Comscore Tracker

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+

Usung RAM 12GB dan 4 kamera belakang!

Setelah penantian yang cukup lama dan dengan absennya Lenovo dari pasar flagship untuk waktu yang tidak bisa dikatakan sebentar, akhirnya brand asal Tiongkok itu merilis smartphone terbaru mereka. Adalah Lenovo Z6 Pro, penerus dari Z5 Pro GT yang membekali dirinya dengan segala spesifikasi dan fitur terbaik yang dimiliki oleh banyak flagship saat ini.

Bahkan, Z6 Pro digadang-gadang merupakan pesaing ‘murah’ dari Samsung Galaxy S10+. Kenapa bisa demikian? Fitur dan spesifikasi apa yang dibawanya? Jawabannya ada di ulasan di bawah ini.

1. Konfigurasi empat kamera belakang

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+china-devices.com

Salah satu fitur paling menonjol dan menarik perhatian dari Lenovo Z6 Pro adalah konfigurasi empat kamera belakang. Di industri smartphone, ini mungkin bukan hal baru, namun untuk Lenovo ini menjadi yang pertama kalinya.

Konfigurasi quad-camera atau empat kamera ini mencakup kamera utama (48MP), kamera ultra-wide angle dengan fov 125° (16MP), kamera telephoto dengan 5x hybrid zoom (8MP) dan kamera 3D time-of-flight (2MP). Kesemua kamera tersebut juga menawarkan OIS 6-axis, mode Super Macro, mode Super Night dan Hype Video untuk Live bokeh.

2. Qualcomm Snapdragon 855

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+igyaan.in

Lenovo mempersenjatai Z6 Pro dengan chipset terbaru sekaligus tercepat yang ada dipasaran saat ini. Itu adalah Snapdragon 855 dari Qualcomm yang bisa mencapai kecepatan hingga 2.89GHz, namun disaat yang bersamaan masih tetap efisien.

Sementara sebagian besar flagship mungkin telah menggunakan chipset ini, apa yang ditanamkan di Z6 Pro, disetel sedemikian rupa agar dapat menghasilkan performa yang lebih baik. Tak hanya itu saja, chipset Snapdragon 855 pada Z6 Pro, juga telah dilengkapi dengan dukungan untuk grafis Vulkan 1.1 dan Snapdragon Elite Gaming.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Samsung Galaxy S10+ Lebih Baik dari Huawei P30 Pro

3. RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+91mobiles.com

Lenovo Z6 Pro datang dengan ukuran RAM dan penyimpanan internal yang sangat besar, namun tidak di harga yang mahal seperti kebanyakan smartphone dipasaran. Konfigurasi paling tinggi yang dimiliki oleh Z6 Pro adalah RAM 12GB LPDDR4x dan 512GB penyimpanan internal.

Dengan RAM sebesar itu, pekerjaan multitasking atau bermain game berat bisa dilakukan dengan lancar. Sementara dengan internal selega itu, menyimpan foto atau video beresolusi tinggi, tentu bukan masalah yang berarti.

Sejauh ini, hanya ada beberapa smartphone yang menawarkan konfigurasi serupa, termasuk Samsung Galaxy S10+, namun di harga yang jauh lebih mahal.

4. Teknologi liquid cooling

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+91mobiles.com

Untuk meningkatkan performa ketika bermain game, sekaligus menjaga kinerja keseluruhan dari Z6 Pro, Lenovo memasukkan teknologi atau sistem liquid cooling seperti yang ada di PC atau laptop gaming mahal. Lenovo mengklaim jika teknologi pendingin liquid yang mereka bawa ini, dapat meningkatkan kinerja smartphone, terutama ketika bermain atau melakukan pekerjaan multi-tasking berat.

Teknologi yang Lenovo sebut sebagai Coldfront ini, benar-benar menggunakan cairan untuk mendinginkan bagian dalam smartphone. Karenanya, Z6 Pro mungkin menjadi smartphone paling dingin dengan Snapdragon 855 yang bisa ditemui dipasaran saat ini.

5. Baterai 4000mAh dengan fast-charging 27W

5 Fitur Teratas Lenovo Z6 Pro, Pesaing Murah Samsung Galaxy S10+priceboon.com

Selain Snapdragon 855, RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB yang jumbo dan mewah, Lenovo Z6 Pro juga dibekali dengan baterai 4000mAh. Tak sampai situ saja, ini juga mendukung teknologi fast-charging 27W dan reverse-charging via OTG.

Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, Z6 Pro diklaim dapat bertahan hingga seharian penuh untuk penggunaan normal hingga berat dalam satu kali pengecasan. Selain itu, Z6 Pro juga dilengkapi dengan headphone jack 3.5mm (yang kini sudah mulai hilang di smartphone flagship) dan GPS dual-frekuensi.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai 5 fitur teratas Lenovo Z6 Pro yang membuatnya jadi pesaing murah dari Samsung Galaxy S10+. Disamping fitur-fitur diatas, Lenovo Z6 Pro juga dibekali dengan layar AMOLED 6,39 inci beresolusi FHD+ dengan dukungan HDR10, sensor fingerprint dalam layar, dukungan audio Dolby Atmos, kamera selfie 32MP dan Android 9.0 Pie dengan kustomisasi ZUI 11. Untuk harga, ini dijual mulai dari Rp6 jutaan.

Baca Juga: Perbandingan Samsung Galaxy S10e Vs iPhone XR, Mana Pilihan Kamu?

Arif Gunawan Photo Community Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You