Comscore Tracker

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lama

Memperlambat penurunan performa baterai

Macbook terkenal dengan kesehatan baterai yang tahan lama. Ini dimungkinkan karena teknologi inovatif yang ditemukan Apple. Akan tetapi, performanya tetap akan menurun seiring usia dan cara pemakaian. Cepat atau lambat, kesehatan baterai Macbook pun akan terdegradasi. 

Meskipun demikian, para pengguna bisa memperlambat proses ini dengan melakukan beberapa upaya. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Jangan biarkan baterai Macbook habis. Segera isi daya saat persentasenya menunjukkan 20 hingga 30 persen

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi mengisi baterai macbook (unsplash.com/@gaspanik)

2. Hindari juga mengisi baterai sampai penuh atau bahkan overcharge. Sebaiknya lepas charger ketika baterai sudah 80 hingga 90 persen

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi mengisi baterai macbook (unsplash.com/@yogasdesign)

3. Untuk mengoptimalkan baterai, sebaiknya atur kecerahan layar dan matikan lampu keyboard

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi layar macbook cerah terang (pexels.com/cottonbro)

4. Arus listrik yang tidak stabil berdampak buruk. Karenanya, lebih baik isi Macbook langsung di stop kontak alih-alih menggunakan terminal listrik

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi mengisi baterai di stop kontak (pexels.com/Markus Spiske)

5. Jika ingin menyimpan Macbook dan tidak akan menggunakannya dalam jangka waktu tertentu, Apple menyarankan baterai terisi hingga 50 persen

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi menyimpan macbook (unsplash.com/Remy Loz)

Baca Juga: 5 Tips Merawat Macbook, Biar Awet dan Gak Cepat Rusak

6. Matikan Macbook saat tak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Ini bertujuan untuk menghindari pemakaian baterai oleh sistem

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi macbook (unsplash.com/Kari Shea)

7. Jangan lupa simpan di tempat yang dingin dan tidak lembap. Menurut Apple, suhu ideal ini berkisar antara -20 hingga 45 derajat Celsius

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi menyimpan macbook (unsplash.com/Oliur)

8. Sedangkan jika Macbook sedang digunakan, pastikan suhunya berada di kisaran 10 hingga 35 derajat Celsius

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi menggunakan macbook (unsplash.com/@nordwood)

9. Untuk menghindari suhu ekstrem, hindarkan perangkat tersebut dari paparan sinar matahari langsung

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi macbook terkena sinar matahari (unsplash.com/mikeyharris)

10. Jangan lupa update software MacOS untuk meningkatkan teknologi battery-saving yang lebih mumpuni

10 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook, Lebih Awet dan Tahan Lamailustrasi update MacOS (unsplash.com/@thomasw)

Walau usia baterai Macbook tak bisa diperpanjang, para pengguna dapat melakukan upaya perawatan memperlambat penurunan performa baterai. Karenanya, lakukan deretan tips di atas agar baterai tidak cepat aus dan usang sehingga performanya tetap optimal.

Baca Juga: Cara Ubah Tampilan Windows 10 agar Mirip macOS, Serasa Pakai MacBook

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya