Comscore Tracker

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Samping

Umumnya menjadi satu dengan tombol power

Sensor fingerprint bisa dibilang menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di tiap HP dalam lima tahun terakhir. Maka sama seperti fitur lain, sensor fingerprint mengalami perkembangan terutama pada bagian posisi atau peletakan.

Jika dulu sensor fingerprint biasanya diletakkan pada bagian belakang di dekat kamera atau depan yang menyatu dengan tombol home fisik, kini sensor fingerprint mulai dipindah ke sisi samping. Selain mudah dijangkau, sensor fingerprint samping juga umumnya digabung dengan tombol power sehingga lebih efisien. Berikut rekomendasi 7 HP mid-range terbaik dengan sensor fingerprint samping untuk dibeli di 2021.

1. Xiaomi Redmi Note 10 Pro – Rp3,5 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi Xiaomi Redmi Note 10 Pro (nextpit.com)

Yang pertama adalah Redmi Note 10 Pro dari Xiaomi yang jadi HP mid-range paling juara di daftar ini untuk banyak alasan. Untuk harga yang dipatok, Redmi Note 10 Pro merupakan paket lengkap karena telah dibekali dengan layar AMOLED 6,67 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz dan kamera utama 108MP, di samping kamera ultrawide 8MP, macro 5MP dan depth 2MP.

Selain itu, HP dengan sensor fingerprint samping ini juga membawa spesifikasi yang tidak main-main. Xiaomi mempercayakan Snapdragon 732G sebagai dari pacu utama HP ini, dibantu oleh RAM 6/8GB, penyimpanan 64/128GB dan baterai 5,020mAh dengan fast-charging 33W. Jika itu masih kurang, Redmi Note 10 Pro juga telah memiliki rating IP53 untuk tahan cipratan air/debu.

2. POCO X3 Pro – Rp3,4 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi POCO X3 Pro (sypnotix.com)

POCO hampir tidak pernah gagal dalam melahirkan HP berkualitas dari POCO X3 Pro jadi salah satu produk terbaru dan unggulan yang mereka rilis tahun ini. X3 Pro luar biasa tidak hanya karena harganya yang berada di kisaran mid-range, namun juga spesifikasinya yang lebih mengarah ke flagship.

HP ini ditenagai oleh Snapdragon 860, bersama dengan RAM 6/8GB, penyimpanan 128/256GB dan baterai 5,160mAh dengan fast-charging 33W. X3 Pro memiliki sensor fingerprint yang diletakkan di sisi samping, menyatu dengan tombol power dan membawa layar 6,67 inci FHD+ dengan refresh rate tinggi di angka 120Hz dan Gorilla Glass 6 untuk proteksi tambahan.

3. Samsung Galaxy A32 5G – Rp4 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi Samsung Galaxy A32 5G (sammobile.com)

Dua HP sebelumnya memang punya spesifikasi hebat, namun sayangnya tidak mendukung konektivitas 5G. Berbeda dengan Samsung Galaxy A32 5G yang meski tidak sekaya fitur seperti HP-HP sebelumnya, tapi telah siap dengan masa depan teknologi karena telah mendukung 5G. HP rilisan awal tahun ini dipersenjatai oleh Dimensity 720 5G, RAM 4/6/8GB, penyimpanan 64/128GB dan baterai 5,000mAh dengan fast-charging 15W.

Layarnya tidak bagus dan tidak begitu buruk juga dengan ukuran 6,5 inci, resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz. Sama seperti yang lain di daftar ini, HP yang punya desain minimalis namun memikat ini juga mengusung sensor fingerprint yang diposisikan di bagian samping.

Baca Juga: 7 HP Terbaik dengan Layar QHD+ di 2021, Memanjakan Mata

4. OPPO A54 – Rp2,7 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi OPPO A74 (nextpit.com)

Tak mau kalah dari brand lain, OPPO juga merilis cukup banyak HP mid-range di tahun ini. Salah satu yang terbaik untuk harganya dan telah menggunakan sensor fingerprint samping adalah OPPO A54 yang diluncurkan April kemarin. HP dengan body ramping ini ditenagai oleh Helio P35 yang dipadukan bersama RAM 4/6GB, penyimpanan 64/128GB dan baterai 5,000mAh dengan fast-charging 18W.

Layarnya berukuran 6,51 inci dan meski masih beresolusi HD+ namun telah menggunakan panel IPS yang dapat memproduksi warna lebih daripada panel TFT. Selain itu, layar A54 juga memiliki desain kekinian dengan bezel tipis di hampir setiap sisi dan punch-hole untuk kamera depan 16MP di sisi kiri atas.

5. Realme 8 5G – Rp3,2 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi Realme 8 5G (tomsguide.com)

Selanjutnya adalah alternatif menarik bagi Samsung Galaxy A32 5G karena sama-sama telah mendukung konektivitas 5G. Realme 8 5G mendapat kemampuan 5G lewat Dimensity 700 5G yang diusungnya. Chipset garapan MediaTek itu ditemani oleh RAM 4/6/8GB, penyimpanan 64/128GB dan baterai 5,000mAh dengan fast-charging 18W.

Tersedia dalam dua varian warna yaitu Supersonic Blue dan Supersonic Black, Realme 8 5G yang juga punya sensor fingerprint samping, dibekali dengan layar 6,5 inci FHD+ 90Hz yang nyaman di mata. Salah satu nilai jual utama HP ini adalah mode Nightscape pada kamera utama 48MP-nya yang mampu menghasilkan foto malam hari dalam kualitas terbaik.

6. vivo Y33s – Rp3,4 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi vivo Y33s (mxphone.com)

Untuk urusan penampilan, vivo Y33s jadi yang paling cantik di daftar ini. Bukan tanpa alasan, body HP yang satu nampak seperti berbagai HP flagship, terlebih ketika dipadukan dengan teknologi Dynamic Color yang membuatnya tidak mudah meninggalkan sidik jari dan punya perpaduan warna biru dan orange yang elegan. Selain desain yang istimewa, spesifikasi Y33s juga jadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

HP ini mengemas Helio G80, RAM 4/8GB, penyimpanan 128GB dan baterai 5,000mAh dengan fast-charging 18W. Untuk layar, Y33s memiliki layar 6,58 inci dengan resolusi FHD+. Melengkapi itu semua, Y33s juga hadir dengan sensor fingerprint samping serta dukungan menambah kapasitas RAM hingga 4GB melalui penyimpanan.

7. Nokia G20 – Rp2,5 juta

7 HP Mid-Range Terbaik dengan Sensor Fingerprint Sampingilustrasi Nokia G20 (androidheadlines.com)

Apabila baterai jadi aspek paling penting yang diinginkan di atas segalanya, maka tidak ada alasan untuk tidak melirik Nokia G20. Meluncur Mei tahun ini, G20 mengusung baterai 5,050mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 3 hari dalam satu kali pengisian daya. Selain baterai yang super, G20 juga punya spesifikasi yang lebih dari cukup untuk harganya seperti Helio G35, RAM 4GB dan penyimpanan 64/128GB.

Untuk lain-lain, HP ini telah dibekali dengan sensor fingerprint samping, diklaim tahan cipratan air dan memiliki layar 6,52 inci dengan resolusi HD+. Sama seperti HP Nokia lainnya, G20 juga menggunakan Android versi stock dan mendapat jaminan update OS hingga 2 tahun.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa HP mid-range terbaik dengan sensor fingerprint samping. Dari 7 HP di atas, mana yang paling menarik perhatian kamu?

Baca Juga: 7 HP dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Edisi Oktober 2021

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya