TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unik, Konon Ini Wujud Smartphone Lipat dari Samsung?

Meski baru sebatas konsep, desain baru ini terlihat sangat keren!

futurism.com

Bila dibandingkan dengan masa keemasan feature phone dulu, zaman ponsel pintar memang terlihat lebih miskin inovasi. Dari berbagai produk yang ditelurkan vendor-vendor ternama di dunia, hampir seluruhnya memiliki bentuk yang sama: ponsel batangan touchscreen yang monoton.

Hal ini membuat masyarakat sangat berharap kemunculan angin segar pada desain smartphone yang beredar di pasaran, seperti konsep smartphone lipat yang sempat heboh beberapa waktu yang lalu. Sayangnya meski sudah ramai dibicarakan, perkembangan desain smartphone lipat masih belum ada kemajuan yang berarti.

Obrolan tentang ide inovatif ini selalu timbul-tenggelam, sehingga membuat beberapa orang percaya bahwa konsep tersebut memang mustahil diciptakan. Namun, anggapan ini nampaknya akan berubah setelah Samsung mematenkan beberapa desain ponsel lipatnya secara resmi beberapa hari yang lalu, yang tentunya memberi secercah harapan bagi kehadiran foldable smartphone di industri telepon genggam.

Seperti apa sih desainnya? Cek di bawah ini ya!

1. Paten ponsel lipat dari Samsung

nextgov.com

Dilansir dari sciencealert.com, Samsung baru saja mematenkan beberapa konsep ponsel ponsel lipat di US Patent and Trademark Office pada tanggal 2 Mei yang lalu. Hak paten yang diberikan terdiri dari desain ponsel lipat serta cara berfungsinya secara umum.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi mereka yang sudah lama menunggu kemunculan ponsel unik ini di pasaran.

2. Lipat dua dan lipat tiga

US Patent and Trademark Office/sciencealert.com

Dari gambar yang dipublikasikan oleh US Patent and Trademark Office, terungkap bahwa desain yang dipatenkan Samsung ini terdiri atas 2 jenis ponsel lipat. Pada desain pertama, ponsel tersebut dapat dilipat menjadi dua bagian yang sama panjang di bagian tengah.

Dalam posisi tersebut, kita bisa menggunakan layar split-screen untuk menampilkan dua aplikasi berbeda di masing-masing sisi yang terlipat. Sementara itu, desain kedua menunjukan ponsel yang dapat dilipat menjadi 3 bagian.

Secara kasat mata, desain ponsel-lipat-tiga ini terlihat jauh lebih panjang dari ponsel umumnya. Dengan desain ini, kita bisa menggunakan ponsel dalam mode standing ketika digunakan di atas meja. 

Verified Writer

Panji Gusti Akbar

Science nerd, crazy birdwatcher and third-wave coffee aficionado

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya