TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 6 Hal Ini Agar Laptop Menjadi Lebih Awet! 

Biar gak gampang rusak

swara.tunaiku.com

Tentu masing-masing dari kita selalu menginginkan yang terbaik untuk laptop kita agar lebih awet dan tahan lama. Perawatan dan perlakuan yang benar dapat membuat umur laptop lebih panjang dan tentunya akan menjadi lebih awet. Maka lakukanlah hal di bawah ini agar laptopmu menjadi lebih awet.

1. Sering bersihkan laptop

Pixabay.com/rawpixel

Seiring berjalannya waktu, laptop tentu akan berdebu. Bersihkanlah debu-debu yang menempel pada laptop agar kinerja laptop tidak terhambat yang dikarenakan debu yang masuk. Pembersihan laptop bisa dimulai dari LCD, keyboard, fan, dan yang lainnya.

2. Hindari menggunakan laptop di atas kasur

stamford.com.au

Menggunakan laptop di atas kasur sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Namun perlu diketahui, hal ini dapat menghambat perputaran udara pada laptop karena tertahan oleh kasur. Udara panas yang dikeluarkan laptop akan masuk lagi ke dalam laptop sehingga dapat menyebabkan laptop menjadi panas ataupun overheat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Laptop Gampang Drop dan Gak Awet, Catat ya!

3. Hindari menutup LCD sesaat setelah digunakan

liputan6.com

Laptop yang memiliki suhu hangat atau panas dapat merusak LCD jika laptop langsung ditutup sesaat baru digunakan. Hal ini dapat terjadi karena suhu yang dikeluarkan dari permukaan keyboard akan secara langsung mengenai layar LCD.

4. Hindari penggunaan laptop yang terlalu lama

murdockruz.com

Lupa waktu saat menggunakan laptop dapat membahayakan laptop. Layaknya manusia, laptop membutuhkan istirahat agar lebih awet.

5. Hindari browsing dan download sembarangan

sciencenews.org

Siapa yang ingin laptopnya bervirus? Tentu tidak ada yang mau. Oleh karena itu,  hindari browsing dan download sembarangan di situs yang kurang jelas keamanan nya karena kemungkinan dapat diserang oleh virus.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Keyboard Laptop Agar Tetap Awet

Writer

Steven Sanjaya

Hanya seseorang yang belum ada tujuan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya