Comscore Tracker

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lama

Coba aja, supaya gak perlu servis melulu

Coba kamu ingat-ingat, berapa jam sih umur baterai laptopmu? Bisa bertahan berapa lama tanpa kabel charger yang disambungkan dengan listrik? Jika kamu merasa baterai laptopmu boros dan hanya bisa bertahan sebentar, tak perlu langsung berpikir untuk mengganti laptop, ya!

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia baterai laptop. Apa saja? Intip rahasianya di bawah ini!

1. Redupkan cahaya pada layar

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamathewindowsclub.com

Sejauh ini, cahaya yang terlampau terang bisa menghabiskan baterai laptop dengan cepat. Bahkan, beberapa laptop yang lebih tua memiliki lampu latar yang lebih menguras daya. Sementara, lampu latar laptop baru umumnya menggunakan LED, meski tidak menutup kemungkinan tetap boros daya apabila terlampau terang.

Jika kamu ingin baterai laptopmu lebih awet, cukup redupkan lampu latar. Meredupkan lampu latar bisa menambah umur baterai hingga 30 menit atau lebih. Don't worry, semua laptop memiliki pengaturan kecerahan cahaya lampu latar, kok!

2. Ubah pengaturan daya

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamahowtogeek.com

Jika laptopmu memiliki OS Windows, terutama Windows 10, maka pengaturannya akan otomatis menempatkan baterai pada posisi Balance. Jika kamu ingin menghemat baterai, coba klik ikon Batterylalu geser ke sebelah kiri ke arah Best Battery LifeIni otomatis mengaktifkan fitur Battery Saver dan membuat bateraimu lebih awet.

Fitur ini akan otomatis membuat redup cahaya latar belakang laptop dan membuat usia baterai lebih panjang. Namun, jika kamu ingin meningkatkan performa laptop, cukup geser ke arah Best PerformanceSesuaikan ini dengan kebutuhanmu, ya!

3. Non-aktifkan WiFi dan Bluetooth

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamahowtogeek.com

Jika kamu sedang tak menggunakan, lebih baik matikan WiFi dan Bluetooth. Kedua hal ini menghabiskan daya yang cukup besar, jadi lebih baik non-aktifkan untuk meningkatkan umur baterai laptopmu. Just try, it will works!

Sebagian laptop memiliki tombol untuk menghidupkan dan mematikan WiFi, namun untuk Bluetooth bisa jadi lebih rumit. Di Windows 10, mematikan WiFi bisa dilakukan dengan menekan ikon Networklalu tekan ikon WiFi. Sementara, untuk Bluetooth, cukup klik ikon Bluetooth > Open Settings > Turn Off Bluetooth.

4. Jangan hubungkan laptop dengan listrik setiap saat

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamadigitaltrends.com

Kalau kamu punya kebiasaan ini, jangan heran kalau baterai laptopmu jadi boros! Menyambungkan laptop dengan listrik setiap saat bisa membuat baterai laptop jadi tak awet lagi. Nantinya, baterai laptopmu akan terkuras lebih cepat ketika sedang tidak tersambung dengan listrik.

Beberapa produsen laptop menyediakan utilitas yang membatasi baterai dari pengisian penuh. Kamu juga bisa melepas sambungan listrik secara manual segera setelah baterai laptop terisi 100 persen, saran laman Tech Advisor.

Baca Juga: 7 Hal Ini yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

5. Putuskan sambungan yang tidak perlu

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamaistockphoto.com

Beberapa hal sederhana bisa dilakukan untuk memperpanjang usia baterai laptop. Misalnya, melepaskan USB yang menancap ke laptop, baik USB flashdisk, hard disk eksternal dan sejenisnya. Jika koneksi USB itu tak lagi diperlukan, lebih baik lepaskan sambungan dari laptop.

Jangan lupa untuk mengeluarkan CD/DVD dari DVD Drive. Karena, CD/DVD itu akan terus berputar setiap kali kamu meluncurkan jendela Windows Explorer dan bisa mengurangi masa pakai baterai. Hal-hal remeh seperti ini bisa membuat baterai laptopmu lebih awet!

6. Tidak menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamainnovapptive.com

Mengelola memori adalah cara yang bisa dilakukan untuk membuat baterai jadi awet. Sadarkah kamu kalau membuka 10 atau 20 tabs di browser, bisa menyebabkan baterai jadi boros? Atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan? Terlebih, jika aplikasi yang digunakan tergolong berat, seperti aplikasi edit foto, edit video atau desain grafis.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membuka beberapa aplikasi sekaligus pada satu waktu karena bisa mengurangi usia baterai laptop. Percayalah, ini bisa meningkatkan umur baterai laptopmu!

7. Coba beli baterai cadangan

Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lamanewsroom.intel.com

Tahukah kamu bahwa baterai laptop tidak dirancang untuk bertahan seumur hidup? Setelah beberapa lama, baterai laptop akan mengalami penurunan kualitas. Bahkan, baterai laptop bisa tak berfungsi sama sekali dan membuat laptop kita bergantung pada listrik untuk mengisi daya secara terus menerus.

Maka, disarankan menyiapkan baterai cadangan untuk laptop jika sewaktu-waktu baterai laptop mati. Penurunan usia baterai bisa terjadi kapan saja, akan lebih baik kalau kita mempersiapkan diri. Namun, hal ini tak bisa diterapkan apabila baterai laptopmu memiliki tipe non-removable, ya!

Nah, itulah 7 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia baterai laptop. Coba terapkan dan semoga berhasil!

Baca Juga: Apakah Laptopmu Sudah saatnya Ganti? Cari Tahu Lewat Kuis Ini

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya