Comscore Tracker

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!

Bisa menyambung dengan internet? Benarkah?

Anak 90an paling paham tentang PlayStation 1 atau biasa dikenal PS1. Mulai dari suara pembukanya, cara menggunakan memory card dan lain halnya. Tapi benarkah demikian?

Benarkah kita sudah mengetahui segala hal tentang PlayStation 1? Karena ternyata, setelah dicek-cek lagi, banyak fitur rahasia yang tidak pernah kita pakai sebelumnya. Berikut ini adalah fitur-fitur rahasia konsol legenda tersebut.

1. Tersambung dengan internet

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!fastcompany.com

Pasti banyak yang tidak tahu akan hal ini. PlayStation 1 yang bisa tersambung ke internet sebenarnya adalah barang khusus. Bernama PlayStation I Mode, konsol Sony ini hanya bisa didapatkan di Jepang.

Cara mengoneksikannya dengan internet yaitu dengan menyambungkannya ke kabel telepon. Dengan mengoneksikannya ke internet, pemain bisa bermain beberapa koleksi online game di sana, serta browsing informasi walaupun sangat terbatas.

2. Adanya sistem scanning

https://www.youtube.com/embed/wrKoEgVjwu8

Kalian mungkin tidak percaya jika PlayStation 1 sudah pernah mencanangkan fitur scanning, yang mana karakter buatanmu di dunia nyata bisa masuk ke video game, alias konsep toys-to-live action, seperti Skylander.

Judul gamenya adalah ZXE-D: Legend of Plasmatlite. Kamu akan membangun plastic model mecha-mu dan nantinya akan di-scan oleh memory card khusus. Tentu saja ini game yang langka, karena game ini hanya keluar di Jepang.

3. Membuat game-mu sendiri

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!ebay.co.uk

Fitur ini juga datang dari seri PlayStation 1 yang berbeda. Tampak seperti PlayStation 1 biasa namun berwarna hitam, konsol yang dinamai khusus Net Yaroze ini memiliki fitur sambungan ke komputer serta CD yang berisi alat pengembangan video game.

PlayStation spesial ini memang didesain untuk para pengembang game. Fyi, Yaroze berarti "let's do it together" dalam bahasa Jepang.

Baca Juga: 5 Franchise Eksklusif Playstation Paling Menakjubkan Sepanjang Masa

4. Menyimpan data game di floopy disk

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!twitter.com/foone

Iya, kamu tidak salah baca. Dulu untuk menyimpan data di PlayStation 1, kamu perlu menggunakan tambahan alat bernama memory card. Kapasitas alat ini sangat kecil dan tergolong mahal, karena harganya setara dengan 10 floppy disk.

Mengatasi hal itu, dibuatlah driver bernama Memory Disk Driver yang membuatmu dapat menyimpan game lewat floppy disk. Itu berarti bisa lebih banyak menghemat dana.

5. Tersambung dengan konsol lain

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!youtube.com Burning Rangers Gaming Channel

Dulu untuk bermain bersama orang lain, tidak ada cara lain selain harus membagi layar. Hal itu menyebabkan gambar game PlayStation 1 menjadi kecil dan tidak nyaman dimainkan. Sony paham akan hal itu dan membuat sebuah alat bernama PlayStation Link Cable. Kabel ini memungkinkan konsol PlayStation yang berbeda dapat bermain bersama dengan layar game yang berbeda pula.

6. Digunakan sebagai DJ

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!ebay.com

Ini juga controller khusus bernama Rave-Discman. Tidak seperti controller biasa, bentuknya segitiga dan memiliki dua controller yang terpisah untuk satu slot kabel.

Ada tujuh tombol dalam controller ini dan satu controller lagi adalah spinning disc seperti DJ set pada umumnya. Mainkan dengan game berjudul Beatmania, maka kamu akan menghasilkan musik yang unik.

7. Menonton film

7 Rahasia PS1 Ini Tak Diketahui Gamer, walau Sudah Lama Memainkannya!instanonymous.com

Ternyata banyak seri PlayStation yang tidak kamu ketahui. Salah satu seri PlayStation 1 adalah SCPH-5903 alias PlayStation Video CD.

Konsol PlayStation 1 ini mampu membaca VCD yang membuatmu dapat menonton film lewat konsol video game milik Sony ini. PlayStation Video CD juga memiliki konektor audio dan RCA yang berbeda untuk menghasilkan suara yang lebih memuaskan.

Dari rahasia-rahasia ini, manakah yang sudah kamu ketahui? Katanya sih masih banyak lagi rahasianya PS1, tapi sebaiknya kita biarkan saja untuk tetap tidak terkuak. Belum saatnya. Suatu hari nanti pasti akan dimunculkan.

Baca Juga: PlayStation Lover, Ini 7 Pengumuman Baru yang Ada di State of Play 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You