Comscore Tracker

Instagram Uji Coba Hilangkan Tab Shopping dari Feed

Beberapa pengguna sudah merasakannya

Sejak pertama diluncurkan, tab "Shopping" pada aplikasi Instagram memang mendapat banyak kritikan. Mulai dari penempatannya yang dirasa terlalu memaksa hingga fiturnya yang kurang diminati oleh pengguna.

Menanggapi hal tersebut, pihak Meta kini tengah melakukan uji coba guna menghilangkan tab "Shopping" pada home screen Instagram kita.

Pertama kali diketahui oleh user

Instagram Uji Coba Hilangkan Tab Shopping dari Feedtangkap layar instagram (dok. TechCrunch)

Beberapa pengguna Instagram mulai melihat perubahan pada feed mereka. Letak tab "Shopping" diganti dengan tab "Notification". Ada juga beberapa pengguna yang menunjukkan bahwa tab "Shopping" hilang dan digantikan dengan tab "Messages". Sontak perubahan tersebut mereka bagikan di Twitter dan direspons dengan senang hati. 

Perlu dicatat bahwa sejak pertama kali rilis, tab "Shopping" di Instagram memang banyak diprotes oleh penggunanya. Hal tersebut lantaran letak tab "Shopping" yang menggantikan tab "Notification" sehingga banyak user yang merasa kebingungan. Uji coba menghilangkan tab "Shopping" tersebut tentu diamini banyak pengguna.

Baca Juga: Penuhi Keinginan Pengguna, Instagram Mulai Uji Coba Fitur "Repost"

Konfirmasi pihak Meta

Instagram Uji Coba Hilangkan Tab Shopping dari Feedilustrasi Instagram (Unsplash/ Claudio Schwarz)

Pihak Meta sendiri mengonfirmasi bahwa mereka tengah mencoba versi yang berbeda.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menyederhanakan pengalaman Instagram Anda, kami menguji beberapa perubahan pada bilah navigasi utama di bagian bawah aplikasi pada sejumlah kecil pengguna,” ujar Meta, melansir TechCrunch.

Sebenarnya pihak Meta memang tidak sepenuhnya menghapus fitur tab "Shopping" pada Instagram. Dari pengamatan pengguna yang sudah tidak melihat tab "Shopping" pada feed mereka, fitur Shopping masih bisa ditemukan di bagian menu sekunder bersama dengan menu "Setting", "Saved Post", dan sejenisnya.

Akibat dari perubahan tersebut

Instagram Uji Coba Hilangkan Tab Shopping dari Feedilustrasi instagram (Unsplash/Gabrielle Henderson)

Tentu banyak user yang berbahagia melihat perubahan tersebut. Hal tersebut bisa dilihat dari unggahan twit user Instagram yang sudah mendapat update-nya. Kebanyakan merasa bahagia dengan hilangnya tab "Shopping" dari feed. Sejak rilis pada 2020 silam, banyak pengguna yang sudah mengeluhkan tab "Shopping" tersebut.

Namun bagi para toko atau penjual yang sering memanfaatkan fitur tab "Shopping", tentu hal tersebut jadi masalah bagi mereka. Ada potensi kerugian bagi para shop owner tersebut jika tab "Shopping" dipindah letaknya.

Meski begitu, Instagram tetap bisa memenuhi kebutuhan shop owner dengan fitur lainnya. Melansir The Verge, pihak Meta mengungkap bahwa commerce tetap akan jadi pertimbangan bagi pengembangan fitur Instagram.

Baca Juga: 7 Cara Download Reels Instagram Tanpa Aplikasi, Mudah Kok!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya