TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menutup Kamera Laptop, Apakah Memang Perlu atau Lebay?

Awas, kejahatan siber mengancammu

maikii.com

Kejahatan siber makin marak terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Mungkin kamu gak merasa dan gak peduli dengan hal itu. Meski begitu, kamu perlu waspada, bahkan perlu mencegahnya saat ini juga.

Salah satunya, dengan mengamankan kamera di laptopmu. Memang pengaruh ya? Berikut ulasannya.

1. Kamera web di laptop mampu merekam video bahkan tanpa sepengetahuanmu

buyblink.com

Coba ingat seberapa sering kamu menggunakan laptop untuk mengakses atau berseluncur di internet? Mulai dari informasi, berita, dan media sosial? Tahu gak kalau hal itu bisa jadi cikal bakal laptopmu dibajak.

Pelaku kejahatan siber selalu mencari celah sekecil apa pun untuk mengakses komputer pribadi orang-orang. Kamu perlu curiga jika lampu indikator kameramu menyala. Bisa jadi saat itu pelaku sedang merekammu diam-diam.

Baca Juga: 7 Pertimbangan Penting sebelum Membeli Laptop Bekas, Cermati Betul

2. Cegah pembajak dengan menutup kamera web laptopmu

videoblocks.com

Cara sederhana untuk mencegah pembajak siber untuk mengakses kamera laptopmu dengan menutupnya. Sejauh ini, gak banyak laptop yang menyediakan penutup untuk kamera. Kebanyakan terpampang nyata di atas monitor laptop. Gampang saja, kamu tinggal ambil selotip warna dan tempelkan di kameramu.

Kamu bisa menggunakan benda lain seperti stiker, namun perhatikan juga penggunaan kameramu. Kalau kamu sering pakai kamera mau gak mau harus sering lepas pasang kan? Untuk itu, gunakan benda yang mudah dilepas tempel.

3. Bahkan Direktur FBI, James Comey menyarankan untuk menutup kamera web untuk kepentingan keamanan

washtimes.com

Pada konferensi di Center for Strategic and International Studies, James Comey mengatakan, ”Bukan hal gila jika direktur FBI peduli juga dengan keamanan personal.” Tambahnya, ”Jika kamu pergi ke kantor pemerintahan mana pun, kita semua punya kamera kecil yang tersemat di atas layar, mereka semua punya penutup untuk menutupinya.”

4. Jangankan direktur FBI, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook saja awas dengan keamanan laptopnya

cambaid.com

Peringatan dari direktur FBI memang mengejutkan. Sama mengejutkannya saat orang-orang juga tahu kalau Mark Zuckerberg, pendiri Facebook juga menyematkan selotip untuk menutupi komputer di atas meja Facebook miliknya.

Baca Juga: Hentikan 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Laptop

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya