Comscore Tracker

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!

Jangan hanya tergiur harga murah

Smartphone menjadi salah satu elemen penting dalam era digital, dimana kamu bisa menggunakannya untuk berbagai macam aktivitas, seperti bermain game, menonton video, browsing internet, panggilan suara, hingga panggilan video. Karena sifatnya sangat krusial, pemilihan smartphone sangat penting untuk diperhatikan.

Sayangnya, gak semua orang paham atau teliti dalam memilih smartphone yang jadi pilihan mereka untuk digunakan sehari-hari. Setidaknya, ada sepuluh kesalahan umum kala membeli smartphone yang bisa bikin kamu frustrasi.

Apa saja kesalahan membeli smartphone tersebut? Langsung aja intip inspirasinya berikut ini, yuk!

1. Membeli smartphone di waktu yang tidak tepat dan terburu-buru padahal ada keluaran terbaru yang lebih worth it dari spesifikasi maupun harga

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli smartphone (pexels.com/Mikhail Nilov)

2. Harga smartphone yang kamu beli lebih tinggi dari harga pasaran akibat kamu terlalu terburu-buru dan gak pernah mau riset pasar

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli smartphone (pexels.com/Anete Lusina)

3. Terlalu fokus pada ukuran RAM, padahal prosesor dan sejenisnya juga sangat berpengaruh pada kinerja smartphone kamu

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/Anete Lusina)

4. Melupakan kebutuhan awal karena terlalu fokus pada harga murah yang pada akhirnya penggunaan jadi kurang maksimal

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/Kampus Production)

5. Terlalu fokus pada kelebihan smartphone dan melupakan kekurangannya juga bikin smartphone yang kamu dapat jadi gak sesuai ekspektasi, lho!

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/Ron Lach)

Baca Juga: 5 Tips Membeli Smartphone Baru di Online Shop, Jangan Buru-buru!

6. Terlalu mengabaikan ruang penyimpanan demi menghemat bujet. Minimal ruang penyimpanan 32GB atau 64GB sangat direkomendasikan

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/MART PRODUCTION)

7. Hanya terpaku pada resolusi layar, padahal kualitas warna dan kecerahan juga sama pentingnya

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/RODNAE Productions)

8. Mengabaikan daya tahan baterai, padahal kebutuhan smartphone di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang gak bisa lepas

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/Radik 2707)

9. Tidak memerhatikan di mana tempat kamu membeli. Jangan sampai kamu mendapatkan smartphone hasil tiruan, ya! Hati-hati!

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi salah membeli Smartphone (pexels.com/cottonbro)

10. Terlalu dengerin rekomendasi teman yang gak tahu-menahu tentang smartphone. Lebih baik riset dan bandingkan dari berbagai sumber kredibel

10 Kesalahan Membeli Smartphone yang Bisa Bikin Frustrasi, Hati-hati!ilustrasi Smartphone rekomendasi teman (pexels.com/Los Muertos Crew)

Membeli smartphone itu gak boleh sembarangan tanpa melakukan riset sama sekali, apalagi hanya karena tergiur harga miring. Pastikan segala kebutuhan yang kamu utamakan ada pada smartphone tersebut.

Jangan sampai salah beli karena penggunaan smartphone di zaman sekarang sangat krusial dengan intensitas yang sangat tinggi. Pastikan sistem operasi, prosesor, RAM, kamera, resolusi, dan daya tahan baterai benar-benar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Beli Smartphone Bekas di Facebook Marketplace

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya