TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Azure Ray Menangkan ESL One Kuala Lumpur 2023, GG!

Final yang fantastis dan dramatis!

Perayaan tim Azure Ray sebagai pemenang ESL One Kuala Lumpur 2023. (youtube.com/ESL Dota 2)

ESL One Kuala Lumpur menjadi kejuaraan besar penutup tahun 2023 untuk game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) tersohor DOTA 2. Kejuaraan dengan total hadiah sebesar 1 juta dollar Amerika yang diadakan dari 11–17 Desember 2023 di Kuala Lumpur ini telah melahirkan satu tim pemenang, yaitu Azure Ray. Mereka merupakan tim DOTA 2 asal China dan dipenggawai oleh anggota muda maupun senior.

Perjalanan tim Azure Ray untuk memenangkan ESL One Kuala Lumpur 2023 dapat  dibilang cukup mengejutkan. Pasalnya Azure Ray bukanlah tim esports yang diunggulkan fans dan panelis karena performa mereka di sepanjang tahun 2023. Yuk, simak fakta tentang Azure Ray menangkan ESL One Kuala Lumpur 2023. 

1. Tim yang baru dibentuk beranggotakan finalis The International

Tim Azure Ray pada gelaran The International 2023. (youtube.com/dota2)

Azure Ray merupakan tim DOTA 2 yang baru dibentuk pada pertengahan tahun 2023. Tim Azure Ray dibentuk dengan anggota tiga pemain senior, yaitu Somnus, Chalice, dan Fy, yang merupakan mantan finalis kejuaraan DOTA 2 dan esport terbesar di dunia The International. Selain beranggotakan pemain senior tim Azure Ray dilengkapi dengan dua pemain muda Lou dan Tian Ming.

Adanya mantan finalis The International sebagai pemain senior tidak serta merta membuat Azure Ray langsung mendominasi kancah kejuaraan DOTA 2. Buktinya, mereka hanya bisa finish di posisi ke-4 di kejuaraan liga lokal China DOTA 2, dan posisi ke-7 di kejuaraan Bali Major 2023. Meskipun performa yang kurang apik di awal pembentukan, mereka masih dapat meraih posisi ke-4 di gelaran kejuaraan DOTA 2 terbesar tahun ini, The International 2023.

Baca Juga: Kaleidoskop Esports Indonesia 2023, Jadi Tahun Milik ONIC

2. Rombak anggota tim sebelum gelaran ESL One Kuala Lumpur 2023

Setelah gelaran The International 2023, Azure Ray melakukan perombakan besar pada anggota tim. Anggota mantan finalis The International, yaitu Somnus, Chalice, dan Fy digantikan oleh pemain lain, yaitu Xm, Xxs, dan XinQ. Adanya perombakan tim ini tentunya kabar mengejutkan bagi fans DOTA 2 di China.

Perombakan besar di dalam tim, apalagi sebelum bertanding di sebuah kejuaraan internasional dengan kontestan tim besar dari seluruh penjuru dunia merupakan langkah yang berani. Perlu diingat, ESL One Kuala Lumpur 2023 adalah bagian dari rangkaian kejuaraan major DOTA 2 di sepanjang tahun 2023. Tim yang terkenal di bidang esport, seperti Team Secret, Team Liquid, LGD, dan Gaimin Gladiators ikut andil sebagai peserta kejuaraan.

Verified Writer

Anjar Ilham Pambudi

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya