Comscore Tracker

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depan

Kamu gak perlu beranjak ke mana-mana

Buat kamu yang sudah nonton film Ready Player One, mungkin pernah berandai-andai, apakah teknologi VR (virtual reality) bisa secanggih itu di masa depan? Dalam film tersebut, segala aktivitas dunia nyata bisa dilakukan melalui perangkat VR. Kira-kira apa saja yang bisa berubah? Yuk simak!

1. Permainan video game akan makin kaya dan menarik

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depanpolygon.com

Satu hal yang pasti akan berkembang pesat dengan adanya VR adalah dunia video game. Saat ini, telah ada PlayStation VR, HTC Vive, dan Oculus Rift sebagai perangkat yang mendukung kepuasan gamer di dunia VR. Meski begitu sekadar kepuasan visual saja.

Bisa jadi di masa depan, tak hanya mata yang merasakan VR, melainkan juga bisa melibatkan gerakan kinetik, yaitu tangan dan kaki. Sejauh ini, teknologi tersebut masih dikembangkan. Bayangkan jika kamu bisa bermain game shooter dengan perangkat VR yang juga melibatkan gerak tubuh. Pasti bakal asyik banget.

2. Akan banyak film 3D yang muncul di perangkat VR

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depantheconversation.com

Sejauh ini, film kebanyakan hanya bisa dinikmati di perangkat elektronik atau bioskop dengan satu sudut pandang. Bayangkan, dengan makin canggihnya teknologi VR, akan banyak bermunculan film 3D. Gak hanya satu sisi, kamu bisa melihat adegan di sekeliling tokoh utama. Selain itu, kamu pasti akan diajak berpikir, kira-kira kamu harus melihat ke arah mana untuk adegan klimaksnya.

3. Dengan teknologi VR, kamu bisa mengunjungi beragam tempat baru yang kamu mau

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depangoogle.com

Mungkin kamu sudah tahu kalau ada aplikasi peta, seperti Google Maps yang memungkinkanmu melihat tempat-tempat menarik di seluruh dunia dengan fitur street view. Bayangkan dengan teknologi VR, kamu bisa berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat eksotis di dunia tanpa perlu beranjak dari rumah!

4. VR juga bisa dipakai untuk simulasi bedah

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depanuploadvr.com

Kamu berniat jadi dokter bedah? Selama ini, latihan membedah dilakukan terhadap manusia benaran. Dengan adanya perkembangan VR di bidang kedokteran, memungkinkan profesional untuk melakukan simulasi pembedahan yang lebih aman. Buat kamu yang penasaran dengan simulasi bedah, kamu bisa mencoba game Surgeon Simulator. Ke depannya mungkin akan ada game simulasi bedah yang lebih canggih dengan teknologi VR.

5. Bisa juga sebagai media simulasi menyetir

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depanwareable.com

Ingin bisa nyetir tapi takut kecelakaan? Wajar saja kalau kekhawatiran itu muncul. Namun, dengan teknologi VR, kamu bisa menepis kekhawatiran itu. Gak hanya motor atau pun mobil, kamu pun bisa mencoba simulasi pesawat terbang. Dengan VR yang realistis, memungkinkan mencegah kecelakaan saat menggunakan pesawat yang sesungguhnya. Setidaknya, meski gak jadi pilot, kamu bisa merasakan pengalaman menerbangkan pesawat.

6. Olahraga dengan teknologi VR

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depanviar360.com

Gak hanya game, perangkat VR pun berpotensi untuk jadi perangkat olahraga mutakhir. Kamu bisa mencoba beragam olahraga hanya mengandalkan perangkat VR. Kamu bisa bermain tenis, memanah, atau jogging. Namun, tentunya akan makin menarik jika sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi gerak.

7. Menjelajahi samudera dan luar angkasa dengan VR

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depantheverge.com

Selain menjelajahi tempat-tempat menarik di bumi, VR juga memungkinkan untukmu menjelajahi tempat-tempat yang sulit dijamah, seperti dalam lautan atau luar angkasa. Bayangkan betapa indahnya alam yang ada dari balik perangkat VR milikmu.

8. Kamu bisa belajar bahkan bisa sekolah dengan VR

Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depaniotforall_com

VR akan memanjakanmu untuk gak beranjak ke mana-mana. Selain hiburan, kamu pun bisa belajar banyak. Tatap muka secara langsung pun mungkin sudah gak terlalu penting. Bahkan, bisa jadi di masa depan, orang-orang akan lebih tertarik untuk sekolah secara virtual.

Itu tadi beberapa prediksi teknologi VR di masa depan. Apa yang paling menarik perhatianmu? Atau kamu sendiri punya gambaran sendiri akan seperti apa? Yuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

Topic:

  • Yudha
  • Tania

Just For You