5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA Terbaru

Xbox Series S jadi salah satunya

Sepanjang 2023 masyarakat disuguhi berbagai judul game terbaru yang rilis untuk konsol next-gen. Sayangnya, sebagian gamer di Indonesia belum bisa menikmati game-game tersebut karena terkendala budget untuk membeli konsol terbaru. Maklum saja, harga PS5 di Indonesia sekarang masih cukup tinggi. Mungkin perlu beberapa tahun lagi menunggu harganya turun. 

Hal itu juga berlaku bagi gamer PC yang punya komputer dengan spesifikasi kentang yang tak sanggup memainkan game-game terbaru. Sebenarnya, ada beberapa alternatif kalau kamu pengin membeli konsol game, tetapi terkendala budget. Sebab, hingga akhir 2023, ada beberapa konsol murah tapi bisa memainkan game-game baru. Ya, beberapa konsol yang mampu memainkan game-game AAA kekinian berikut ini bisa kamu pertimbangkan karena harganya cukup terjangkau!

1. Xbox Series S

5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA TerbaruXbox Series S (xbox.com)

Xbox Series S adalah konsol generasi kesembilan. Artinya, konsol ini setara dengan PS5 dan Xbox Series X. Di sisi lain, Xbox Series S punya harga yang jauh lebih murah. Bedanya dengan Xbox Series X adalah, konsol ini hanya bisa menjalankan game dari unduhan digital serta punya spesifikasi teknis yang sedikit lebih rendah.

Xbox Series S memiliki prosesor kustom AMD, grafis RDNA 2, RAM 10GB GDDR6, penyimpanan SSD 512GB, dukungan resolusi 1440p, dan kemampuan untuk streaming game dengan teknologi xCloud. Secara keseluruhan, Xbox Series S dapat menjalankan game keluaran terbaru. Di marketplace, Xbox Series S dibanderol dengan Rp3,9 jutaan. Harga tersebut sangat berbeda dengan PS5 yang harganya saat ini bisa mencapai dua kali lipatnya. 

Baca Juga: 4 Game Gratis di Xbox Game Pass Bulan November 2023

2. PlayStation 4 Fat

5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA TerbaruPS4 Fat (shopee.co.id)

PS4 Fat adalah versi PS4 yang pertama kali meluncur pada 2013. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang belum pernah bermain game-game AAA di era PS4. Saat ini, PS4 masih mendapatkan beberapa game terbaru meski mungkin akan segera ditinggalkan oleh para developer yang berfokus pada PS5. Tapi, setidaknya PS4 masih bisa menjalankan game-game AAA terbaik yang dirilis circa 2013 sampai 2023. Dengan library game yang luas, PS4 Fat jelas sangat direkomendasikan bagi kamu yang belum pernah memainkan game-game PS4 sama sekali. Di marketplace, PS4 Fat dijual dengan harga mulai dari Rp2 jutaan.

3. Nintendo Switch Lite

5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA TerbaruSwitch Lite yang punya harga lebih murah (nintendo.com)

Berikutnya ada Nintendo Switch Lite yang merupakan versi murah dari Switch versi standar. Bedanya adalah, Switch Lite tidak bisa dihubungkan dengan layar monitor sehingga hanya bisa dijalankan sebagai konsol handheld. Switch Lite disarankan untuk kamu penggemar game-game Nintendo dengan ciri khasnya yang family friendly yang umumnya cocok dimainkan oleh semua umur. 

Spesifikasi teknis dari Switch Lite juga punya memiliki beberapa perbedaan dari versi standarnya, namun, masih menggunakan prosesor yang sama. Akan tetapi, Switch Lite tidak punya langganan katalog game bulanan sehingga kamu harus membeli game secara ecer. Di marketplace, Nintendo Switch Lite dijual mulai dari Rp2,4 jutaan. 

4. Steam Deck

5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA Terbaruilustrasi konsol Steam Deck (steamdeck.com)

Diperlukan budget yang cukup besar untuk bisa merakit PC spesifikasi tinggi. Begitu juga dengan membeli laptop gaming. Namun, ada alternatif lain jika kamu mau memainkan game PC dengan kualitas grafis tinggi, tetapi punya dana terbatas. Jawabannya adalah Steam Deck, sebuah konsol handheld computer besutan Valve yang dikhususkan bagi para gamer PC. Hampir semua game populer kekinian bisa dijalankan di Steam Deck. Di marketplace, Steam Deck dijual mulai dari Rp6,5 jutaan. Harga tersebut jelas lebih murah daripada merakit PC berspesifikasi tinggi. Berikut adalah spesifikasi teknis Steam Deck:

  • Layar: 7 inci, OLED, 1280 x 800 piksel, 60-90 Hz.
  • Prosesor: AMD Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5 GHz.
  • GPU: AMD RDNA 2, 8 CUs, 1.6 GHz.
  • RAM: 16 GB LPDDR5.
  • Penyimpanan: 64 GB eMMC, 256 GB NVMe SSD, atau 512 GB NVMe SSD.
  • Konektivitas: Wi-Fi 6E.
  • Bluetooth 5.3, USB-C.

5. PS4 Pro

5 Konsol Game Murah Terbaik, Bisa Jalankan Game AAA Terbarukonsol PS4 Pro (playstation.com)

Terakhir, ada PS4 Pro. Ini merupakan versi upgrade PS4 yang diluncurkan pada 2016 silam. PS4 Pro membawa peningkatan spesifikasi berupa fitur tambahan, salah satunya adalah dukungan resolusi 4K. Desain bodi PS4 Pro juga lebih kecil dari PS4 Fat. PS4 Pro memiliki prosesor AMD Jaguar 8-core, GPU AMD Radeon dengan 4.20 TFLOPS, dan RAM 8 GB GDDR5. PS4 Pro bisa kamu dapatkan di marketplace dengan harga mulai dari Rp3,1 jutaan. 

Berkat kehadiran lima konsol game tersebut, gamer dengan dana terbatas juga bisa menikmati serunya bermain game AAA. Pilihlah sesuai dengan ketersediaan budget dan preferensi kamu, ya!

Baca Juga: 3 Alasan A Space for the Unbound Bisa Masuk The Game Awards 2023

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya