TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MacBook Lebih Baik di-Shutdown atau Sleep? Ini Jawabannya

Sebuah dilema agar perangkat awet

ilustrasi menggunakan MacBook (pexels.com/Tranmautritam)

Apple menyisipkan dua tombol pada MacBook, shut down dan sleep. Keduanya punya fungsi serupa yakni mengistirahatkan perangkat ketika gak digunakan.

Pertanyaaannya, dari kedua tombol tersebut, MacBook lebih baik di-shutdown atau sleep saja? Daripada dilema baca penjelasan di artikel berikut agar perangkat lebih tahan lama.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Produk Buatan Apple Begitu Disukai

Cara kerja shutdown MacBook

Shutdown merupakan tombol untuk mematikan perangkat. Sederhananya, langkah ini akan menutup semua aplikasi dan program yang berjalan.

Nantinya, perangkat perlu memuat ulang semua kembali ke RAM agar dapat bekerja maksimal ketika digunakan. Ibarat papan tulis, shutdown pada MacBook berarti menghapus tulisan yang ada dan membuatnya kosong kembali, melansir Gizmo Grind. 

Sumber yang sama menyebutkan, proses shutdown sendiri memakan daya lebih banyak dibanding sleep. Sudah jelas karena perangkat perlu meluncurkan kembali berbagai fungsi agar dapat bekerja dengan baik.

Cara kerja sleep MacBook

ilustrasi macbook (unsplash.com/Malte Helmhold)

Bagaimana dengan tombol sleep? Seperti namanya, tombol ini di-setting untuk menidurkan perangkat sejenak sebelum akhirnya digunakan kembali. Seluruh pemrosesan yang terjadi di laptop tidak akan hilang, tetapi hanya dijeda sementara.

Meski tampak 'tertidur', sejatinya MacBook tetap menyimpan riwayat aktivitasmu. Ketika dibangunkan kembali, kamu bisa langsung bekerja tanpa kehilangan hal yang terakhir kamu lakukan sebelum perangkat masuk mode 'Sleep'.

Apple sendiri telah menyematkan teknologi 'Power Nap' yang memungkinkan MacBook melakukan aktivitas latar belakang. Meski sedang dalam sleep mode, beberapa aktivitas tetap bisa dilakukan. Contohnya, menerima email, kalender, update Find My Mac, dan sebagainya, melansir Make Use Of.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Sleep Call, Bisa Dipakai di HP atau Laptop

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya