Comscore Tracker

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!

Akan membawa banyak teknologi baru yang memukau

Beberapa bulan setelah mengumumkan eksistensi konsol generasi berikutnya dalam sebuah wawancara bersama Wired, Sony kembali melakukan hal yang serupa, dengan berbicara lebih dalam mengenai konsol baru yang sedang mereka kerjakan. Yap, itu adalah PlayStation 5 yang bisa dikatakan merupakan konsol paling ‘terbuka’ dalam beberapa generasi terakhir. Sony sendiri beberapa minggu yang lalu juga membeberkan detail mengenai PlayStation 5 di situs resmi mereka dan berikut ulasannya.

1. Dinamai ‘PlayStation 5’

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!gamespot.com

Pertama dan mungkin menjadi satu hal yang sudah diketahui banyak orang adalah nama dari konsol terbaru Sony, yang secara resmi bernama PlayStation 5. Sistem penomoran angka yang normal (non romawi) seperti ini, telah Sony gunakan sejak generasi pertama PlayStation, sehingga kecil kemungkinan bahwa Sony akan menggunakan sistem penomoran yang berbeda. Dalam wawancara bersama Wired, CEO Sony Interactive Entertainment – Jim Ryan, mengatakan bahwa ia senang bisa mengonfirmasi nama resmi konsol terbarunya.

2. Dirilis pada akhir tahun 2020

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!codelist.biz

Berbicara mengenai peluncuran, Sony juga mengonfirmasi bahwa tanggal rilis resmi dari PlayStation 5 adalah akhir tahun 2020. Menariknya, di periode atau waktu yang sama, Microsoft juga akan merilis Xbox Scarlett.

Ini mungkin menjadi salah satu langkah Sony untuk maju menantang Microsoft di ‘perang konsol’. Tidak ada hari atau bulan yang pasti sejauh ini, namun jika melihat dari perilisan konsol sebelumnya yaitu PlayStation 4, maka tanggal rilis PlayStation 5 diperkirakan akan jatuh pada bulan November.

3. Kontrollernya dibekali dengan banyak fitur baru

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!techradar.com

Bagian terbesar dari wawancara Wired sebenarnya tidak menyangkut PlayStation 5 itu sendiri, melainkan kontrolernya. DualShock 5 (bukan nama resmi) akan dibekali dengan banyak fitur baru.

Salah satu yang terbesar adalah dimasukkannya adaptive trigger, yang dapat mereplika beragam sensasi ketegangan yang berbeda-beda, seperti ketika menarik anak panah atau menembak misalnya. Selanjutnya adalah haptic feedback, yang akan merevolusi efek getar dan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih nyata.

Baca Juga: 7 Keputusan Terburuk Nintendo, Salah Satunya Menciptakan PlayStation

4. Mengandalkan SSD sebagai media penyimpanan utama

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!firstpost.com

SSD menjadi fitur yang mendapat perhatian paling besar ketika Sony mengonfirmasi kehadirannya di PlayStation 5. Sony mengatakan bahwa teknologi penyimpanan yang lebih canggih dan baru ini, tidak hanya akan menguntungkan pemain namun juga developer ke depannya. Kecepatan baca yang gesit dari SSD dikatakan bisa menghemat ruang penting, di mana developer bisa menggunakan ruang itu membangun dunia yang lebih besar dan detail, atau meminimalkan ukuran dari game atau patch yang mereka buat.

5. Mendukung ray tracing untuk visual yang lebih memanjakan mata

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!pcgamesn.com

Bersama dengan SSD, ray tracing juga menjadi fitur next-gen yang akan diimplementasikan ke dalam PlayStation 5. Teknologi visual ini pada dasarnya memungkinkan rendering cahaya yang lebih realistis, dengan sumber cahaya asli menggantikan cahaya imitasi untuk menerangi dunia atau objek di dalam game.

Ray tracing juga akan mengangkat kualitas audio, dengan memungkinkan penggunaan audio 3D untuk efek yang lebih nyata. Teknologi ini, sejauh ini masih digunakan di beberapa game PC dan film animasi buatan Hollywood.

6. Gamenya akan menggunakan optical disc berukuran 100GB

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!ign.com

Detail kecil lain yang dijelaskan Sony mengenai PlayStation 5 adalah berbagai gamenya yang dikatakan menggunakan optical disc berukuran 100GB. Sebelumnya di PlayStation 4, optical disc yang bisa digunakan hanya berukuran 50 saja.

Jadi, ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memilki game dengan ukuran dua kali lipat. Fakta bahwa PlayStation 5 masih menggunakan sistem disk seperti ini tidaklah mengejutkan, dengan Sony yang memilih untuk mempertahankan cara standar, meski penjualan digital terus tumbuh dari tahun ke tahun.

7. Dilengkapi dengan dukungan 4K Blu-Ray disc

Nama hingga Tanggal Rilis, Ini 7 Detail yang Sony Konfirmasi dari PS5!techradar.com

Konsol generasi sebelumnya yaitu PlayStation 4, kalah telak atau Xbox One S dan X karena masih menggunakan Blu-Ray player regular, alih 4K Blu-Ray player. Parahnya lagi, Sony kembali melewatkan kesempatan dengan tidak menyertakan Blu-Ray player yang lebih baik di PlayStation 4 Pro.

Untungnya, masalah ini teratasi setelah PlayStation 5 dikonfirmasi akan mendukung 4K Blu-Ray disc. Langkah yang dilakukan Sony untuk menyaingi Microsoft ini mungkin terlambat, namun setidaknya lebih baik daripada tidak sama sekali.

Itulah tadi sedikit info atau rangkuman mengenai detail yang dikonfirmasi Sony terkait PlayStation 5. Setelah mengetahui detail resmi di atas, masih tertarikkah kamu untuk membeli PlayStation 5?

Baca Juga: 7 Bocoran Terbaru Soal Playstation 5, Gak Sabar Nunggu Kan?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You