Comscore Tracker

Mengenal Fita, Aplikasi Fitness Asli Indonesia

Perlu banget download untuk mendukung gaya hidup sehat

Seiring naiknya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan, berbagai aplikasi kesehatan pun ikut muncul. Salah satunya adalah Fita. Diluncurkan secara resmi pada 10 November 2021 silam, Fita ingin menjadi platform kesehatan yang mendorong masyarakat Indonesia hidup sehat dengan konsisten.

Pada perhelatan Executive Power Breakfast pada Minggu (26/6/2022), CEO Fita, Reynazran Royono, berbagi penjelasan dan pengalamannya dalam mengembangkan aplikasi Fita di Indonesia. Termasuk dalam Indonesia Digital Ecosystem (INDICO) besutan Telkomsel, inilah yang ditawarkan oleh Fita!

1. Fita, terobosan aplikasi preventif bukan kuratif

Mengenal Fita, Aplikasi Fitness Asli Indonesiaaplikasi health and fitness asli Indonesia, Fita (Dok. Fita)

Dengan tagline "Sehat makin nikmat", Reynazran mengatakan bahwa visi Fita secara garis besar adalah menyehatkan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Jadi, apa bedanya Fita dengan aplikasi kesehatan Indonesia lainnya?

Pertama, Fita adalah platform kesehatan yang berfokus ke upaya preventif. Reynazran mengatakan bahwa kebanyakan platform kesehatan Indonesia (82 persen) berfokus pada kuratif atau telemedicine, hanya 18 persen yang berfokus pada usaha preventif.

Secara global, platform preventif (70 persen) lebih umum dibanding kuratif, dan 70 juta masyarakat Indonesia sebenarnya ingin hidup sehat. Reynazran memaparkan bahwa visi Fita sejalan dengan pesan pemerintah Indonesia bahwa reformasi kesehatan juga berfokus pada pencegahan dan gaya hidup sehat, bukan kuratif saja.

“Sekitar 11 juta orang Indonesia yang akan menderita diabetes di 2030. Puluhan juga konsumen Indonesia yang memiliki masalah berat badan. Tidak ada platform yang menunjang masyarakat Indonesia untuk mulai melakukan aktivitas kesehatan,” ujar Reynazran.

2. Bukan cuma sekadar menurunkan angka timbangan

Reynazran mengatakan bahwa Fita adalah satu-satunya aplikasi kesehatan yang menawarkan program kesehatan di semua bidang. Bukan hanya penurunan berat badan, Fita juga mendukung usaha-usaha perlindungan dan pencegahan COVID-19.

Akan berkembang lebih banyak dan variatif lagi, para pengguna bisa mengambil pelajaran dari berbagai konten oleh berbagai influencer kesehatan ternama seperti:

  • Healthy Living bersama Ade Rai.
  • Mulai Olahraga bersama Melanie Putria.
  • Weight Loss ala Kemal Mochtar.
  • Eat Well & Healthy bersama Kerenina Sunny.

Fita juga berjanji untuk melibatkan program kesehatan lain, seperti kesehatan mental dan penyakit kritis seperti diabetes hingga hipertensi. Berfokus saat ini pada weight loss, Reynazran mengatakan bahwa program ini jika dilakukan konsisten akan berdampak baik untuk masyarakat.

"Masalah berat badan adalah gerbang ke gangguan kesehatan kritis lainnya. Oleh karena itu, kita mulai dari weight loss," kata Reynazran.

3. Asli Indonesia, untuk Indonesia

Mengenal Fita, Aplikasi Fitness Asli IndonesiaCEO Fita, Reynazran Royono, berbincang dengan awak media di Executive Power Breakfast pada Minggu (26/2/2022). (Dok. Fita)

Indonesia patut berbangga pada Fita sebagai aplikasi kesehatan preventif karya anak bangsa. Kebanyakan platform kesehatan preventif di Tanah Air bukanlah asli Indonesia, sehingga database yang terfokus pada kesehatan masyarakat Indonesia pun minim.

Reynazran menjamin bahwa database Fita benar-benar memperhatikan kesehatan masyarakat Indonesia. Bicara soal kesehatan dari konsumsi, Fita sudah memiliki berbagai informasi kesehatan top 500 hidangan Nusantara, dari kalori sampai nutrisi makro, dibantu oleh kecerdasan buatan/AI.

Lalu, Fita juga memiliki fitur komunitas dan coaching. Bekerja sama dengan Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), seluruh informasi Fita sudah dijamin oleh coach dan pakar nutrisi yang bersertifikasi. Pengguna Fita juga bisa berinteraksi dengan coach secara cuma-cuma dalam komunitas/group chat.

“Fita, sehat makin nikmat. Tujuannya adalah mengomunikasikan bahwa it’s a rewarding experience untuk memulai healthy living yang sebenarnya tak sulit dan tak mahal,” kata Reynazran.

Baca Juga: 5 Aplikasi Kesehatan Gratis yang Bermanfaat untuk Mentalmu

4. Fitur yang ditawarkan Fita

Sebulan setelah peluncurannya, Fita menjadi satu-satunya aplikasi kesehatan Indonesia yang bertengger di Top 10 kategori Health & Fitness di Google Play Store, hingga mendapatkan penghargaan Best Hidden Gems pada 2021. Sekitar 6 bulan setelah rilis, Fita telah diunduh oleh lebih dari 1,8 juta kali dengan 500 ribu pengguna aktif bulanan.

Dari segi fitur, Fita berfokus untuk meningkatkan reward yang didapatkan pengguna setelah menjalani hidup sehat. Saat ini, beberapa fitur yang disediakan Fita adalah:

  • Rewards yang diperbanyak.
  • Pembelian healthy catering.
  • Cek kalori makanan dengan foto (meski masih beta, tetap bisa digunakan).
  • Program kesehatan baru.
  • Fitur premium exercise plan (akan diluncurkan pada Juli 2022).
  • Cek akurasi gerakan olahraga dengan kamera.
  • Fitur chat dengan coach.

“Dari segi fitur, bisa dibilang Fita adalah yang paling lengkap... dan rewarding untuk semua pengguna,” imbuh Reynazran.

Mengenal Fita, Aplikasi Fitness Asli Indonesiaaplikasi health and fitness asli Indonesia, Fita (Dok. Fita)

Dari segi demografis, Fita mengumpulkan jumlah pengguna yang cukup besar di kota-kota besar Indonesia. Sementara tak ada perbedaan signifikan dalam hal gender, Fita mencatat bahwa kelompok usia yang paling sering menggunakan Fita adalah yang berusia 18 sampai 45 tahun.

Lalu, seperti aplikasi health & fitness lainnya Fita juga memberikan "tugas harian" dan monitoring. Hanya saja, Reynazran menekankan bahwa yang membedakan Fita dari aplikasi lainnya adalah rewards dan points untuk pengguna yang memenuhi tugas harian tersebut.

Fita menyasar mereka yang belum melakukan aktivitas kesehatan sama sekali. Menekankan rewards, Fita berharap penggunanya bersemangat untuk hidup sehat secara konsisten. Sebagai "imbalan", Fita menyediakan paket kuota internet Telkomsel hingga voucer belanja untuk keperluan sehari-hari.

“Kita tidak ingin hanya menargetkan mereka yang melek kesehatan. Prime target kita adalah yang 200 juta orang belum melakukan aktivitas kesehatan,” ujar Reynazran.

5. Fitur premium Fita

Reynazran mengatakan bahwa Fita memiliki versi premium dengan keuntungan yang lebih melimpah. Dengan membayar Rp49.000 per bulan, pengguna Fita dapat menikmati fitur-fitur seperti:

  • Pengumpulan poin lebih besar.
  • Poin bisa ditukarkan dengan paket kuota internet Telkomsel 5GB yang berlaku selama 2 hari (setara Rp25.000).
  • Akses ke layanan premium Fita, salah satunya exercise plan (yang juga akan mencakup meal plan ke depannya).
  • Diskon Rp55.000 untuk pembelian healthy catering.

Bekerja sama dengan Telkomsel, Fita menyediakan paket premium Combo Fit seharga Rp55.000 per bulan. Bedanya, pengguna mendapatkan paket data 1,5GB dari Telkomsel dan 2GB untuk penggunaan Fita.

"Selain itu, pengguna Fita Combo Fit juga mendapatkan asuransi Allianz secara cuma-cuma, up to 50 juta coverage untuk personal accident (termasuk cedera karena aktivitas kesehatan)," kata Reynazran.

6. Fitur Fita di masa depan

Mengenal Fita, Aplikasi Fitness Asli Indonesiaaplikasi health and fitness asli Indonesia, Fita (Dok. Fita)

Tidak berhenti sampai situ, Reynazran membocorkan beberapa fitur yang akan dirilis oleh Fita di masa depan. Fitur-fitur tersebut adalah:

  • Berbagi foto makanan dengan komunitas Fita atau ke media sosial.
  • Exercise AI dengan kamera HP, AI Fita akan memantau gerakan olahraga agar hasil lebih optimal dan tak menyebabkan cedera.
  • Koneksi aktivitas dan wearables (seperti smartwatch atau smartband) agar akurasi analisis aplikasi makin maksimal.

Untuk mengembangkan AI-nya, Reynazran mengatakan bahwa Fita akan menggandeng perusahaan penyedia layanan AI terkemuka dunia. Selain itu, Fita juga akan bekerja sama semua produsen wearable dan terintegrasi dengan layanan Fita.

“Fitur-fitur [yang akan datang] ini akan hadir Q3 2022. Paling lambat September," tandas Reynazran.

Baca Juga: 8 Aplikasi Olahraga Ini Bisa Membantumu "Ngegym" dengan Mudah di Rumah

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya