Comscore Tracker

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vital

Wajib atau tidak, sih?

Uninterruptible Power Supply atau UPS adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan listrik atau energi. Pada praktiknya, UPS lebih sering digunakan sebagai catu daya tambahan bagi PC. UPS sendiri sangat berbeda dengan PSU, di mana PSU bekerja untuk menghubungkan listrik secara langsung (tanpa cadangan baterai).

Apakah pemasangan UPS diwajibkan? Jika memang memiliki bujet tambahan, kamu seharusnya menambahkan komponen ini sebagai media penghantar listrik bagi PC. Ada beberapa manfaat yang akan didapat ketika kita memasang UPS untuk PC. Apa saja, ya?

1. Mencegah PC mati mendadak ketika terjadi pemadaman listrik

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vitalilustrasi UPS untuk komputer (techhive.com/Rob Schultz)

UPS sudah lama digunakan di dunia industri sebagai sumber energi cadangan ketika listrik mengalami kendala. Namun, sebetulnya tidak ada yang tahu sejarah pembuatan UPS karena hampir semua ilmuwan listrik bisa membuat konsep dan teori mengenai fungsi penyimpanan energi pada baterai.

Nah, PC merupakan perangkat elektronik yang sangat rentan dengan gangguan listrik. Jika listrik mendadak padam, PC akan langsung mati dan ini bisa saja memengaruhi usia dari komponen di dalamnya. Di sinilah UPS dibutuhkan sebagai sumber energi cadangan yang tersambung ke PC, sehingga PC tidak akan mati mendadak ketika listrik padam.

2. Mencegah terjadinya korup di HDD dan memberi kita waktu untuk menyimpan data

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vitalilustrasi menggunakan PC dan laptop (unsplash.com/Firos nv)

Dilansir DataNumen, HDD dan SSD bisa mengalami kerusakan ketika arus listrik mati secara mendadak. Bahkan, hal paling menjengkelkan adalah ketika pekerjaan sudah banyak dan siap disimpan, kita belum sempat melakukannya akibat listrik padam. Nah, menggunakan UPS akan mencegah dua hal ini terjadi.

Menggunakan UPS dengan daya yang tepat akan membuat komponen di PC lebih awet ketika di daerahmu sering terjadi pemadaman listrik. Setidaknya, kita akan diberikan waktu selama beberapa menit untuk menyimpan file pekerjaan dan mematikan PC secara total melalui prosedur yang benar.

3. Mengurangi risiko hubungan arus pendek

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vitalilustrasi colokan listrik (unsplash.com/Clint Patterson)

Mungkin tanpa sengaja colokan listrik dari stopkontak di tempat kita sering tersenggol dan lepas. Nah, hal macam ini juga bisa membuat PC mati secara mendadak dan bahkan meningkatkan risiko hubungan arus pendek. Dengan memasang UPS, perangkat PC yang kita gunakan tetap akan memiliki aliran listrik yang stabil.

Kestabilan aliran listrik inilah yang akan mencegah terjadinya korsleting yang dapat berakibat lebih buruk, yakni kebakaran. Jadi, gunakan UPS yang berkualitas bagus demi mencegah hal buruk terjadi, seperti hubungan arus pendek dan kebakaran. Oh, ya, sesuaikan juga kapasitas daya UPS dengan total kebutuhan listrik untuk PC-mu.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Komputer yang Kerap Disalahpahami Banyak Orang

4. Menjaga keawetan barang elektronik

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vitalilustrasi komponen elektronik (unsplash.com/S. Tsuchiya)

Komponen elektronik di dalam PC bisa saja mengalami eror atau kerusakan ketika arus listrik tidak stabil. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan UPS. Menurut laman Guiding Tech, UPS dapat mencegah PC rusak akibat melonjaknya voltase yang biasanya muncul ketika terdapat sambaran petir di rumah.

Barang elektronik yang terkena sambaran petir dipastikan rusak dan mungkin butuh biaya cukup mahal untuk memperbaikinya. Dalam hal ini, sebenarnya UPS juga bisa digunakan untuk perangkat elektronik rumah tangga lainnya. Kamu tinggal menyesuaikan jenis dan kapasitas daya UPS dengan komponen elektronik di rumah.

5. Mengurangi kerugian finansial akibat ketidakstabilan arus listrik

5 Manfaat Penggunaan UPS pada Perangkat Komputer, Perannya Vitalilustrasi petugas listrik (unsplash.com/Emmanuel Ikwuegbu)

Naik turunnya tegangan listrik bisa mengakibatkan biaya listrik membengkak. Nah, gak ada salahnya menggunakan UPS untuk mencegah ketidakstabilan tegangan listrik yang masuk ke PC atau peralatan elektronik lainnya. Hal ini dibutuhkan bagi kamu yang menggunakan PC dengan spesifikasi tinggi.

Makin tinggi spesifikasi sebuah PC, makin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. VGA kelas atas, macam RTX 3090 Ti bisa saja memiliki daya yang melebihi AC 1/2 PK. Untuk meminimalkan risiko pemborosan biaya listrik, pemasangan UPS di PC diperlukan dan hal itu bisa membantu mengontrol tagihan listrik di rumahmu.

Betul, kan, ternyata menggunakan UPS lebih bagus ketimbang tidak memasangkannya sama sekali. Namun, perlu diingat bahwa UPS yang dipakai harus berkualitas dan sesuai kebutuhan daya listrik pada komputer atau barang elektronik lainnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram Web di Komputer, Gak Ribet!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya