pilih "Done".

3. Mengambil screenshot

techwiser.com

Nah, fitur ini yang mungkin sebagian besar pengguna Galaxy Watch tidak tahu. Tahukah kamu bahwa Galaxy Watch dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar?

Sebelum itu, pertama buka aplikasi Galaxy Wearable dan pilih opsi "Advanced". Cari opsi "Screen capture" dan nyalakan.

Begini menangkap layar via Galaxy Watch. Geser layar dari kiri ke kanan sambil menekan tombol "Home" pada Galaxy Watch-mu. Jika berhasil, kamu akan melihat sekilas hasil screenshot. Proses ini belum selesai karena hasilnya masih tersimpan di Galaxy Watch yang harus kamu pindahkan secara manual.

Untuk memindahkannya, pilih aplikasi "Gallery" di Galaxy Watch-mu, pilih gambar screenshot yang kamu mau; lalu, sentuh menu titik tiga dan pilih "Send to Phone". Ponsel pintarmu akan mendapat notifikasi saat pengiriman selesai.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Smartwatch Android Terbaik di 2019, Jadi Makin Stylish!

4. Water Lock

samsung.com

Salah satu daya tarik Galaxy Watch adalah perangkat ini dapat digunakan saat berenang. Tentu saja, para pemilik Galaxy Watch ingin langsung memamerkannya dengan cara membawanya saat berenang.

Galaxy Watch memiliki sertifikasi tahan air 5 ATM yang berarti perangkat ini dapat bertahan di kedalaman 50 meter selama 10 menit! Namun, permasalahan yang paling lumrah adalah saat berenang, sensor sentuh Galaxy Watch menjadi sedikit terganggu dan tanpa kamu sadari, perangkat itu akan melakukan hal-hal tanpa diminta seperti menelpon atau mengirim pesan pada seseorang.

Kalau tidak sengaja menelepon mantan? ENGGAK BANGET, KAN?

Oleh karena itu, kamu dapat mengaktifkan fitur "Water Lock" dengan cara memilih "Settings" lalu pilih "Advanced". Di sana, terus geser ke bawah hingga kamu menemukan opsi "Water Lock"; pilih lalu aktifkan. Kamu akan melihat animasi "tetesan air" dan sensor sentuh Galaxy Watch sementara non-aktif.

Jika kamu ingin mematikan "Water Lock", kamu dapat menekan tombol "Home" selama 5 detik sampai animasi "tetesan air" muncul. Pelantang suara di Galaxy Watch-mu akan bergetar untuk mengeluarkan air!

5. Tersambung tanpa BlueTooth

androidcentral.com

Dengan keberadaan internet 4G LTE dan Wi-Fi, perangkat Galaxy Watch tidak perlu lagi BlueTooth untuk tersambung ke perangkat lain atau ponsel pintarmu. Fitur ini disebut "Remote Connection". Dengan cara ini, kamu juga dapat menemukan Galaxy Watch-mu sekalipun jauh dari ponsel pintar.

makeuseof.com

Untuk mengaktifkan "Remote Connection", kamu dapat mengakses aplikasi Galaxy Wearable lalu pilih "Account and Backup". Terdapat tiga opsi, aktifkan "Remote Connection" dan Galaxy Watch-mu terbebas dari belenggu BlueTooth.

6. Mengirim pesan SOS

samsungpokies.com

Ingat saat seorang pesepeda di Amerika diselamatkan oleh Apple Watch-nya? Hal itu terjadi pada September 2019 saat sang pesepeda separuh baya terjatuh dan tak sadarkan diri. Perangkat buatan Apple tersebut mendeteksi benturan dan langsung mengirim pesan secara otomatis berisi koordinat sang ayah kepada kontak anaknya yang sudah diatur.

Sebenarnya, Galaxy Watch pun juga dapat melakukan hal yang sama. Untuk mengaktifkan SOS, kamu harus mengaktifkannya dari aplikasi Galaxy Wearable. Pilih opsi "Send SOS Requests".

Pilih kontak yang ingin kamu hubungi di saat darurat di "Send SOS messages to". Selain itu, terdapat opsi "Count down before sending" jika kamu ingin membatalkan pesan SOS.

7. Memeriksa pola tidur

pricebook.co.id

Melacak pola tidur adalah salah satu fitur teranyar dari Galaxy Watch. Hal ini penting bagi kamu yang ingin tahu pola tidur karena Galaxy Watch dilengkapi dengan pendeteksi rapid eye movement (REM) mutakhir.

Namun, hal ini malah menjadi bumerang jika ponsel pintarmu mendapat notifikasi dan mengopernya ke Galaxy Watch-mu sehingga malah mengganggu waktu tidurmu. Jadi aturlah dengan baik.

Jangan khawatir! Galaxy Watch menyediakan "Good night mode". Buka aplikasi Galaxy Wearable, dan pilih opsi "Advanced". Temukan opsi "Good night mode" dan aktifkan. Galaxy Watch-mu akan otomatis masuk ke "Good night mode".

Jika kamu masih takut akan notifikasi, kamu dapat mengaktifkan mode "Do Not Disturb" (DND). Masih di pengaturan "Advanced", nyalakan "Do not disturb". Opsional, kamu dapat menjadwal mode DND dengan mengaktifkan "Turn on as scheduled".

Tentukan jam dan hari kamu tidak ingin diganggu, dan selesai! Pastikan kamu mendapat tidur yang berkualitas dengan Galaxy Watch!

Baca Juga: Harga Gak Bohong, Ini 10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Apple Watch

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya