Comscore Tracker

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!

Review yang bagus bisa membuat sebuah produk atau jasa laku

Review atau ulasan menjadi salah satu elemen penting bagi para pelaku usaha. Pasalnya, review memang berisi pengalaman atau testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan jasa serta membeli produk tertentu. Apabila sebuah perusahaan, toko online, dan layanan jasa lainnya memiliki review yang bagus, maka otomatis banyak orang lain yang akan tertarik untuk membeli sesuatu dari toko tersebut.

Berbeda dengan toko yang terisi penuh oleh komentar review yang jelek dan jarang mendapatkan bintang 5, mereka pasti sepi pelanggan karena busuk-busuknya sudah terekspos dari review yang ada. Bukan tanpa sebab, rupanya calon pelanggan lebih cenderung membeli sesuatu jika orang lain turut membeli dan menikmatinya.

Permasalahannya adalah banyak sekali review-review bagus yang palsu. Ini dilakukan demi mendongkrak penjualan dari toko yang bersangkutan, padahal yang dikatakan di review tersebut bohong.

Praktis, tak heran apabila banyak orang yang kena tipu dan mendapatkan barang yang zonk. Apalagi sekarang belanja online sedang marak-maraknya, kecewa dong kalau barangnya tidak sesuai ekspektasi di gambar.

Kendati begitu, tidak selamanya review palsu berisi komentar negatif. Ada pula pelaku yang justru menjelek-jelekkan sebuah toko karena persaingan usaha. Biasanya pelaku dari review palsu ini dibedakan menjadi 3 macam, yakni:

  • Orang yang dibayar (atau diberikan barang gratis) oleh toko untuk menulis review bagus;
  • Si penjual yang membuat banyak akun untuk memberikan review bagus di tokonya sendiri;
  • Orang yang tidak pernah membeli dan mengunjungi toko, yang justru malah merugikan toko karena memberi review jelek tanpa dasar.

Maka dari itu, berikut beberapa cara untuk mengetahui mana saja review yang palsu. Jangan sampai mudah terkecoh oleh tukang bohong, survei saja mengatakan 84 persen calon pelanggan tidak tahu cara membedakan review yang palsu!

1. Periksa komentarnya

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!phoneradar.com

Melansir Which, jangan pernah melihat sebuah review hanya dari bintangnya saja. Kalau kamu menemukan review yang memberikan bintang 5, kamu harus mencari komentarnya.

Dari situ, kamu jadi bisa tahu kenapa seseorang berani memberikan lima bintang dengan disertai alasan yang jelas. Namun review bagus yang sangat lebay pun wajib kamu curigai.

Selain itu, perhatikan juga sejumlah review lainnya. Kalau benar bahwa toko tersebut diberikan banyak 5 bintang, maka review tersebut bisa dipercaya. Berbeda dengan review bintang 5 yang berada di sekeliling review buruk, biasanya itu adalah orang yang sengaja dibayar untuk memberikan bintang 5 supaya popularitas toko tidak menurun.

2. Hati-hati dengan review yang menggunakan bahasa berlebihan

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!idropnews.com

Baik di iklan ataupun di kolom review, kamu pasti akan menemukan komentar yang sangat berlebihan. Dengan komentar yang dibagus-bagukan menggunakan bahasa mencurigakan, si pelaku review palsu berharap orang akan jadi lebih tertarik untuk membeli produknya.

Berikut beberapa contohnya, penulis yakin kalian pasti pernah menemukannya:

"Kacamata hitam seharga Rp35 ribu ini adalah kacamata terbaik di dunia. Benda ini telah mengubah hidup saya. Saya jadi bisa menatap langsung ke matahari selama berjam-jam."

"Begitu saya membeli vitamin rambut seharga Rp60 ribu ini, saya merasa seperti orang baru. Rambut saya tumbuh sepanjang 5 cm dalam satu malam!"

Bukan hanya itu, kamu juga perlu curiga terhadap review yang menggunakan huruf besar-besar alias di-capslock dan tidak memerhatikan tanda baca. Posisikan saja seperti dirimu ketika menulis sebuah review, memangnya kamu akan menulis hal-hal kayak gini?

"PAS SAYA BELI INI,,, BADAN SAYA LANGSUNG GEMUK DAN BERAT BADAN NAIK 10 KG.."

3. Perhatikan jumlah review per harinya

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!respondelligent.com

Kalau kamu melihat suatu produk yang memiliki review sangat banyak, kamu patut curiga. Coba kamu cari 5 headphone dengan review paling bagus di mesin pencarian Google, sekitar 5.500 reviewnya, itu tidak ada yang terverifikasi. 

Selain itu, biasanya produk-produk seperti ini juga akan mendapatkan review palsu yang banyak setiap harinya, bisa mencapai ratusan! Adapun kamu harus memeriksa jam dan tanggal dari setiap reviewnya. Kalau secara bersamaan, kamu sudah tahu dong review macam apa itu.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Aplikasi Ini Bisa Digunakan untuk Sebar Hoax dan Penipuan

4. Periksa review bagus yang berupaya menimbun review buruk

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!asureascamreport.asurea.com

Dalam memberikan sebuah review, kamu harus memberikan ulasan sejujurnya karena review kamu itu menjadi acuan para pelanggan lain dalam membeli. Oleh karena itu, tak jarang sebuah produk turut mendapatkan review jelek karena dirasa kurang bisa memuaskan pelanggannya.

Ketika ada review jujur yang buruk, pemilik toko biasanya akan berusaha menimbun review jujur dengan review palsu yang bagus. Ini dilakukan demi mendongkrak kembali bintang mereka supaya reputasinya tidak rusak. Jadi, penting untuk kamu mencari review jelek supaya tidak tertipu dengan review bagus yang jumlahnya sangat banyak.

5. Periksa history yang pernah si pelaku review

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!perfectsearchmedia.com

Tidak ada salahnya curiga dengan review-review bagus dari produk yang ingin kamu beli. Salah satu caranya adalah dengan melihat history dari review yang pernah si pelaku lakukan. Kamu pasti bisa melihat apakah dia senang memberikan review palsu atau tidak. 

Sebagai contoh begini, ada orang yang me-review bagus di salah satu produk sabun muka. Ketika kamu melihat review lainnya yang sudah lampau, dia ternyata juga memberikan review bagus di 10 produk sabun muka yang berbeda. Mana mungkin dia cocok dengan semua produk tersebut, kulit tiap orang kan berbeda-beda.

6. Hati-hati dengan review yang tidak menggunakan foto profil

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Jean Paldan selaku founder dari Rare Form New Media melalui Market Watch mengutarakan bahwa 99 persen pelaku review palsu tidak ada yang menggunakan foto profil. Ini bisa terjadi karena pelaku harus mengelola banyak akun review palsu sekaligus sehingga repot untuk mengatur foto profilnya.

Tidak hanya fotonya, kamu juga harus mencurigai nama dari pelaku review palsu. Kalau dia menggunakan nama-nama umum (tidak khusus dan terkecuali), misalnya 'Putra', 'Budi', atau 'Sugeng' dan disertai angka-angka tidak jelas, berhati-hatilah. Contoh: Purwanto19840383, Sugeng520932.

7. Review jujur biasanya disertai dengan komentar baik dan buruk

Awas Tertipu, Ini 7 Cara Tahu Mana Review App atau Produk yang Palsu!thrivesearch.com

Ketika seseorang benar-benar membeli produk dari toko tertentu, biasanya dia akan menuliskan review secara cover both sides dengan membeberkan keunggulan dan kejelekan dari produk yang ia dapat. Seorang SEO dan PR consultant bernama Marc Nashaat menjelaskan bahwa review jujur selalu menyertai kedua sisi.

Terlebih, sangat jarang orang yang memberikan nilai sempurna apabila dia benar-benar jujur. Seperti pengkritik film, sebagus-bagusnya film pasti tidak akan mendapat nilai sempurna, selalu saja mereka memberikan angka 8 atau 9 dari 10 poin penuh. 

Itulah beberapa cara efektif untuk membedakan mana saja review palsu. Sebelum membeli produk, pastikan review yang kamu baca itu adalah yang jujur, bukan yang palsu.

Baca Juga: Marak Penipuan, Kenali 7 Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya