TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Penggunaan Laptop yang Ramah Lingkungan, Yuk Terapkan!

Juga bisa menghemat tagihan listrik bulananmu, lho

freepik.com/freepik

Saat ini, kehidupan kita seolah gak bisa lepas dari laptop. Kita perlu laptop untuk bekerja, belajar, atau sekadar sebagai sarana hiburan. Sayangnya dengan semakin banyaknya penggunaan laptop, ada dampak buruk terhadap lingkungan karena peningkatan penggunaan energi listrik dan lain sebagainya. 

Berikut ini beberapa tips pemakaian laptop ramah lingkungan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mematikan laptop saat sedang gak digunakan

freepik.com/awaygy

Kalau kamu sedang gak menggunakan laptopmu, maka pastikan kamu mematikannya. Ini akan menghemat pemakaian daya dalam jumlah yang besar. Kamu gak mau kan, membayar listrik untuk sesuatu yang gak kamu pakai?

2. Mengaktifkan mode "sleep"

unicomp.info

Kalau kamu lupa mematikan laptopmu karena ketiduran atau hal lainnya, setidaknya kamu memasang mode "sleep" otomatis. Dengan demikian, konsumsi energi listrik bisa lebih jauh berkurang. Untuk mengaktifkan mode "sleep", kamu bisa mencarinya pada fitur "power options" di "control panel".

Baca Juga: Ini Cara Tepat Membersihkan Laptop, Terhindar dari Virus Penyakit!

3. Mengurangi tingkat kecerahan layar

pcworld.hu

Kalau memungkinkan, usahakan untuk mengurangi tingkat kecerahan layar laptop. Semakin terang layar di layar laptopmu, semakin besar daya listrik yang dibutuhkan. Selain itu, cahaya yang sedikit lebih redup juga bisa mengurangi ketegangan mata.

4. Menonaktifkan screen saver animasi

laptopmag.com

Kalau kamu memasang screen saver animasi di laptopmu, lebih baik kamu menonaktifkannya mulai sekarang. Meskipun lucu dan menyenangkan untuk dilihat, screen saver semacam ini nyatanya bisa menyerap banyak energi listrik.

5. Membeli produk laptop "ramah lingkungan"

pixandtech.com

Seiring kemajuan perkembangan teknologi, saat ini banyak tersedia laptop "ramah lingkungan". Laptop-laptop jenis ini umumnya bersifat hemat energi. Beberapa di antaranya bahkan ada yang terbuat dari bahan daur ulang dan memiliki komponen yang bisa kamu pakai kembali atau diisi ulang.

6. Mencabut alat pengisi daya laptop dari colokan listrik ketika baterai laptop sudah penuh

popularmechanics.com

Saat baterai laptop sudah mencapai 100%, pastikan kamu mencabut alat pengisi daya (charging tools) laptop tersebut. Jangan lupa untuk mencabut alat pengisi daya dari colokan listrik karena alat tersebut akan terus menyerap energi listrik.

Baca Juga: 9 Tanda Kamu Perlu Ganti Laptop Baru, Relakan Saja demi Kebaikanmu

Verified Writer

Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya