Comscore Tracker

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!

Salah satunya bisa mengukur tinggi badan

Sistem operasi iOS dari Apple telah berkembang sangat jauh dari pertama kali ia dibuat. Semenjak pertama kali diperkenalkan di tahun 2007, iOS selalu menawarkan hal baru di tahun-tahun berikutnya. 

Hingga saat ini, iOS memiliki beragam fitur yang bisa menjawab berbagai kebutuhanmu. Beberapa fitur tersebut bisa dibilang tersembunyi karena Apple tidak mengumumkan fitur tersebut secara terbuka.

Berikut beberapa fitur tersembunyi iPhone yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Jadikan keyboard sebagai trackpad

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi fitur keyboard sebagai trackpad (cnet.com)

Saat kamu sedang mengetik sebuah pesan, menempatkan kursor ke huruf tertentu bisa menjadi hal yang sulit. Walaupun kamu bisa mengarahkan jari ke huruf tersebut, hal ini biasanya akan menyoroti seluruh kata atau kalimat. 

Kamu bisa menjadikan keyboard sebagai trackpad untuk cara alternatif. Untuk menggunakan fitur ini, tahan jari di bagian bawah layar, tepatnya di Space. Keyboard akan berubah menjadi abu-abu dan siap dijadikan sebagai trackpad

2. Gunakan aplikasi Measure untuk mengukur tinggi badan

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi aplikasi Measure (support.apple.com)

Kamu bisa mengukur suatu objek, termasuk tinggi badan seseorang, hanya dengan menempatkannya di depan kamera iPhone. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Measure.

Pertama, buka aplikasi Measure. Kemudian, pastikan orang yang ingin diukur tingginya terlihat seutuhnya dengan cahaya yang memadai. Jika kamu sudah melakukan ini, akan ada garis yang muncul di atas kepala orang tersebut. Aplikasi ini akan memunculkan tinggi badan yang telah diukur.

3. Gunakan bagian belakang iPhone sebagai tombol tambahan

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi bagian belakang iPhone (unsplash.com/Opollo Photography)

Bagian belakang iPhone bisa kamu gunakan untuk melakukan hal tertentu. Untuk mengaktifkannya, buka Setting > Accessibility > Touch. Setelah itu pilih Back Tap dan kamu akan diberikan banyak pilihan yang bisa digunakan.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk beragam kebutuhan, seperti Lock Screen, Screenshot, Siri, atau membuka Control Center. Fitur ini memiliki pilihan double tap dan triple tap.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menggunakan Fitur Fotografi di Kamera iPhone

4. Gunakan flash kamera sebagai notifikasi

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi fitur LED Flash for Alerts (support.apple.com)

Kamu bisa menggunakan flash kamera belakang sebagai notifikasi tambahan. Fitur ini akan memberikan kamu pemberitahuan visual saat seseorang menelepon atau mengirim pesan. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke Setting > Accessibility. Di bagian Audio/Visual ada pilihan LED Flash for Alerts. Fitur ini juga cocok digunakan saat kamu menggunakan mode silent.

5. Scan dokumen dengan kamera

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi fitur scan dokumen di iPhone (support.apple.com)

Kamera iPhone bisa digunakan sebagai pemindai dokumen atau document scanner. Fitur ini bekerja dengan sangat baik sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas dokumen digital yang jernih.

Kamu perlu menggunakan aplikasi Notes untuk menggunakan fitur ini. Pertama, buka aplikasi Notes dan pilih ikon kamera, kemudian pilih Scan Documents. Mulai proses scan dengan kamera belakangmu, dan hasil scan akan tersimpan otomatis. 

6. Buat shortcut untuk frasa atau kalimat

6 Fitur Menarik iPhone yang Jarang Diketahui, Ayo Coba!ilustrasi fitur Text Replacement iPhone (support.apple.com)

Fitur ini sangat cocok digunakan jika kamu mempunyai sebuah frasa atau kalimat yang sering digunakan. Contohnya, kamu bisa membuat shortcut 'On my way' dengan 'omw'. Pada saat kamu mengetik 'omw', fitur ini akan otomatis menggantinya dengan frasa 'On my way'.

Untuk menggunakannya, pergi ke Setting > General > Keyboard. Pilih Text Replacement, dan kamu bisa membuat shortcut frasa atau kalimat yang kamu inginkan.

Fitur-fitur tersembunyi yang disebutkan di atas hanya beberapa contoh dari keseluruhan fitur iPhone. Sistem operasi ini menawarkan beragam fitur menarik lainnya yang masih bisa dieksplorasi. Beri komentar di bawah ini jika kamu mengetahui fitur tersembunyi iPhone lainnya. 

Baca Juga: 6 Fitur Menarik Siri yang Jarang Diketahui, Mengagumkan!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya