TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan ROG Phone 7 Ultimate vs. ROG Phone 8 Pro

Dari segi desain sudah jauh berbeda

potret ROG Phone 8 Pro (rog.asus.com)

Baru-baru ini ASUS merilis produk smartphone gaming terbaru yaitu ROG Phone 8 series yang terdiri dari ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition. Di tahun sebelumnya, mereka juga telah merilis produk ROG Phone 7 series yang terdiri dari ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate.

Di artikel ini, kita akan membahas seri tertinggi yaitu ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 7 Ultimate. Walau sama-sama produk ASUS ROG, namun ada perbedaan ROG Phone 7 Ultimate vs. ROG Phone 8 Pro. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli, ada baiknya membaca ulasan di bawah ini sebagai bahan pertimbangan, ya!

1. Memiliki desain yang berbeda

potret ROG Phone 7 Ultimate (rog.asus.com)

Dari segi penampilan, keduanya smartphone ini jelas tampak berbeda. ROG Phone 8 Pro sedikit lebih baik khususnya pada bagian depan karena memiliki layar dengan panel lebih tipis. Sementara untuk bagian belakang, ROG Phone 7 Ultimate lebih baik karena memiliki desain dan pola yang sangat.

Tak cuma itu aja, ROG Phone 7 Ultimate juga memiliki layar 2 inci pada bagian belakang sehingga lebih menarik. Meski begitu, keduanya sama-sama menggunakan bahan yang terbuat dari kaca dan aluminium pada bagian frame. Desain mana yang lebih baik pilihanmu?

Baca Juga: 6 Laptop Gaming Termurah Awal 2024, Harga Rp9-10 Jutaan

2. ROG Phone 8 Pro mendukung IP68 dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2

potret ROG Phone 8 Pro (rog.asus.com)

Perbedaan signifikan kedua ada di perlindungan smartphone. Ya, ROG Phone 8 Pro jauh lebih karena mendukung IP68 sehingga tahan air meski direndam di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Sedangkan ROG Phone 7 Ultimate masih menggunakan sertifikat IP54 yang hanya tahan cipratan.

Untuk perbedaan lainnya, layar ROG Phone 8 Pro dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2 yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan ROG Phone 7 yang pakai Corning Gorilla Glass Victus. Namun demikian, bodi belakang ROG Phone 7 Ultimate lebih kokoh karena menggunakan lindungan Corning Gorilla Glass 3. Berbeda dengan ROG Phone 8 Pro yang hanya pakai Corning Gorilla Glass.

3. Performa mesin jauh lebih handal dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3

potret Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (intl.nubia.com)

Di sektor mesin, ROG Phone 8 Pro juga jauh lebih memuaskan karena pakai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, RAM hingga 24GB, dan ROM hingga 1TB. Sementara untuk ROG Phone 7 Ultimate, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 8 Gen 2, RAM sebesar 16GB, dan ROM hingga 512GB. Dalam pengujian AnTuTu Benchmark, ROG Phone 8 Pro mendapatkan skor di angka 2 juta dan ROG Phone 7 Ultimate mendapatkan skor di angka 2,6 juta.

4. Kamera utama mendukung gimbal OIS

potret ROG Phone 8 Pro (rog.asus.com)

Tak kalah signifikan, perbedaan keempat ada di sektor kamera di mana ROG Phone 8 Pro sudah mendukung gimbal OIS. Dengan fitur ini, kualitas perkembangan video dijamin bakal jauh lebih stabil meski tangan gemetar atau berguncang saat merekam. Selain itu, ROG Phone 8 Pro juga lebih baik untuk urusan memotret objek jarak jauh karena dilengkapi dengan lensa telephoto beresolusi 32MP. Semua fitur tersebut tidak ditemukan di kamera ROG Phone 7 Ultimate.

Verified Writer

Sumahir Hidayanto

Penulis ini masih pubertas, harap maklum🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya